Khilafah Lingkungan: Peran Manusia Sebagai Khalifah dalam Menjaga Bumi

Authors

  • Irhamullah Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Wahyu Hidayat Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Herlini Puspika Sari Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.61104/qz.v2i2.465

Keywords:

Khalifah Lingkungan, Etika Ekologis Islam, Ekoteologi, Pendidikan Lingkungan, Pembangunan Berkelanjutan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami makna dan implementasi peran manusia sebagai khalifah dalam melindungi lingkungan menurut Al-Qur'an serta relevansinya dengan pendidikan dan kebijakan ekologi. Dengan menggunakan metode studi literatur kualitatif yang disertai analisis deskriptif-tematik terhadap literatur dan interpretasi, penelitian ini menemukan bahwa konsep khilafah menempatkan manusia sebagai penjaga amanah Allah dengan tanggung jawab moral dan spiritual terhadap alam. Nilai-nilai tawhid, amanah, 'adl, dan ihsan membentuk etika ekologi Islam yang mempromosikan keseimbangan dan keberlanjutan. Disimpulkan bahwa revitalisasi nilai khilafah dalam pendidikan dan kebijakan publik berpotensi memperkuat kesadaran ekologi masyarakat dan menawarkan paradigma pembangunan yang adil secara lingkungan.

References

Adlini, N., Fathurrahman, M., & Sari, A. (2022). Analisis Pendekatan Studi Pustaka dalam Penelitian Kualitatif Islam Kontemporer. Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 145–158.

Alfiyah, R., Hasan, M., & Lestari, D. (2024). Internalisasi Nilai-Nilai Islam dalam Kesadaran Ekologis Umat Muslim. Jurnal Ilmu Sosial dan Keagamaan, 12(1), 77–90.

Arsyad, H., & Hasanah, N. (2025). Dimensi Spiritual dalam Pengelolaan Ekosistem Islam. Jurnal Ekoteologi Islam, 6(1), 45–58.

Asmawati, N. (2023). Etika Amanah dalam Perspektif Ekoteologi Islam. Jurnal Etika Qur’ani, 8(2), 134–147.

Azhari, M. (2020). Keadilan Ekologis dalam Islam: Tinjauan Etika Qur’ani. Jurnal Al-Fikr, 14(1), 33–49.

Azhari, M., & Kurniawan, D. (2025). Etika Islam dan Kebijakan Lingkungan Modern. Jurnal Agama dan Ekologi, 9(1), 89–104.

Basir, A., & Rohman, F. (2024). Keadilan Ekologis dalam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Tafsir Kontemporer, 11(2), 211–227.

Fadhlullah, M. (2020). Tanggung Jawab Manusia terhadap Alam dalam Islam. Jurnal Studi Keislaman, 15(1), 22–37.

Fatimah, N., & Prasetyo, A. (2024). Project-Based Learning dalam Pendidikan Ekoteologis Islam. Jurnal Pendidikan Islam dan Lingkungan, 7(3), 118–133.

Fauzi, M., & Yuliani, E. (2023). Ketahanan Sosial dan Nilai Agama dalam Menghadapi Krisis Iklim. Jurnal Sosiologi Islam, 9(2), 59–72.

Fitri, S., & Yusuf, R. (2021). Paradigma Antroposentris dan Krisis Ekologi Global. Jurnal Filsafat dan Agama, 17(2), 101–116.

Fitryansyah, D. (2024). Kajian Konseptual Khilafah Lingkungan dalam Literatur Islam. Jurnal Ilmu Ushuluddin, 19(1), 85–97.

Hakim, M., & Putra, A. (2025). Pendekatan Agroforestri dalam Perspektif Islam. Jurnal Ekonomi dan Lingkungan Islam, 6(1), 25–41.

Hasan, A. (2021). Sinergi Lembaga Keagamaan dan Pemerintah dalam Konservasi Lingkungan. Jurnal Dakwah dan Sosial, 13(1), 112–126.

Hidayat, W., & Karim, A. (2025). Pendidikan Nilai Khilafah sebagai Strategi Kultural Menghadapi Krisis Iklim. Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 167–182.

Huda, M., & Fadhlurrahman, R. (2022). Ihsan Ekologis dan Kesadaran Spiritual dalam Islam. Jurnal Tasawuf dan Etika, 5(1), 73–88.

Izzi Dien, M. (2022). Islam and the Environmental Crisis: A Theological Framework. Cambridge University Press.

