Peran Guru Dalam Membantu Anak Mengelola Konflik Dengan Teman Sebaya di PAUD Al-Hidayah Laras Internusa Kinali Pasaman Barat

Authors

  • Fadhli Zulmi STAI YAPTIP Simpang Empat Pasaman Barat

DOI:

https://doi.org/10.61104/qb.v2i1.386

Keywords:

Peran Guru, Manajemen Konflik, Anak Usia Dini, Interaksi Teman Sebaya

Abstract

Konflik pada anak usia dini merupakan bagian alami dari interaksi sosial, namun sering kali anak belum mampu mengendalikan emosi dan menyelesaikan perbedaan dengan cara yang konstruktif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru dalam membantu anak mengelola konflik dengan teman sebaya di PAUD Al-Hidayah Laras Internusa Kinali Pasaman Barat. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif desain studi kasus, data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap guru serta pihak sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berperan sebagai teladan, fasilitator, dan pendidik dalam pengelolaan konflik anak. Guru menyediakan lingkungan yang mendukung, memfasilitasi komunikasi dan ekspresi emosi, membimbing proses pencarian solusi, serta menanamkan empati dan kerjasama pada anak. Temuan ini menegaskan pentingnya keterlibatan guru dalam memperkuat keterampilan sosial-emosional anak serta memberikan kontribusi praktis bagi pengembangan pendidikan anak usia dini

References

Agus, S., Indra, N., & Farah, T. (2022). EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies. Journal of Basic Educational Studies, 2(1), 85–97.

Bimowati, P. (2014). Manajemen konflik dalam perspektif human relation. Jurnal Ilmu Administrasi Pawyatan Daha, 1(2), 81–92.

CASEL. (2023). 2023 State of the field: Social and emotional learning. Collaborative for Academic, Social, and Emotional Learning. https://casel.org

Denham, S. A., Bassett, H. H., & Zinsser, K. (2020). Early childhood teachers as socializers of young children’s emotional competence. Early Childhood Education Journal, 48(5), 485–497. https://doi.org/10.1007/s10643-020-01034-8

Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia. (2005). Undang-Undang tentang Guru dan Dosen Nomor 14 Tahun 2005.

Fakhruddin, A. M., Annisa, A., Putri, L. O., & Sudirman, P. R. A. T. (2023). Kompetensi seorang guru dalam mengajar. Journal on Education, 5(2), 3418–3425. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1021

Fauzan Ahmad Siregar, & Usriyah, L. (2021). Peranan komunikasi organisasi dalam manajemen konflik. Idarah (Jurnal Pendidikan dan Kependidikan), 5(2), 163–174. https://doi.org/10.47766/idarah.v5i2.147

Habe, H., & Ahiruddin, A. (2017). Sistem pendidikan nasional. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis, 2(1), 39–45. https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48

Jones, S. M., & Kahn, J. (2017). The evidence base for how we learn: Supporting students’ social, emotional, and academic development. Consensus Statements of Evidence from the National Commission on Social, Emotional, and Academic Development. Aspen Institute.

Khovivah, W. V., Sholehah, M., Saleh, M. A., & Jamilah, A. U. (2024). Definisi konflik dan pentingnya manajemen konflik dalam pendidikan. Jurnal Pendidikan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq.

Kumara, A. R. (2018). Metodologi penelitian kualitatif.

Kurniawan, Y., & Sudrajat, A. (2018). Peran teman sebaya dalam pembentukan karakter siswa Madrasah Tsanawiyah. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 15(2), 149–163. https://doi.org/10.21831/socia.v15i2.22674

Laili, V. S. A., Ananda, D. A. R., Putra, G. A., & Prahardana, M. W. (2022). Kosmologi Kalpataru: Representasi kehidupan dan pengharapan masyarakat Jawa di abad 9–16 Masehi. Sejarah dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, 16(2), 265–275. https://doi.org/10.17977/um020v16i22022p265-275

Muhammad Yasin, Rosaliana, R., & Sevia Rahayu Nur Habibah. (2023). Peran guru di sekolah dan masyarakat. DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(3), 382–389. https://doi.org/10.54259/diajar.v2i3.1810

Munawir, M., Salsabila, Z. P., & Nisa’, N. R. (2022). Tugas, fungsi dan peran guru profesional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 8–12. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.327

Mustafa, P. S. (2024). Buku ajar profesi keguruan untuk mahasiswa pendidikan dan keguruan.

Naamy, N. (2022). Metodologi penelitian kualitatif: Dasar-dasar & aplikasinya. UIN Mataram Press.

Nadya, F. (2020). Kemampuan resolusi konflik interpersonal dan urgensinya pada siswa. Sosietas: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 10(1), 775–790.

Nasution, N. C. (2018). Dukungan teman sebaya dalam meningkatkan motivasi belajar. Al-Hikmah, 12(2), 159–174. https://doi.org/10.24260/al-hikmah.v12i2.1135

Pianta, R. C., Downer, J., & Hamre, B. K. (2020). Quality in early education classrooms: Definitions, gaps, and systems. The Future of Children, 30(2), 3–20.

Rama, B. (2007). Beberapa pandangan tentang guru sebagai pendidik. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 10(1), 15–33. https://doi.org/10.24252/lp.2007v10n1a2

RI, D. P. A. (2018). Pedoman sertifikasi bagi guru pesantren muadalah dalam jabatan.

Ruaidah, N. H. Z. (2023). Pengaruh teman sebaya terhadap psikososial remaja. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 2(2), 146–152.

Schonert-Reichl, K. A. (2019). Advancements in the landscape of social and emotional learning and emerging topics on the horizon. Educational Psychologist, 54(3), 222–232. https://doi.org/10.1080/00461520.2019.1633925

Subarkah, D. I., & Purwoko, B. (2013). Penerapan mediasi sebaya untuk menangani konflik interpersonal siswa kelas X di SMK Ketintang Surabaya. Jurnal BK UNESA, 3(1), 373–379. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/3614/6214

Sulistiani, I., & Nugraheni, N. (2023). Makna guru sebagai peranan penting dalam dunia pendidikan. Jurnal Citra Pendidikan, 3(4), 1261–1268. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i4.2222

Tegar, T. M. N. (2023). Peran guru sebagai seorang pendidik di sekolah. Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam, 8(2), 117–127. https://doi.org/10.33507/ar-rihlah.v8i2.1769

Ubaidi, M. A., Sari, R., Sakdiyahi, H., & Jinan, J. (2024). Sumber gejala dan penyebab konflik manajemen pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 273–286.

Widodo, S., Ladyani, F., Asrianto, L. O., Rusdi, Khairunnisa, Lestari, S. M. P., Wijayanti, D. R., Devriany, A., Hidayat, A., Dalfian, Nurcahyati, S., Sjahriani, T., Armi, Widya, N., & Rogayah. (2023). Metodologi penelitian. CV Science Techno Direct.

Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran guru dalam pembelajaran pada siswa sekolah dasar. Fondatia, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Fadhli Zulmi. (2025). Peran Guru Dalam Membantu Anak Mengelola Konflik Dengan Teman Sebaya di PAUD Al-Hidayah Laras Internusa Kinali Pasaman Barat. QOUBA : Jurnal Pendidikan, 2(1), 213–225. https://doi.org/10.61104/qb.v2i1.386

Issue

Section

Articles