Etika Bisnis Digital dalam Perspektif Islam: Prinsip dan Implementasinya

Authors

  • Nur Isra' Ahmad Universitas Negeri Makassar
  • Supriadi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.61104/qz.v2i2.464

Keywords:

Etika Bisnis, Bisnis Syariah, Bisnis Digital

Abstract

Ekonomi digital menawarkan banyak manfaat, namun pada saat yang sama sangat rentan terhadap pelanggaran etika, terutama dalam konteks etika bisnis Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji praktik bisnis digital dalam perspektif Islam sekaligus merumuskan prinsip-prinsip etika syariah yang sesuai guna menjawab tantangan kontemporer. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan dengan analisis data berupa content analysis. Hasil penelitian menegaskan bahwa bisnis digital sah dilakukan selama memenuhi rukun dan syarat jual beli serta bebas dari unsur riba, maysir, gharar, dan tadlis. Etika bisnis syariah menjadi landasan agar praktik digital tetap selaras dengan nilai Islam melalui prinsip siddiq, amanah, adil, ihsan, serta larangan riba. Sebagai implikasi dari temuan tersebut, bisnis digital perlu dijalankan dengan integrasi prinsip syariah agar berkembang modern, adil, halal, dan membawa keberkahan bagi umat.

References

Asdar, S. T., Saputra, D. A., Baehaki, A., & Azka, M. R. (2025). ANALISIS EKONOMI ISLAM TERHADAP PRAKTIK E-COMMERCE DALAM PERSPEKTIF FIQIH MUAMALAH. Media Riset Bisnis Manajemen Akuntansi, 1(1), 84–98.

Ashari, D., & Panorama, M. (2024). Etika Bisnis Dalam Ekonomi Mikro Islam. Jurnal Studi Islam Indonesia (JSII), 2(2), 271–284. https://doi.org/https://doi.org/10.61930/jsii.v2i2.915

Asiyah, B. N., Yuliani, N. A., Amelia, E., & Nasiroh, F. (2020). Pelarangan riba dalam perbankan; impact pada terwujudnya kesejahteraan di masa covid-19. Imara: Jurnal Riset Ekonomi Islam, 4(1), 1–10.

Awaliyah, M., & Zakariya, N. A. (2025). PERAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP PELAKU UMKM DI ERA BISNIS DIGITAL. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 2(6), 11870–11874.

Bulutoding, L. (2024). Integrasi Konsep Amanah dalam Shariah Enterprise Theory: Tinjauan Literatur Komprehensif. Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa, 9(01), 140–148.

Fadilah, N. A., Ferdiansyah, M. R., Fajri, M. I., & Satra, A. (2025). MEMAHAMI MACAM-MACAM RIBA: PENJELASAN BUYA YAHYA DARI KITAB TAQRIB BAB RIBA. JURNAL SELAKSA MAKNA, 1(2), 48–58.

Faisal, A. A., & Rohimatin, E. H. (2024). Tinjauan Pengantar Etika Bisnis: Implementasi Prinsip-prinsip Etika Dalam Bisnis Digital Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah (JIMESHA), 4(2), 103–110.

Fata, Z., & Hofifah, H. (2025). Keadilan dan Transparansi Dalam E-Commerce: Menghadapi Tantangan Ekonomi Digital Dengan Prinsip Syariah. Journal of Islamic Economics Studies and Practices, 4(1), 53–65. https://doi.org/https://doi.org/10.54180/jiesp.2025.4.1.53-65

Fisabilillah, F., Hakim, A. L., & Millatina, A. N. (2025). Penerapan Etika Bisnis Islam Pada Usaha Kecil Menengah:(Studi Kasus Kripik Halal UD. Ramayana Agro Mandiri Kota Batu). Journal of Islamic Economics Development and Innovation (JIEDI), 5(2), 100–112.

Hafidz, S. M., Putra, H. F. R., & Ramadhan, F. T. (2025). REKONSTRUKSI HUKUM BISNIS SYARIAH DALAM MENGHADAPI TRANSFORMASI EKONOMI DIGITAL. Media Riset Bisnis Ekonomi Sains Dan Terapan, 3(2), 73–79.

