Potensi dan Tantangan Anak Autis dalam Perspektif Pendidikan Inklusif di SLB Nur Rahmah

Authors

  • Miftakhul Jannah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Ratna Pangastuti Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.61104/qb.v2i1.242

Abstract

Autisme sering kali dianggap sebagai tantangan dalam masyarakat, namun pandangan ini perlu diubah. Anak-anak autis memiliki potensi unik yang dapat memberikan kontribusi positif bagi lingkungan sekitar, sehingga mereka seharusnya dipandang sebagai anugerah, bukan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang autisme dan mengedukasi masyarakat mengenai keunikan serta kemampuan anak autis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi di SLB Nur Rahmah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak autis memiliki keahlian luar biasa dalam bidang tertentu, meskipun mereka mungkin menunjukkan perilaku yang berbeda dalam interaksi sosial dan bermain. Penting bagi keluarga dan masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang inklusif, di mana anak-anak autis dapat belajar dan berinteraksi sesuai dengan kebutuhan mereka. Meningkatkan kesadaran tentang potensi anak autis dapat membantu mengurangi stigma dan diskriminasi yang sering mereka hadapi, serta mendorong dukungan yang diperlukan untuk perkembangan mereka

References

Evanurul Marettih, A. K., & Wahdani, S. R. (2017). Melatih Kesabaran Dan Wujud Rasa Syukur Sebagai Makna Coping Bagi Orang Tua Yang Memiliki Anak Autis. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama dan Jender, 16(1), 13. https://doi.org/10.24014/marwah.v16i1.3561

Indrawati, H., & Wahyudi, A. (n.d.). The Puberty Meaning of Autistic Adolescent in their Parents’ Viewpoint “Phenomenological Study.” 4.

Isroyati, Fitri Senny Hapsari, & Miftahul Farid Mochamad Ahyar. (2024). Implementasi Metode Multisensori Untuk Pembelajaran Bahasa Bagi Anak Autis. Jurnal Pendidikan Modern, 9(3), 173–178. https://doi.org/10.37471/jpm.v9i3.973

Kamila, S. I., & Imanti, V. (2023). Profil Psikologis Anak Autis Dengan Penerapan Kurikulum Iep Di Slb Mitra Ananda. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 134. https://doi.org/10.22373/bunayya.v9i1.18051

Kurniawansyah, E., Fauzan, A., & Tamalasari, E. (2021). Pola Pembelajaran pada Anak Autis di SLB Negeri 1 Sumbawa. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 9(1), 11. https://doi.org/10.31764/civicus.v9i1.5811

Kusumastuti, A. N. (n.d.). STRES Ibu Tunggal Yang Memiliki Anak Autis.

Mardatilah Hayati, & Fikrie, F. (2024). Hubungan Parenting Stress dengan Kualitas Relasi Orang Tua-Anak pada Orang Tua dengan Anak Autisme. Jurnal Psikologi, 1(4), 19. https://doi.org/10.47134/pjp.v1i4.2790

Maulana, F. R., & Alpiah, D. N. (n.d.). Komunikasi Orang Tua Pada Anak Penderita Autisme: Literatur Review.

Nugroho, P. A. (n.d.). Perkembangan Neuropsikologi pada Anak dengan Gangguan Spektrum Autisme: Tinjauan Terhadap Aspek Kognitif, Emosional, dan Interaksi Sosial.

Nurlaila, A., Fikrie, & Dicky Listin Quarta. (2024). Hubungan Caregiver Burden dengan Kualitas Relasi Orang Tua-Anak pada Orang Tua yang Memiliki Anak Autisme. Jurnal Psikologi, 1(4), 17. https://doi.org/10.47134/pjp.v1i4.2979

Nurussakinah, N., Suzana Mediani, H., & Purnama, D. (2024). Pentingnya Dukungan Emosional untuk Orang Tua Anak Autisme di SLB: Pembelajaran dari Pengalaman Kecemasan. Jurnal Kesehatan dan Kebidanan Nusantara, 2(1), 17–23. https://doi.org/10.69688/jkn.v2i1.82

Perbezaan Pengetahuan Guru Tentang Kanak-kanak Autisme Berdasarkan Faktor Demografi. (2023). Jurnal Dunia Pendidikan. https://doi.org/10.55057/jdpd.2023.5.1.62

Saroro, E. K., & Harsiwi, N. E. (n.d.). Di Panti Asuhan Bhakti Luhur Donomulyo.

Selvi, S., & Sudarji, S. (2017). Gambaran Faktor Yang Memperngaruhi Penerimaan Diri Orangtua Yang Memiliki Anak Autisme. Psibernetika, 10(2). https://doi.org/10.30813/psibernetika.v10i2.1043

Sugihartini, S., Faidah, Z., Febriani, N. L., Zahra, A. F., & Munawaroh, H. (n.d.). Mendukung Anak Autisme Dengan Memberdayakan Pendidikan Untuk Mencapai Potensi Penuh. 12(1).

Sutiha, Sriwahyuni, S. R., & Ashari, N. (2023). Analisis Permasalahan Anak Autis Di Kelompok B TK Ashabul Kahfi Kota Parepare. Anakta : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 11–18. https://doi.org/10.35905/anakta.v1i1.3301

Tinambunan, D. J., & Hastuty, Y. D. (2020). Gambaran Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Autisme Anak Di Slb Negeri Autis Sumatera Utara. Jurnal Ilmiah PANNMED (Pharmacist, Analyst, Nurse, Nutrition, Midwivery, Environment, Dentist), 15(3), 513–521. https://doi.org/10.36911/pannmed.v15i3.834

Toran, H., Yasin, M. H. M., Tahar, M. M., & Salleh, N. (n.d.). Tahap Latihan, Pengetahuan dan Keyakinan Guru-guru Pendidikan Khas tentang Autisme.

Widiani, D., & Wangidah, S. (2016). Pendidikan Karakter bagi Anak Autis di Sekolah Khusus Taruna al-Qur’an yogyakarta. JURNAL PENELITIAN, 10(1), 1. https://doi.org/10.21043/jupe.v10i1.1365

Yahya, R. E., Anatarsya, A. A., Anayansya, A. A., Gunarto, K., & Maruti, E. S. (n.d.). Memahami Anak Autis dan Penerapan Model Pembelajaran.

Yenni, E., & Anisa, R. S. (2021). Pola Komunikasi Antara Guru dengan Anak Autis dalam Proses Belajar Mengajar di SLB-C Syauqi Day Care Serdang Bedagai. Jurnal SOMASI (Sosial Humaniora Komunikasi), 2(1), 44–50. https://doi.org/10.53695/js.v2i1.428

Downloads

Published

2025-06-11

How to Cite

Miftakhul Jannah, & Ratna Pangastuti. (2025). Potensi dan Tantangan Anak Autis dalam Perspektif Pendidikan Inklusif di SLB Nur Rahmah . QOUBA : Jurnal Pendidikan, 2(1), 22–32. https://doi.org/10.61104/qb.v2i1.242

Issue

Section

Articles