Problematika dan Strategi Kepemimpinan Islami dalam Lembaga Pendidikan Islam

Authors

  • Nadia Saputri Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya
  • Putri Anggalia P.S Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya
  • Ahmadi Ahmadi Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.61104/qb.v2i1.234

Abstract

Kepemimpinan dalam lembaga pendidikan Islam memiliki posisi strategis dalam menentukan arah, efektivitas, dan keberlangsungan institusi. Namun, berbagai tantangan seperti gaya kepemimpinan otoriter, lemahnya komunikasi, ketidakefektifan pendelegasian, hingga tidak terselesaikannya konflik internal, masih menjadi masalah krusial yang menghambat pencapaian tujuan pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis problematika kepemimpinan di lembaga pendidikan Islam serta merumuskan strategi reformasi berdasarkan nilai-nilai Islami. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan kualitatif, melalui analisis literatur akademik tahun 2013–2025 yang relevan dengan kepemimpinan dan manajemen konflik. Hasil menunjukkan bahwa kepemimpinan Islami yang berkarakter, adil, komunikatif, dan partisipatif sangat dibutuhkan. Beberapa strategi solutif yang ditemukan meliputi: suksesi kepemimpinan berbasis kompetensi, forum musyawarah rutin, pelatihan kepemimpinan Islami, serta penguatan budaya organisasi yang inklusif. Dengan penguatan nilai Qur’ani dan Sunnah, kepemimpinan dalam lembaga pendidikan Islam dapat menjawab tantangan zaman dan membentuk generasi berakhlak karimah

References

Amin, M. (2019). Kepemimpinan pendidikan dalam perspektif Islam. Jurnal At-Tafkir, 12(1).

Basri, H. (2019). Manajemen partisipatif dalam pendidikan Islam. Al-Fikrah: Jurnal Studi Keislaman, 7(2), 211–222.

Danim, S. (2024). Visi baru manajemen sekolah dan unit birokrasi kelembagaan akademik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Didikan Islam. (2023). Kepemimpinan dalam lembaga pendidikan Islam. Jurnal Imamah, 1(1).

Fauzan, I., & Ilham, R. (2021). Peran kepemimpinan Islami dalam meningkatkan budaya organisasi madrasah. Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 115–127.

Fauziah, N., & Irwansyah, T. (2021). Etika kepemimpinan dalam pendidikan Islam. Jurnal Tarbiyatuna, 13(1), 33–48.

Fazillah, N. (2023). Konsep kepemimpinan dalam perspektif Islam. Jurnal Education, 12(1).

Hasanah, R., & Fitriani, L. (2024). Demokratisasi dalam kepemimpinan pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Kependidikan Islam, 6(1), 88–99.

Hidayat, W., & Candra, D. (2020). Kepemimpinan dalam perspektif Islam. El-Hikmah, 14(1), 50–65.

Kartono, K. (2022). Pemimpin dan kepemimpinan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Khairul, A., & Burhanuddin, M. (2023). Konflik internal dalam organisasi pendidikan Islam. Al-Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 78–91.

Maulana, A., & Suryani, T. (2023). Pengembangan kepemimpinan Islami berbasis pelatihan. Jurnal Kepemimpinan Pendidikan, 4(2), 132–145.

Mohlis, M. (2020). Problematika lembaga pendidikan Islam tradisional dan modern di era milenial. Islamic Learning Journal (Jurnal Pendidikan Islam), 2(1), 23–37.

Mulyasa, E. (2013). Menjadi kepala sekolah profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution, H., & Rahmi, N. (2021). Kepemimpinan efektif dalam madrasah: Tinjauan empirik. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 97–109.

Nurhayati, F., & Ihsan, A. (2024). Syura dan keadilan dalam rekonstruksi kepemimpinan lembaga Islam. Tarbiyat: Jurnal Kependidikan Islam, 8(1), 20–33.

Rahman, M. (2022). Manajemen apresiasi kerja di lingkungan pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(1), 45–58.

Sajidah, K., Julaeha, S., & Safitri, A. (2023). Kepemimpinan dalam pendidikan Islam: Analisis konsep homo divinus dan homo socius. Jurnal Imamah, 1(1).

Salim, F. (2019). Delegasi tugas dalam kepemimpinan pendidikan Islam. Al-Taujih: Jurnal Kepemimpinan, 3(2), 155–168.

Subhan, M. (2014). Kepemimpinan dalam Islam. Educational Leadership, 2(1), 125–140.

Sukatin, N., et al. (2022). Kepemimpinan dalam Islam. Educational Leadership, 2(1), 52–66.

Sumantri, R. A. (2013). Problematika kepemimpinan di lembaga pendidikan Islam. Jurnal An Nûr, 5(1), 45–59.

Suryana, A. (2023). Musyawarah dalam pengambilan keputusan pendidikan Islam. Tarbiyatuna, 15(1), 60–73.

Sutarto, R. (2022). Manajemen strategis dalam organisasi pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.

Syafar, D. (2017). Teori kepemimpinan dalam lembaga pendidikan Islam. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 72–83.

Suyanto, & Jihad, A. (2013). Menjadi guru profesional: Strategi meningkatkan kualitas guru di era global. Jakarta: Erlangga.

Yusuf, S. M., & Kamariah, S. (2021). Strategi suksesi kepemimpinan dalam pendidikan Islam. Al-Murabbi: Jurnal Kepemimpinan Islam, 6(2), 101–112.

Zulfa, R., & Hanif, A. (2023). Transformasi kepemimpinan dalam pendidikan Islam. Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 8(1), 90–104

Downloads

Published

2025-06-14

How to Cite

Nadia Saputri, Putri Anggalia P.S, & Ahmadi, A. (2025). Problematika dan Strategi Kepemimpinan Islami dalam Lembaga Pendidikan Islam. QOUBA : Jurnal Pendidikan, 2(1), 49–55. https://doi.org/10.61104/qb.v2i1.234

Issue

Section

Articles