Model dan Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Kajian Filosofis, Metodologis, dan Aplikatif
DOI:
https://doi.org/10.61104/qb.v2i1.280Abstract
Pendekatan kuantitatif merupakan metode penelitian ilmiah yang berakar pada filsafat positivisme dan banyak digunakan dalam studi pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam konsep, model, dan pendekatan dalam metode penelitian kuantitatif dari sudut pandang filosofis, metodologis, dan aplikatif. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan kualitatif-deskriptif, di mana data dikumpulkan melalui telaah literatur dari buku, jurnal ilmiah, dan artikel penelitian yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendekatan kuantitatif memiliki karakteristik utama seperti objektivitas, pengukuran numerik, analisis statistik, serta kemampuan generalisasi terhadap populasi yang luas. Penelitian kuantitatif juga menekankan pengujian hipotesis, hubungan kausal, dan validitas hasil yang dapat direplikasi. Namun demikian, keterbatasannya terletak pada ketergantungan terhadap asumsi distribusi data normal dan kurangnya kemampuan menjangkau dimensi subjektif. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya pemahaman mendalam terhadap prinsip, tahapan, dan teknik kuantitatif agar penelitian menghasilkan temuan yang valid, reliabel, dan relevan dalam ranah pendidikan
References
Ali, M. M., Hariyati, T., Pratiwi, M. Y., & Afifah, S. (2022). Metodologi penelitian kuantitatif dan penerapannya dalam penelitian. Education Journal, 2(2), 1–6.
Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.
Berlianti, D. F., Abid, A. A., & Ruby, A. C. (2024). Metode penelitian kuantitatif: Pendekatan ilmiah untuk analisis data. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(3), 1861–1864.
Djollong, A. F. (2014). Teknik pelaksanaan penelitian kuantitatif (Technique of quantitative research). Istiqra’, 2(1), 86–100.
Waruwu, M. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: Metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (mixed method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 2896–2910. https://doi.org/10.36706/jbti.v9i2.18333
Muhajirin, Risnita, & Asrulla. (2024). 11+Gm+82–92. Journal Genta Mulia, 15(1), 82–92.
Murjani. (2022). Prosedur penelitian kuantitatif. E-Jurnal Al Musthafa, 2(3), 43–56. https://doi.org/10.62552/ejam.v2i3.50
Pinton. (2022). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, dan penelitian tindakan kelas dalam pendidikan olahraga. Insight Mediatama.
Prasteyo, B., & Jannah, L. M. (2014). Metode penelitian kuantitatif. [Penerbit tidak disebutkan].
Romlah, S., Tinggi, S., Islam, A., & Bangil, P. (2021). Perbandingan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dalam melakukan penilaian operasional. Jurnal Studi Islam, 16(1), 1–13.
Salsabila, R. A. S. W. A. F. D. S. G. Z. (2024). Metode penelitian kuantitatif: Pendekatan ilmiah untuk analisis data. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(3), 1861–1864.
Sihotang, H. (2023). Metode penelitian kuantitatif. Pusat Penerbitan dan Pencetakan Buku, Universitas Kristen Indonesia Jakarta.
Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-jenis penelitian dalam penelitian kuantitatif dan kualitatif. Jurnal QOSIM: Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 1(1), 13–23. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.49
Syahroni. (2022). Prosedur penelitian. Jurnal Al-Musthafa STIT Al-Aziziyah Lombok Barat, 1(1). [Halaman tidak tersedia].
Ummi Kalsum, Sadewo, B., Lubis, C. S., & Ghifari, I. (2020). Pengaruh kualitas produk dan pelayanan terhadap kepuasan dan keputusan pembelian konsumen pada studi kasus marketplace Shopee. Jurnal PLANS: Penelitian Ilmu Manajemen dan Bisnis, 15(2), 44–50.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Najwa Ammara Jauza, Meyniar Albina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.