Telaah Kritis Model Mixed Method: Ragam Strategi, Langkah Implementasi, dan Contoh Praktis dalam Penelitian

Authors

  • Ahyun Widiya Ningsih Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Meyniar Albina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.61104/qb.v2i1.253

Abstract

Pendekatan penelitian campuran (mixed method) telah menjadi alternatif metodologis yang semakin diminati dalam menjawab kompleksitas fenomena sosial dan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan secara sistematis konsep dasar, jenis-jenis model penelitian campuran, tahapan implementasi, serta kelebihan dan kekurangannya dalam konteks akademik. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan pendekatan deskriptif kualitatif, yang menghimpun data dari literatur ilmiah seperti jurnal, buku, dan laporan penelitian terkait. Hasil kajian menunjukkan bahwa model-model seperti sequential explanatory, sequential exploratory, concurrent triangulation, dan concurrent embedded memiliki karakteristik dan tantangan berbeda, namun seluruhnya menekankan pentingnya penggabungan pendekatan kuantitatif dan kualitatif secara strategis. Penelitian ini merekomendasikan pemilihan model yang tepat berdasarkan tujuan, jenis data, serta kebutuhan kontekstual penelitian. Temuan ini diharapkan dapat membantu peneliti, terutama pemula, dalam memahami serta menerapkan pendekatan mixed method secara tepat guna menghasilkan penelitian yang valid, relevan, dan aplikatif

References

Hakim Nasution, F., Syahran Jailani, M., & Junaidi, R. (2024). Kombinasi (Mixed Methods) Dalam Praktis Penelitian Ilmiah. Journal Genta Mulia, 15(2), 251 256. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm

Hendrayadi, Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Mixed methode research. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2402–2410. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/21905/1 5436

Justan, R., & Aziz, A. (2024). Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(2), 253–263.

Khabibullah, M., Malik, G., & Sholahuddin, I. (2024). Tahapan dan Langkah Langkah Penerapan Mixed Method Research ( MMR ) dalam Penelitian Pendidikan. 02(01), 69–86.

Maidiana, M. (2021). Penelitian Survey. Alacrity: Journal of Education, 20–29. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.23

Masrizal. (2011). Mixed Method Research. Jurnal Kesehatan, Vol.6 No.1, 53–56.

Mukherjee, A., & Kamarulzaman, N. H. (2016). Mixed method research. In Handbook of research on new literacies, technologies, and professional development for educators (pp. 39–64). https://doi.org/10.4018/978-1-5225-0007-0.ch003 IGI Global.

Mustaqim. (2016). Metode Penelitian Gabungan Kuantitatif Kualitatif/Mixed Methods: Suatu Pendekatan Alternatif. Jurnal Intelegensia, 4(1), 1-14.

Morse, J.M. 2010. Prinsip-Prinsip Metode Campuran dan Rancangan Penelitian Multimetode. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar).

Nasution, F. H., Risnita, Jailani, M. S., & Junaidi, R. (2024). Kombinasi (Mixed Methods) dalam Praktis Penelitian Ilmiah. Jurnal Genta Mulia, 15(2), 251 256.

Patonah, I., Sambella, M., & Az-Zahra, S. M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Penelitian Kualitatif, Kuantitatif Dan Kombinasi (Mix Method). Pendas: Jurnal Ilmiah …, 08(1989), 5378–5392.

Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan. Natural Science, 6(1), 41–53. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555

Sugiyono. (2015). Model Penelitian Campuran (Mixed Methods), (Bandung: Alfabeta). Sumiati, S. (2024). Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(2), 253–263.

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896-2910.

Yulianti, R. (2018). Langkah-langkah Praktis dalam Penerapan Metode Penelitian Campuran. Jurnal Riset Pendidikan, 10(4), 215-225

Downloads

Published

2025-06-17

How to Cite

Widiya Ningsih, A., & Albina, M. (2025). Telaah Kritis Model Mixed Method: Ragam Strategi, Langkah Implementasi, dan Contoh Praktis dalam Penelitian. QOUBA : Jurnal Pendidikan, 2(1), 66–76. https://doi.org/10.61104/qb.v2i1.253

Issue

Section

Articles