Kurniawan, S., & Fathurrahman, N. (2024). Strategi Eco-Policy Berbasis Teologi Islam di Indonesia. Jurnal Kebijakan dan Lingkungan Islam, 8(2), 122–136.

Mardiana, S., & Yusuf, M. (2025). Pelatihan Guru Berbasis Khilafah Ekologi dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 92–107.

Muttaqin, A. (2023). Ekoteosentrisme dalam Etika Islam. Jurnal Studi Agama dan Lingkungan, 4(2), 56–70.

Nasir, M., & Tahir, I. (2024). Tafsir Al-Munir dan Relevansinya terhadap Pengelolaan Lingkungan. Jurnal Tafsir Al-Qur’an, 13(1), 33–47.

Nihayah, F., & Jamil, M. (2024). Ayat-Ayat Ekologis dalam Pembentukan Karakter Berkeadaban. Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 77–89.

Nurbaya, L. (2024). Paradigma Khilafah Lingkungan sebagai Sintesis Spiritual dan Ilmiah. Jurnal Ekoteologi Islam, 5(1), 50–65.

Nurdin, A., & Wahyudi, T. (2025). Kolaborasi Keagamaan-Pemerintah dalam Kebijakan Konservasi. Jurnal Pemerintahan dan Keislaman, 7(2), 103–117.

Nuraini, S. (2022). Pendidikan Lingkungan Berbasis Nilai Khilafah dalam PAI. Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 9(3), 184–198.

Nurhayati, F., & Siregar, M. (2023). Paradigma Khilafah Ekologis dalam Pembangunan Berkelanjutan. Jurnal Studi Islam Global, 11(2), 215–232.

Putri, R., Hamid, S., & Laili, N. (2025). Tafsir Ekologis dan Nilai Konservasi dalam Al-Qur’an. Jurnal Ilmu Tafsir Modern, 9(1), 45–61.

Qureshi, A., Khalid, F., & Rehman, M. (2024). Islamic Ecological Ethics: Justice and Balance in the Qur’an. Journal of Islamic Ethics, 18(1), 12–27.

Rachman, F. (2025). Integrasi Nilai Amanah, ‘Adl, dan Ihsan dalam Etika Lingkungan Islam. Jurnal Etika Islam Kontemporer, 7(2), 88–102.

Rahman, A. (2025). Pendidikan Lingkungan dalam Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Islam, 10(1), 55–70.

Rahman, F., & Lubis, R. (2023). Ekoteologi dalam Pembelajaran Islam di Sekolah. Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 99–113.

Rahmawati, N. (2021). Zikir dan Tadabbur Alam sebagai Sarana Kesadaran Ekologis. Jurnal Spiritualitas Islam, 8(2), 122–138.

Rudji, I. (2025). Penguatan Konsep Khalifah dalam Kurikulum Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Karakter Islami, 14(1), 56–70.

Sari, L., & Lubis, A. (2022). Kolaborasi Lintas Institusi dalam Program Konservasi Islam. Jurnal Sosial dan Dakwah, 11(2), 88–103.

Sholeh, M., & Rasyid, A. (2025). Dakwah Hijau dan Pesantren Ramah Lingkungan. Jurnal Dakwah dan Transformasi Sosial, 15(1), 35–50.

Syamsuddin, A. (2019). Amanah sebagai Dasar Etika Ekologi Islam. Jurnal Akhlak dan Tasawuf, 4(2), 66–80.

Syauqiah, L., & Alfalah, Z. (2025). Konsep Mizan dan Keseimbangan Alam dalam Al-Qur’an. Jurnal Tafsir dan Lingkungan, 10(1), 72–85.

Syukri, A. (2022). Khilafah dan Tauhid dalam Etika Lingkungan Qur’ani. Jurnal Ushuluddin dan Pemikiran Islam, 17(2), 143–157.

United Nations Environment Programme (UNEP). (2023). Global Environment Outlook: Human Impact Report 2023. Nairobi: UNEP.

Zarkasyi, H. (2020). Manusia Rahmatan lil ‘Alamin: Paradigma Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 1–15.

Zed, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Downloads

Published

2025-12-01

How to Cite

Irhamullah, Wahyu Hidayat, & Herlini Puspika Sari. (2025). Khilafah Lingkungan: Peran Manusia Sebagai Khalifah dalam Menjaga Bumi . QAZI : Journal of Islamic Studies, 2(2), 435–447. https://doi.org/10.61104/qz.v2i2.465

Issue

Section

Articles