Strategi Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Peserta Didik di SD Negeri 103 Kecamatan Dendang Kabupaten Tanjung Jabung Timur Jambi
DOI:
https://doi.org/10.61104/qb.v2i1.379Keywords:
Strategi Kepala Sekolah, Mutu Peserta Didik, Manajemen PendidikanAbstract
Minimnya strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu peserta didik masih menjadi persoalan mendasar yang berdampak pada rendahnya kualitas pembelajaran, khususnya di sekolah negeri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu peserta didik di SD Negeri 103 Kecamatan Dendang Kabupaten Tanjung Jabung Timur Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kepala sekolah dilakukan melalui perencanaan program, evaluasi kinerja guru, pembinaan karakter siswa, serta optimalisasi sarana dan prasarana. Temuan ini menegaskan bahwa kepemimpinan kepala sekolah yang adaptif berkontribusi signifikan dalam membangun budaya sekolah yang kompetitif dan meningkatkan kepercayaan masyarakat. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kepemimpinan yang efektif dapat dijadikan model bagi sekolah lain dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan secara berkelanjutan
References
Baharuddin, & Umiarso. (2012). Kepemimpinan pendidikan Islam. Ar-Ruzz Media.
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). SAGE Publications.
Day, C., Gu, Q., & Sammons, P. (2016). The impact of leadership on student outcomes: How successful school leaders use transformational and instructional strategies to make a difference. Educational Administration Quarterly, 52(2), 221–258. https://doi.org/10.1177/0013161X15616863
Daryanto. (2013). Administrasi dan manajemen sekolah. Rineka Cipta.
El-Widdah, M., et al. (2012). Kepemimpinan berbasis nilai dan pengembangan mutu sekolah. Alfabeta.
Fullan, M. (2016). The new meaning of educational change (5th ed.). Teachers College Press.
Glover, D., & Law, S. (2005). Improving learning: Professional practice in secondary schools (W. Koen, Trans.). Grasindo.
Hallinger, P. (2018). Bringing context out of the shadows of leadership. Educational Management Administration & Leadership, 46(1), 5–24. https://doi.org/10.1177/1741143216670652
Hasbullah. (2016). Otonomi pendidikan. RajaGrafindo Persada.
Leithwood, K., Harris, A., & Hopkins, D. (2020). Seven strong claims about successful school leadership revisited. School Leadership & Management, 40(1), 5–22. https://doi.org/10.1080/13632434.2019.1596077
Moleong, L. J. (2004). Metodologi penelitian kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Mukhtar. (2007). Bimbingan skripsi, tesis dan artikel ilmiah. Sulthan Thaha Press.
Suyatno, Wantini, & Nuraini, S. (2019). The implementation of school-based management to improve the quality of education: A case study in Indonesia. Journal of Social Studies Education Research, 10(3), 82–101.
UNESCO. (2021). Reimagining our futures together: A new social contract for education. UNESCO Publishing.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ady Setiawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







This work is licensed under a