Pemikiran Pendidikan Islam Tentang Adab Guru Dan Murid Sebagai Fondasi Etika Pembelajaran Di Era Artificial Intelligence (AI)
DOI:
https://doi.org/10.61104/qz.v2i2.450Keywords:
Pemikiran Pendidikan Islam, Adab Guru dan Murid, Etika Pembelajaran, Artificial Intelligence (AI), Pemikiran Pendidikan Islam, Adab Guru dan Murid, Etika Pembelajaran, Artificial Intelligence (AI).Abstract
Pendidikan Islam tidak hanya berfokus pada transfer pengetahuan, tetapi juga penanaman adab sebagai fondasi pembentukan karakter, sehingga relevansinya diuji kembali di tengah perkembangan kecerdasan buatan (AI). Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pemikiran tokoh-tokoh Islam klasik dan kontemporer mengenai adab guru-murid, menganalisis tantangan etika pembelajaran di era AI, serta merumuskan kerangka etika pembelajaran berbasis nilai adab yang sesuai dengan konteks pendidikan Islam modern di Indonesia. Penelitian menggunakan metode library research dengan menelaah karya klasik seperti al-Ghazali, Ibnu Sina, dan Ibnu Khaldun, serta literatur kontemporer terkait etika pendidikan dan perkembangan teknologi AI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai adab seperti keikhlasan, keteladanan, penghormatan, dan tanggung jawab ilmiah memiliki relevansi kuat dalam menjawab dilema etis yang muncul akibat penggunaan AI, termasuk risiko plagiarisme, degradasi kemampuan berpikir kritis, bias algoritma, serta melemahnya relasi spiritual antara guru dan murid. Temuan juga menunjukkan bahwa pemikiran tokoh klasik menyediakan fondasi moral, sementara tokoh kontemporer memperluas penerapannya dalam konteks digital, sehingga keduanya dapat diintegrasikan menjadi kerangka etika pembelajaran yang adaptif terhadap tantangan teknologi modern. Penelitian ini menegaskan pentingnya reposisi peran guru sebagai pembimbing etis dan penjamin integritas akademik dalam lingkungan belajar berbasis AI. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi adab guru-murid dengan pemanfaatan AI merupakan langkah strategis untuk menjaga keberkahan ilmu dan humanisasi pendidikan Islam di era digital.
References
Akbar, T. A., & Saude, S. (2025). Etika Islam dalam Pemanfaatan Kecerdasan Buatan (AI) untuk Mencapai Studi Islam yang Modern dan Berorentasi pada Kemanusiaan. Prosiding Kajian Islam dan Integrasi Ilmu di Era Society 5.0 (KIIIES 5.0), 4, 551–559.
Arjuna, Taufiqurrahman, & Irawan. (2025). Implementasi Epistemologi Ibnu Khaldun dalam Struktur Keilmuan Pendidikan Agama Islam. Ihsan: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 20–31.
Azkiyah, N., Hawa, S., & Sari, H. P. (2025). Menginternalisasi Pendidikan Karakter Ala Ibnu Khaldun untuk Generasi Z. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Agama Islam, 3(6), 113–135.
Fathonah, P. (2018). Pemikiran Pendidikan Fazlur Rahman dan Kontribusinya terhadap Pengembangan Teori Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 15(1), 70–87.
Hakim, F., Fadlillah, A., & Rofiq, M. N. (2024). Artificial Intellegence (AI) dan Dampaknya Dalam Distorsi Pendidikan Islam. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 13(1), 129–144.
Hidayatullah, P. R., & Rochbani, I. T. N. (2025). Pemikiran Ibnu Sina tentang Pendidikan: Analisis Historis, Konseptual, dan Relevansi Kontemporer. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(5), 6144–6153.
Kesumayodra, D., & Wahyudi, U. M. W. (2024). Analisis Peran Guru dalam Menerapkan Pendidikan Karakter Kepada Siswa. Jurnal PGSD Indonesia, 10(1), 50–60.
Khofiyah, D., & Vina, A. (2025). Adab Guru dalam Mendidik Anak Menurut Al-Ghazali dalam Kitab Al-Adab fi al-Din dan Relevansinya terhadap Pembelajaran di Sekolah Indonesia. EduGrowth: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 50–60.
Lubna. (2020). Ilmu Pendidikan Islam Kajian Teoretis dan Praktis. Sanabil.
Maimun. (2015). Kiat Sukses Menjadi Guru Halal. Lembaga Pengkajian Publikasi Islam & Masyarakat (LEPPIM) IAIN Mataram.
Marasabessy, M. A. F. (2025). Integrasi Pemikiran Fazlur Rahman tentang Pendidikan Islam dengan Epistemologi Filsafat Kontemporer Kritis. An-Najah: Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan, 4(5), 1–23.
Maulida, F., & Bakar, M. Y. A. (2025). Ibnu Sina: Pelopor Pendidikan Holistik dan Berkarakter. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 9(1), 52–67.
Musta’an, & Markarma, A. (2025). Integrasi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) dalam Perspektif Islam. Prosiding Kajian Islam dan Integrasi Ilmu di Era Society 5.0 (KIIIES 5.0), 4, 541–545.