Halim, I., Fauzia, F., Afni, N., Farida, P., & Supriadi, S. (2022). Islamic Business Ethics In Technology Based Business. Tsarwatica (Islamic Economic, Accounting, and Management Journal), 3(2), 40–57.

Hidayat, R. (2025). DINAMIKA PEMIKIRAN EKONOMI SYARIAH DALAM MENJAWAB REALITAS EKONOMI MODERN. Equality: Journal of Islamic Law (EJIL), 3(2), 209–224.

Hidayati, Q., & Khairi, R. (2024). Etika Bisnis Islami Dalam E-Commerce: Mengintegrasikan Teknologi Dan Nilai-Nilai Syariah. Journal of Economic, Management, Business, Accounting Sustainability, 1(2), 29–35.

Inayah, I., & Yasmin, R. (2025). Konsep riba dalam fikih perbandingan dan relevansinya terhadap perkembangan ekonomi digital. Al-Muqaranah: Jurnal Perbandingan Mazhab Dan Hukum, 3(1), 30–37.

Isra’Ahmad, N., Supriadi, S., & Khaerunnisa, K. (2025). Kontribusi Pendidikan Islam terhadap Pembentukan Etika Konsumsi Islami. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 3(4), 1019–1030.

Istikhomah, S. F. D., Meyndis, R. B., & Susanti, Y. E. (n.d.). MEMASUKI ZAMAN DIGITAL: DAMPAK PERUBAHAN TEKNOLOGI TERHADAP SEKTOR USAHA.

Jannah, R., Denna, K. O. A., Prayudha, T. G., Putra, D. P., Ardianto, R. D. D., Ramajagandhi, S. A., Hertiana, E., Ramadhan, I. N., & Rofiq, N. (2025). Perlindungan Konsumen dalam Transaksi Syariah: Prespektif Hukum Islam. JURNAL RISET RUMPUN ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 295–315.

Kusuma, K. A. (2023). Buku ajar pengantar bisnis digital dalam perspektif Islam. Umsida Press, 1–168.

Mahera, R. M., & Suryadi, N. (2025). Transformasi Mekanisme Pasar Dalam Ekonomi Berbasis Teknologi Digital. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 2(11).

Malik, A. (2021). Perspektif Tafsir Konteks Aktual Ekonomi Qur’ani dalam QS Al-Nisa’/4: 29. Dirasat Islamiah, 2(1), 39–56.

Manalu, M., Elsa, N. A., & Febriani, G. (2025). Etika Bisnis Islam. Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 1–10.

Mubarroq, A. C., & Latifah, L. (2023). Analisis Konsep Muamalah Berdasarkan Kaidah Fiqh Muamalah Kontemporer. Tadayun: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 4(1), 95–108.

Mufarrochah, S., Putri, F. F., Murtadho, A., & Assari, E. (2025). Etika Bisnis dalam Hukum Islam: Implikasi terhadap Praktik Bisnis Modern. Jurnal Usm Law Review, 8(1), 17–32. https://doi.org/https://doi.org/10.26623/julr.v8i1.11365

Nandavita, A. Y., Fadla, D. A., Lizariani, D., & Hasyima, M. (2025). Etika dalam Pemasaran: Upaya Mewujudkan Keadilan dan Perlindungan Konsumen di Era Digital. PENG: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(2), 2360–2369.

Novianti, A., & Munawaroh, M. (2025). Transformasi Digital Mengubah Lanskap Bisnis UMKM di Era Teknologi. Trending: Jurnal Manajemen Dan Ekonomi, 3(1), 271–278.

Nufus, W. F. K., Rachmatika, T. H., & Kinkin, D. A. R. (2024). Penerapan Etika Pemasaran Islam Dalam Penggunaan Digital Marketing Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM). Proceedings of Islamic Economics, Business, and Philanthropy, 3(1), 11–23.

Nurlia, W., Saskia, A., Maulana, M. R., & Ramadhan, R. (2025). Penetapan Harga Dalam E-Commerce: Perspektif Hukum Ekonomi Syariah. Fawaid: Sharia Economic Law Review, 7(1), 19–36.

Oktalisa, N. E., Rahmani, R., & Riauan, M. A. R. I. (2024). Transformasi Digital Perspektif Islam: Masyarakat Ihsan di Tengah-Tengah Pasar Artificial Intelligence. Prosiding Seminar Nasional Amikom Surakarta, 2, 1385–1398.

