Efektivitas Supervisi Kepala Sekolah dalam Mendorong Profesionalitas Guru dan Mutu Pembelajaran di Sekolah Dasar Islam Al Washoya
DOI:
https://doi.org/10.61104/qb.v2i1.305Keywords:
Supervisi Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru, Mutu PembelajaranAbstract
Kepala sekolah masih sering diposisikan sebagai manajer administratif, bukan sebagai supervisor pembelajaran yang strategis dalam meningkatkan mutu pendidikan. Kondisi ini berdampak pada rendahnya efektivitas pembinaan guru di sekolah dasar swasta. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru dan kualitas pembelajaran di SD Islam Al Washoya Ngoro Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi terhadap kepala sekolah, guru, dan pengawas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi yang dilaksanakan secara sistematis, partisipatif, dan berkelanjutan mampu meningkatkan kompetensi profesional guru, memperbaiki strategi pembelajaran, dan membentuk budaya kerja kolaboratif. Implikasi dari penelitian ini menegaskan pentingnya peran kepala sekolah sebagai pembina profesional guru dalam membangun ekosistem pendidikan yang adaptif dan bermutu di sekolah dasar swasta berbasis pesantren
References
Abd. Qadir Muslim, & Tamim Mulloh. (2022). Analisis Kebijakan Program Guru Penggerak Sebagai Upaya Regenerasi Supervisor Pendidikan Yang Berkualitas Di Indonesia. Journal Publicuho, 5(3), 790–801. Https://Doi.Org/10.35817/Publicuho.V5i3.28
Addini, A. F., Husna, A. F., Damayanti, B. A., Fani, B. I., Nihayati, C. W. N. W., Daniswara, D. A., Susanti, D. F., Imron, A., & Rochmawati, R. (2022). Konsep Dasar Supervisi Pendidikan. Jurnal Wahana Pendidikan, 9(2), 179. Https://Doi.Org/10.25157/Wa.V9i2.7639
Ariasa Giri, I. M. (2016). Supervisi Pendidikan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah. Jurnal Penjaminan Mutu, 2(1), 44. Https://Doi.Org/10.25078/Jpm.V2i1.60
Astuti, M., Saputri, R., & Noviani, D. (2023). Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Administrasi Dan Supervisi Pendidikan. Jurnal Studi Islam Indonesia (Jsii), 1(1), 167–176.
Cahayati, R., & Rizqa, M. (2024). Peran Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Indonesian Journal Of Teaching And Learning (Intel), 03(02), 128–135. Https://Doi.Org/10.56855/Intel.V3i3.1091
Fitri, F. (2019). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Membina Profesionalisme Guru. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 730–743. Https://Doi.Org/10.35673/Ajmpi.V8i1.415
Lexy, M. J. (2008). Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Ritonga, H. S., Riski Dinata, F., Gunawan, D., Nailurrachman, M. T., & Nasor, M. (2023). Supervision Functions To Improve Quality Of Education. Jurnal Al-Hikmah Way Kanan, 4, 11–21.
Shaifudin, A. (2020). Supervisi Pendidikan Arif Shaifudin. El-Wahda: Jurnal Pendidikan, 1(2), 36–37.
Shandi, S. A. (2023). Supervisi Kolaboratif Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Pendidikan Jasmani. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Unnes, 6(1), 721–725. Https://Proceeding.Unnes.Ac.Id/Snpasca/Article/View/2209/1692
Sutikno, Y., Hosan, H., & Irawati, I. (2022). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Maitreyawira, 3(1), 1–7. Https://Doi.Org/10.69607/Jm.V3i1.46
Syofan Syofian, Marinu Waruwu, H. E. E. (2024). Implementasi Supervisi Pendidikan Di Sekolah Dasar Dan Dampaknya Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (Jppi), 4, 1777–1787.
Wesnedi, C., Hasibuan, L., & Rosadi, K. I. (2021). Efektifitas Supervisi Pengawas Madrasah Di Kementerian Agama Provinsi Kepri Perspektif Kontemporer. Palapa, 9(2), 304–318. Https://Doi.Org/10.36088/Palapa.V9i2.1355
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Diki Darmawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.