Najib, A. C., & Darnoto. (2024). Tantangan Guru Pendidikan Agama Islam di Era Modern dalam Penggunaan Artificial Intelligence (AI). Ta’limuna: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 146–151.
Nasrul, N., & Saguni, F. (2025). Penggunaan AI dalam Pendidikan: Sebuah Kemajuan atau Kemerosotan Berpikir? Prosiding Kajian Islam dan Integrasi Ilmu di Era Society 5.0 (KIIIES 5.0), 4, 227–230.
Nurchamidah, & Hamsah, M. (2022). Tugas Guru Menurut Syed Muhammad Naquib Al-Attas dan Aktualisasinya dalam Pendidikan Islam. Tafhim Al-‘Ilmi: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 13(2), 175–194.
Nurhayuni, & Roza, E. (2023). Imam Al-Ghazali dan Perspektifnya tentang Pentingya Pendidikan Islam. Al-Mikraj: Jurnal Studi Islam dan Humaniora, 4(1), 1–11.
Putra, U. Y., Ni’mah, A. F., & Sobirin, M. (2025). Urgensi Fiqih (Adab Guru dan Murid) dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Era Globalisasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan, 3(4), 5389–5399.
Rahman, A., & Wanto, D. (2021). Memantik Konsep Fitrah & Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini. Andhra Grafika.
Rahman, S. A., Basir, A., & Fuady, M. N. (2023). Adab Belajar dan Mengajar dalam Perspektif Al-Qur’an dan Al-Hadits (Telaah Konsep Pemikiran Imam Nawawi). Al-Muhith: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Hadits, 2(2), 122–150.
Ramadani, S., & Sofa, A. R. (2025). Kejujuran dalam Perspektif Pendidikan Islam: Nilai Fundamental, Strategi Implementasi, dan Dampaknya terhadap Pembentukan Karakter Santri di Pesantren. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Agama Islam, 3(1), 193–210.
Ramadhani, I., Silmi, S., Sari, H. P., & Irhamsyah, G. (2025). Humanisasi Pendidikan Islam: Rekonstruksi Konsep Guru dan Murid Berdasarkan Pemikiran Tokoh Humanis Muslim. Ihsan: Jurnal Pendidikan Islam, 3(4), 1112–1121.
Ramli, M., & Sayuti, A. (2022). Adab Guru terhadap Murid Perspektif Imam Al-Ghazali di dalam Kitab Bidāyah Al-Hidāyah. Addabana: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 27–54.
Rijal, A. F., Affandi, A., & Aris. (2025). Konsep Pendidikan Adab Menurut Muhammad Naquib Al-Attas dan Relevansinya terhadap Kurikulum Merdeka. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 8(5), 5192–5203.
Safitri, N., Alwizar, & Hulawa, D. E. (2024). Konsep Guru dalam Perspektif Ibnu Sina. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(3), 47370–47375.
Salma, A., Septiasih, E., & Mumtaza, A. M. (2024). Adab Menuntut Ilmu: Kunci Keberkahan dalam Proses Belajar. Islamologi: Jurnal Ilmiah Keagamaan, 1(2), 1–17.
Sari, M., & Asmendri. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science, Vol. 6(1), 41–53.
Septiana, R. A., Sopingi, I., & Hidayati, A. (2025). Adab Penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam Keilmuan: Tinjauan Kitab Adabul Alim Wal Muta’allim. Jurnal Revorma, 5(1), 71–82.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D (19 ed.). Alfabeta.
Sulisworo, D., Fitrianawati, M., Subrata, A. C., & Oktavianti, I. N. (2024). Transformasi Pendidikan Abad XXI: Sebuah Bunga Rampai. K-Media.
Supriatin, I., Syarifah, S., Susilawati, E., Supriadi, I., & Apriani, R. (2025). Formulasi Etika Kecerdasan Buatan (AI) dalam Pendidikan Islam: Pendekatan Maqāṣid al-Sharī‘ah dan Tafsir Tematik Al-Qur’an. Halaqa: Journal Of Islamic Education, 1(2), 121–140.
Uhuwah, I. (2022). Pendidikan Karakter dalam Kitab Muqaddimah Karya Ibnu Khaldun dan Relevansinya dengan Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas 3 MI. Universitas Islam Negeri (UIN) Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
Wibowo, & Udayani, R. (2021). Relevansi Pemikiran Ibnu Sina Terhadap Pendidikan di Era Modern. Heutagogia: Journal of Islamic Education, 1(2), 199–214.
Widiyanto, F. H., Fhajri, J., Asysyiddah, I. N., & Azis, A. (2025). Menghadapi Problematika Pendidikan Modern: Solusi Islam dalam Era Globalisasi. Kampus Akademik Publishing: Jurnal Ilmiah Penelitian Mahasiswa, 3(3), 331–339.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Afifah Ramadhanisa, Aliffaa Hani, Azaaro Nadzifah, Dian Izati Nabila, Febri Afriyanti, Siti Naziroh, Liliyana Yolanda, Nur Mazwin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







This work is licensed under a