Analisis Strategi Guru Seni Baca Al’quran dalam Mengembangkan Keterampilan Seni Baca Al qur’an pada Peserta Didik di Madrasah Diniyah Nurrudien Sungai Kepayang Kecamatan Senyerang Tanjung Jabung Barat

Authors

  • Khairul Umam Universitas Abdul Chalim Mojokerto

DOI:

https://doi.org/10.61104/qb.v2i1.377

Keywords:

Guru, Strategi Pembelajaran, Seni Baca Al-Qur’an, Madrasah Diniyah

Abstract

Al-Qur’an merupakan pedoman hidup bagi setiap muslim yang tidak hanya dibaca, tetapi juga harus dipahami dan diamalkan. Membaca Al-Qur’an dengan tartil dan seni tilawah yang benar memiliki peran penting dalam membentuk karakter spiritual peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru dalam mengembangkan keterampilan seni baca Al-Qur’an pada peserta didik di Madrasah Diniyah Nurrudien Sungai Kepayang. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru mencakup perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi pembelajaran, dengan dukungan faktor internal seperti minat siswa dan dukungan orang tua, serta faktor eksternal berupa sarana, kualitas pendidik, dan lingkungan sosial. Implikasi penelitian ini menegaskan pentingnya inovasi strategi pembelajaran Al-Qur’an untuk meningkatkan motivasi dan keterampilan siswa, serta memperkuat peran madrasah sebagai pusat pendidikan Islam di masyarakat.

References

Abdul Ghofur. (2002). Demokratisasi dan prospek hukum Islam di Indonesia (Studi atas pemikiran Gus Dur). Pustaka Pelajar.

Abdul Majid. (2015). Belajar dan pembelajaran. PT Remaja Rosda Karya.

Abin Syamsudin Makmun. (2012). Psikologi kependidikan perangkat sistem pengajaran modul. PT Remaja Rosdakarya.

Al-Hroub, A., & Whitebread, D. (2019). Teacher strategies and student motivation: Insights from Qur’anic education. British Journal of Religious Education, 41(2), 223–237. https://doi.org/10.1080/01416200.2018.1540392

Ainiyah, N. (2013). Pembentukan karakter melalui pendidikan agama Islam. Jurnal Al-Ulum, 13(1), 25–38.

Becker, G. S. (1994). Human capital: A theoretical and empirical analysis with special reference to education (3rd ed.). University of Chicago Press.

Darling-Hammond, L., Flook, L., Cook-Harvey, C., Barron, B., & Osher, D. (2020). Implications for educational practice of the science of learning and development. Applied Developmental Science, 24(2), 97–140. https://doi.org/10.1080/10888691.2018.1537791

Departemen Agama RI. (2015). Al-Qur’an dan terjemahnya (Cet. 10). Al Hidayah.

Djamarah, S. B. (2010). Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif. Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. (2017). Strategi belajar mengajar. Rineka Cipta.

Djaali. (2023). Psikologi pendidikan. Rajawali Pers.

Eko Putro Widoyoko. (2009). Evaluasi program pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Fatah, A. (2021). Peran guru dalam pendidikan Islam. UIN Press.

Halstead, J. M. (2004). An Islamic concept of education. Comparative Education, 40(4), 517–529. https://doi.org/10.1080/0305006042000284510

Hafiz, M. (2021). Belajar dan mengajar dalam perspektif Islam. Alfabeta.

Joko Subagyo. (2006). Metode penelitian dalam teori dan praktek. Rineka Cipta.

Kymlicka, W. (2011). Kewargaan multikultural (F. B. Hardiman, Trans.). Pustaka LP3ES Indonesia.

Lexi J. Moleong. (2017). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Marno, & Idris, M. (2008). Strategi dan metode pengajaran. Ar-Ruz Media.

Martinis, Y. (2021). Pendidikan karakter dalam Islam. Gaung Persada Press.

Martunis, Y. (2018). Profesionalisme guru dan implementasi. Gaung Persada.

Marzuki. (2002). Metodologi riset. BP-UII.

Matthew, B. M., & Huberman, A. M. (1984). Qualitative data analysis: A sourcebook of new methods. Sage Publications.

Mgs. H. Nazarudin. (2020). Manajemen strategik. NoerFikri Offset.

Muhibbin Syah. (2008). Psikologi pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Mukhtar. (2013). Metode praktis penelitian deskriptif kualitatif. GP Press.

Mulyasa, E. (2009). Menjadi guru profesional. PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2011). Manajemen pendidikan. Alfabeta.

Ngainun Naim. (2014). Islam dan pluralisme agama. Aura Pustaka.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan. https://www.kemenag.go.id/file/dokumen/PP5507.pdf

Roestiyah, N. K. (2016). Strategi belajar mengajar. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Syamdani. (2022). Strategi pembelajaran Islami. UII Press.

UNESCO. (2015). Rethinking education: Towards a global common good?. UNESCO Publishing.

Wakhid Akhdiwinarto. (2009). Cara mudah mengembangkan profesi guru. Sabda Media.

Wjs. Poerwadarminta. (2017). Kamus umum bahasa Indonesia (Edisi ke-3). Balai Pustaka.

Downloads

Published

2025-07-31

How to Cite

Khairul Umam. (2025). Analisis Strategi Guru Seni Baca Al’quran dalam Mengembangkan Keterampilan Seni Baca Al qur’an pada Peserta Didik di Madrasah Diniyah Nurrudien Sungai Kepayang Kecamatan Senyerang Tanjung Jabung Barat. QOUBA : Jurnal Pendidikan, 2(1), 184–191. https://doi.org/10.61104/qb.v2i1.377

Issue

Section

Articles