Analisis Kebijakan dan Problematika Pendidikan Islam di Indonesia: Identifikasi Tantangan dan Solusi

Authors

  • M. Yusup M. Yusup Universitas Islam Batanghari, Jambi
  • Amiruddin Amiruddin Universitas Islam Batanghari, Jambi
  • Hadiyanto Zulbasri Universitas Islam Batanghari, Jambi
  • Ardaini Ardaini Universitas Islam Batanghari, Jambi

DOI:

https://doi.org/10.61104/qb.v2i1.368

Keywords:

Kebijakan Pendidikan Islam, Problematika, Solusi Strategis, Kurikulum

Abstract

Sebelum adanya penataan yang komprehensif, pendidikan Islam di Indonesia masih menghadapi kesenjangan kualitas lembaga, keterbatasan sumber daya manusia, dan lemahnya manajemen pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebijakan pendidikan Islam di Indonesia, mengidentifikasi problematika yang dihadapi, serta merumuskan solusi strategis yang relevan dengan kebutuhan kontemporer. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan yang mengkaji buku, jurnal, dokumen kebijakan, dan regulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika utama pendidikan Islam terletak pada ketidakseimbangan kurikulum, disparitas mutu antar-lembaga, dan keterbatasan pembiayaan, yang diperburuk oleh pengaruh globalisasi. Implikasi penelitian ini menegaskan pentingnya penguatan kompetensi guru, reformulasi kurikulum integratif, optimalisasi manajemen pendidikan, serta kolaborasi pemerintah, lembaga pendidikan, dan masyarakat untuk menjadikan pendidikan Islam mampu menjawab tantangan zaman dan meningkatkan daya saing global

References

Abdullah, M. A. (2017). Islamic studies di perguruan tinggi: Pendekatan integratif-interkonektif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Afif, M. (2020). Politik pendidikan Islam di Indonesia: Analisis regulasi dan implementasi kebijakan. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 5(1), 45–59. https://doi.org/10.21580/jpii.2020.5.1.456.

Akhmad, I. (2019). Problematika pendidikan Islam di era digital. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2), 123–135.

Arifin, Z. (2018). Evaluasi pembelajaran: Prinsip, teknik, prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Azra, A. (2019). Pendidikan Islam: Tradisi dan modernisasi menuju milenium baru. Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 211–225. https://doi.org/10.21580/jpi.2019.4.2.211.

Fauzi, A. (2018). Kebijakan pemerintah dan tantangan pendidikan Islam. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 6(1), 67–80.

Hidayat, A., & Prasetyo, B. (2019). Perkembangan kurikulum pendidikan Islam di Indonesia: Analisis kebijakan dan implementasi. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 89–103. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i1.4567.

Huda, N. (2020). Problematika mutu pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 11(2), 155–170.

Jamaluddin, M. (2021). Pendidikan Islam di era globalisasi: Peluang dan tantangan. Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 11(2), 201–215.

Kamil, M. (2017). Reformasi pendidikan Islam: Perspektif teoritis dan praktik. Jakarta: Rajawali Pers.

Khoirudin, A. (2019). Peran pemerintah dalam peningkatan mutu madrasah. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(1), 45–60. https://doi.org/10.21580/jpai.2019.16.1.45.

Ma’arif, S. (2018). Dialektika kebijakan pendidikan Islam di Indonesia: Studi kebijakan kurikulum. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 3(2), 175–190.

Mahfud, C. (2019). Politik pendidikan Islam: Dinamika regulasi dan implementasi. Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 233–249.

Mulyasa, E. (2017). Manajemen berbasis sekolah: Konsep, strategi, dan implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nugroho, A. (2020). Tantangan guru dalam pembelajaran pendidikan Islam di era digital. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 145–159.

Rahman, F. (2021). Inovasi pembelajaran pendidikan Islam di era teknologi digital. Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, 16(1), 87–102. https://doi.org/10.19105/tadris.v16i1.4567.

Rohman, A. (2017). Problematika pendidikan Islam: Analisis faktor internal dan eksternal. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 33–47.

Samsudin, M. (2018). Kesenjangan mutu pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 12(2), 211–225.

Suyatno, S. (2019). Kebijakan pendidikan Islam di Indonesia: Tantangan dan solusi. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 14(2), 245–260.

Wahyudi, A. (2020). Konstruksi kurikulum pendidikan Islam berbasis karakter. Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 10(2), 199–213.

Downloads

Published

2025-07-31

How to Cite

M. Yusup, M. Y., Amiruddin, A., Hadiyanto Zulbasri, & Ardaini, A. (2025). Analisis Kebijakan dan Problematika Pendidikan Islam di Indonesia: Identifikasi Tantangan dan Solusi. QOUBA : Jurnal Pendidikan, 2(1), 175–183. https://doi.org/10.61104/qb.v2i1.368

Issue

Section

Articles