Pengaruh Pembelajaran Tahsin Dan Metode One Day One Ayat (Odoa) Terhadap Kemampuan Menghafal Juz'amma

Siswa SD Jarinabi, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi

Authors

  • Emilla Nisa’ Ush Sholiha Universitas Abdul Chalim Mojokerto

DOI:

https://doi.org/10.61104/qb.v2i1.380

Keywords:

Tahsin, One Day One Ayat (ODOA), Juz ‘Amma, Hafalan Al-Qur’an

Abstract

Pembelajaran tahsin dan metode One Day One Ayat (ODOA) menjadi penting untuk meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an siswa sekolah dasar, karena rendahnya konsistensi hafalan masih menjadi kendala utama. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh pembelajaran tahsin dan metode ODOA terhadap kemampuan menghafal Juz ‘Amma siswa SD Jarinabi Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data primer, melibatkan 86 siswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling, dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, serta hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tahsin berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan menghafal Juz ‘Amma, demikian pula metode ODOA terbukti berkontribusi signifikan terhadap peningkatan kualitas hafalan siswa. Implikasi penelitian ini menegaskan bahwa penerapan tahsin yang terstruktur dan metode ODOA yang konsisten dapat menjadi strategi efektif untuk memperkuat program tahfiz Al-Qur’an di sekolah dasar serta memberikan kontribusi pada pengembangan kurikulum pendidikan Islam

References

Abu Ubaidilah Abdurrahim. (2019). Cara Menghafal Al-Qur’an dan Matan Ilmiah. Jakarta: Pustaka Ilmu.

Agustina, M., Yusro, N., & Bahri, S. (2020). Strategi pembelajaran tahfidz Al-Qur’an pada anak usia sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 45–58.

Anderson, J. R. (2010). Cognitive Psychology and Its Implications (7th ed.). New York: Worth Publishers.

Budiono. (2018). Efektivitas metode One Day One Ayat (ODOA) dalam meningkatkan hafalan surat pendek Al-Qur’an pada peserta didik tunanetra di SDLB Putra Manunggal Gombol. Jurnal Pendidikan Luar Biasa, 5(2), 123–134.

Cepeda, N. J., Pashler, H., Vul, E., Wixted, J. T., & Rohrer, D. (2006). Distributed practice in verbal recall tasks: A review and quantitative synthesis. Psychological Bulletin, 132(3), 354–380. https://doi.org/10.1037/0033-2909.132.3.354

Dar ar-Rasail. (2018). 19 Kaidah Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: Dar ar-Rasail.

Gathercole, S. E., & Alloway, T. P. (2014). Working memory in education. Educational Psychology, 34(4), 339–356. https://doi.org/10.1080/01443410.2013.864370

Hapsah Fauziah. (2022). Pengaruh penerapan metode One Day One Ayat terhadap keberhasilan hafalan Al-Qur’an Juz 30 (Penelitian di kelas VIII Mts Al-Musaddadiyah Garut). Jurnal Masagi, 1(1), 15–26.

Khoirul Anwar, & Hafiyana, M. (2018). Implementasi metode ODOA (One Day One Ayat) dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 177–192.

Lailatul Husna Lubis. (2022). Pengaruh pembelajaran tahsin sebagai upaya peningkatan minat membaca Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 88–102.

Makhyaruddin. (2013). Rahasia Nikmatnya Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: PT Mizan Publika.

Munawwarah. (2021). Penerapan metode One Day One Ayat untuk mengembangkan kemampuan anak dalam menghafal Juz Amma di TK FKIP Unsyiah Banda Aceh. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 156–167.

Sholeh, A., & Al-Khalidi, M. (2018). The importance of Tajweed in Qur’anic memorization. Journal of Islamic Studies, 9(2), 112–124.

Syahrotul Mubarokah. (2019). Strategi tahfidz Al-Qur’an Mu’allimin dan Mu’allimat Nahdlatul Wathan. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 4(1), 67–79.

UNESCO. (2016). Education for people and planet: Creating sustainable futures for all. Paris: UNESCO Publishing.

Zaki Zamani. (2009). Menghafal Al-Qur’an Itu Gampang. Jakarta: PT Buku Kita.

Zakiah, R. A. (2022). Pengaruh penerapan metode One Day One Ayat terhadap keberhasilan hafalan Al-Qur’an Juz 30. Jurnal Masagi, 1(1), 6–14.

Downloads

Published

2025-07-31

How to Cite

Emilla Nisa’ Ush Sholiha. (2025). Pengaruh Pembelajaran Tahsin Dan Metode One Day One Ayat (Odoa) Terhadap Kemampuan Menghafal Juz’amma: Siswa SD Jarinabi, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi. QOUBA : Jurnal Pendidikan, 2(1), 205–212. https://doi.org/10.61104/qb.v2i1.380

Issue

Section

Articles