Putri, M. K., & Rohman, A. (2025). Peningkatan Daya Saing Ekonomi melalui Digitalisasi Sistem Keuangan dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Kajian Dan Inovasi Ilmu (JKII), 1(1), 34–41.

Rahman, A. (2024). PRINSIP-PRINSIP KEADILAN DALAM PENETAPAN HARGA PERSPEKTIF ISLAM. Al-Hukmi: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah Dan Keluarga Islam, 5(2), 124–134.

Rangkuti, A. (2017). Konsep keadilan dalam perspektif Islam. TAZKIYA: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1).

Rasha, N., & Suwar, A. (2025). Konsep Etika Bisnis Islam dalam Penguatan UMKM: Relevansi, Tantangan, dan Model Implementasi. AL-UKHWAH-Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 96–113.

Ratih, P., Dina, Y. Y., HM, A. M., Mohamad, S., & Mochamad, P. (2025). Buku Ajar Islamic Digital Business Model. PT Media Penerbit Indonesia.

Ridwan, A. (2025). Daftar Pelanggaran Hak Digital Selama Aksi Akhir Agustus 2025 di Indonesia. Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Demografi/Statistik/68c27175e5aa7/Daftar-Pelanggaran-Hak-Digital-Selama-Aksi-Akhir-Agustus-2025-Di-Indonesia.

Rusydi, A., Sauqi, M., & Mahmudin, M. (2024). Al-Amanah Fil Quran. Al-Muhith: Jurnal Ilmu Qur’an Dan Hadits, 3(1), 39–53.

Silviyah, N. M., & Lestari, N. D. (2022). Pengaruh Etika Bisnis Islam Dalam Meningkatkan UMKM. Al Iqtishod: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ekonomi Islam, 10(1), 96–112.

Suma, D., & Siregar, B. A. (2023). Bisnis Digital. CV. Azka Pustaka.

Supriadi, S., & Ahmad, N. I. (2020). Pemahaman Nilai-Nilai Etika Konsumsi Islami terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Perbankan Syariah. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 4(01), 81–95.

Supriadi, S., & Ismawati, I. (2020). Implementasi Prinsip-Prinsip Perbankan Syariah untuk Mempertahankan Loyalitas Nasabah. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 3(1), 41–50.

Supriyadi, S., & Abdullah, M. W. (2019). Implementation of Islamic business ethics in small and medium enterprises (SMEs). Jurnal Iqtisaduna, 148–154.

Tafsir Ibnu Katsir. (2015). Tafsir Surat An-Nisa, ayat 29-31. Http://Www.Ibnukatsironline.Com/2015/05/Tafsir-Surat-Nisa-Ayat-29-31_2.Html.

TafsirWeb. (n.d.). Surat Al-Baqarah Ayat 275. Https://Tafsirweb.Com/1041-Surat-al-Baqarah-Ayat-275.Html.

Triatmadya, H., Joshua, N., Davin, H., & Nugroho, A. (2023). PRINSIP ETIKA BISNIS DALAM PRAKTIK PROMOSI DAN DIGITAL MARKETING. TADAYUN: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah.

Trisena, P., Fauzi, M. M., & Rindyana, W. (2025). KAJIAN LITERATUR TENTANG INTEGRASI ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM BISNIS DIGITAL BERBASIS SYARIAH. Media Riset Bisnis Ekonomi Sains Dan Terapan, 3(2), 56–62.

Wahyuni, S., Aslamiah, S., & Kahar, K. (2025). Keabsahan Transaksi Jual Beli Secara Online Dalam Perspektif Hukum Islam: Studi Kasus Kurir Online Sangatta. Jurnal Ilmu Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 1(2), 122–130.

Wati, D., Arif, S., & Devi, A. (2022). Analisis penerapan prinsip-prinsip etika bisnis Islam dalam transaksi jual beli online di Humaira Shop. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 3(1), 141–154.

Downloads

Published

2025-12-01

How to Cite

Nur Isra’ Ahmad, & Supriadi. (2025). Etika Bisnis Digital dalam Perspektif Islam: Prinsip dan Implementasinya. QAZI : Journal of Islamic Studies, 2(2), 448–460. https://doi.org/10.61104/qz.v2i2.464

Issue

Section

Articles