Pelaksanaan Kegiatan Literasi Dasar di MTSN 3 Jombang

Authors

  • Alisah Zani Rabbani Universitas Hasyim Asy’ari Jombang
  • Pipit Ertika Daristin Universitas Hasyim Asy’ari Jombang
  • Nurul Swandari Universitas Hasyim Asy’ari Jombang

DOI:

https://doi.org/10.61104/qouba.v1i2.12

Abstract

Literasi merupakan hal yang patut di perhatikan di masa sekarang, banyak yang tertarik dengan media sosial yang mengakibatkan menurunnya literasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan literasi dasar di MTSN 3 Jombang. Metode penelitian dalam artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik purposive sampling pada studi documenter dengan 3 sesi pelaksanaan yaitu menulis, bercerita dan membaca. Objek yang diambil yaitu siswa Mtsn 3 Jombang. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat diutarakan bahwa kegiatan literasi ini sangat bermanfaat bagi siswa terutama di zaman yang seba media sosial. Apabila kegiatan ini dilakukan sejak sekolah dasar seperti di MTsn 3 Jombang. Konteks literasi sekolah ialah keterampilan mengakses, mengerti, dan memakai suatu hal secara cerdik lewat berbagai perlakuan seperti membaca, melihat, dan mendengarkan. Hasil kegiatan yang dilaksanakan, diharapkan siswa mulai terbiasa untuk melaksanakan literasi sesuai yang di ajarkan. Hari berlalu juga akan dilakukan perkembangan hingga tahap evaluasi guna meningkatkan studi literasi di masing-masing siswa.

References

Ardiansyah, Maisah, & Lukman, H. (2023). Analisis SWOT dan Pemetaan Strategi Lembaga Pendidikan Islam (Studi di SMAN 1 Bungo Provinsi Jambi). Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 39–58.

Dian, K., Maisah, & Lukman, H. (2023). Strategi Lembaga Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Standar Operasional Pendidikan (Studi di MTsN 3 Tulungagung, Jambi). Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(1), 83–98.

Getar, R. P., Su’aidi, & Minnah, E. W. (2023). Meramalkan Kebijakan Pendidikan Islam Dalam Menguatkan Penanaman Nilai-Nilai Islam Pada Lembaga Pendidikan Islam. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 59–70.

Hasan, S., Iskandar, & Martinis, Y. (2023). Perspektif Psikologi Pendidikan Dalam Manajemen Pendidikan Islam. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 1–9.

Indra, W. F. F., & Syahrizal, H. (2023). Digitalisasi Lembaga Pendidikan dalam Menghadapi Perkembangan dan Kemajuan Teknologi Informasi Dunia Pendidikan. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 26–38.

Maimunah, P. H. H., Minnah, E. W., & Su’aidi. (2023). Proses Membuat Kebijakan-Kebijakan Pendidikan Islam. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(1), 99–108.

Nidia, S., & Iskandar. (2023). Kontribusi Psikologi Dalam Manajemen Pengelolaan Kelas. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 18–25.

Saidin, Maisah, & Lukman, H. (2023). Urgensi Kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 10–17.

Usman, F., Dwi, G. A. P., M.Fadhil, & M.Yudha. (2023). Strategi Guru Al-Qur’an Hadist Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTS Qiro’atul Qur’an Sungai Binjai. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(1), 9–23.

Bawani, M. A. F., Ashari, M. Y., & Wardani, I. K. (2024). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Kurikulum Merdeka di SMPN 1 Peterongan Jombang. QAZI : Journal Of Islamic Studies, 1(1), 1–11.

Dafit, Febrina & Ramadan, Zaka H. (2020). Pelaksanaan Program Gerakan Literaso Sekolah (GLS) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 1429-1437.

Daeng, N. S. (2024). Strategi Santri Pondok Pesantren Bustanul Mansuriyah Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi. QAZI : Journal Of Islamic Studies, 1(1), 23–29.

Fitria, N. A., Julyanur, M. Y., & Widyanti, E. (2024). Analisis Langkah-Langkah Evaluasi Dalam Proses Belajar Mengajar. QAZI : Journal Of Islamic Studies, 1(1), 37–46.

Jannah, S. N. (2024). Pengelolaan Biaya Pendidikan Dalam Perspektif Pendidikan Islam. QAZI : Journal Of Islamic Studies, 1(1), 30–36.

Maryatun. (2020). Efektivitas Kegiatan Lioterasi Digital Dalam Meningkatkan Kemampuan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Mahasiswa. FIHRIS: Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 145-166.

Menteri Pendidikan dan kebudayaan No.23 Tahun 2015. (2015).

Muttaqin, Muhammad Fauzan & Rizkiyah, H. (2022). Efektifitas Budaya Literasi dalam Meningkatkan Keterampilan 4C Siswa Sekolah Dasar. Dawuh Guru Jurnal Pendidikan MI/SD, 43-54.

Permatasari, Cindhy Dwi, dkk. (2018). Penerapan Konsep Representatif Intensif Pada Ruang Fasilitas Edukasi Tunalaras di Surabaya. Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan, 477 - 484.

Prasanti, Ditha & Pratamawaty, Benazir Bona. (2017). Penggunaan Media Promosi dalam Komunikasi Terapeutik Bagi Pasien di Kab.Serang. Metacommunication; Jurnal Of Communication Studies, 14-31.

Rizkina, Amalia & Meilida, Amalia. (2024). Efektivitas Tutor Literasi Kampus Mengajar Pada Siswa Kelas 5 di SDN Kelayan Timur 8 Banjarmasin. Educurio Journal, 313-322.

Swandari, Nurul & Jemani, Abdurahman. (2023). Inovasi Literasi Melalui Baresta Di Era 4.0 (Studi Kasus dui Mtsn Negeri 3 Jombang). LITERASI: Jurnal Pendidikan Guru Indonesia, 25-39.

Uzma, Z., & Masyithoh, S. (2024). Tantangan Dan Peluang Implementasi Nilai-Nilai Akhlak Dalam Kehidupan Masyarakat. QAZI : Journal Of Islamic Studies, 1(1), 12–22.

Downloads

Published

2025-03-01

How to Cite

Alisah Zani Rabbani, Pipit Ertika Daristin, & Nurul Swandari. (2025). Pelaksanaan Kegiatan Literasi Dasar di MTSN 3 Jombang . QOUBA : Jurnal Pendidikan, 1(2), 21–26. https://doi.org/10.61104/qouba.v1i2.12

Issue

Section

Articles