The Pendidikan Islam Kontemporer: Upaya Membangun Integrasi Antar Ilmu, Iman Dan Peradaban
DOI:
https://doi.org/10.61104/qz.v2i2.443Keywords:
Pendidikan Islam Kontemporer, Integrasi, Ilmu, Iman, PeradabanAbstract
Penelitian ini berangkat dari kebutuhan mendesak untuk mengatasi dikotomi ilmu agama dan ilmu modern yang masih mengakar dalam pendidikan Islam, di tengah tuntutan globalisasi dan perkembangan teknologi yang menuntut integrasi nilai, ilmu, dan peradaban. Penelitian ini bertujuan merumuskan konsep integratif yang menyatukan epistemologi tauhid, etika kemanusiaan, serta orientasi peradaban sebagai dasar pengembangan pendidikan Islam kontemporer yang holistik dan relevan. Metode penelitian yang digunakan adalah library research, melalui penelaahan kritis terhadap berbagai literatur, teori, dan hasil penelitian terdahulu guna menyusun sintesis konseptual yang komprehensif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dikotomi ilmu muncul dari pemisahan epistemologi yang berakibat pada lemahnya kohesi antara sains modern dan nilai Islam, sehingga pendidikan Islam kehilangan daya integratifnya. Temuan lain menegaskan bahwa integrasi ilmu iman peradaban dapat menjadi solusi konseptual untuk membangun pendidikan Islam yang mampu merespons tantangan teknologi digital, krisis moral, serta perubahan sosial global. Analisis literatur juga memperlihatkan bahwa berbagai model integrasi sebelumnya masih bersifat parsial dan belum menyentuh aspek peradaban sebagai kerangka besar pembentukan manusia unggul. Penelitian ini menawarkan model integratif yang memadukan pengetahuan ilmiah, nilai spiritual, dan visi peradaban dalam satu paradigma pendidikan. Kesimpulannya, integrasi ini memiliki implikasi penting dalam membangun pendidikan Islam yang visioner, berkelanjutan, dan mampu melahirkan generasi berkarakter holistik.
References
Aini, Q., Noviani, D., & Aina, Q. (2024). Teori Ilmiah dalam Konsep Pendidikan Islam. Peshum: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 4(1), 630–637.
Aji, S., & Idris, M. (2021). Integrasi Sains dan Teknologi dalam Sistem Pendidikan Islam Menurut Pandangan Al-Qur’an. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 4(1), 127–144.
Anggoro, S. (2025). Transformasi Digital Menuju Modernisasi: Sekolah Strategi dan Implementasi. PT. Media Penerbit Indonesia.
Balika, Y. A. (2025). Transformasi Pendidikan Islam di Era Digital: Telaah Pemikiran Yusuf Al-Qaradawi. Jurnal Pendidikan Nusantara, 10(1), 115–127.
Cahyani, A., & Masyithoh, S. (2023). Kontribusi Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasardi Era Revolusi Industri 4.0. Al-Rabwah: Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(1), 61–72.
Daniyarti, W. D., Mapata, Fatihin, M. K., & Suyitno. (2024). Pendidikan Karakter: Konsep, Model, Desain, dan Strategi Membentuk Kepribadian Anak. PT. Literasi Nusantara Abadi Grup.
Daryanto, D., & Ernawati, F. (2024). Integrasi Moral dan Etika dalam Pendidikan Agama Islam. Dinamika: Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman, 9(1), 15–31.
Dayusman, E. A., & Nazaruddin. (2025). Paradigma Pendidikan Islam Kontemporer: Reinterpretasi Tujuan, Kurikulum, dan Relevansi Sosial. Ahdaf: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 1–10.
Faisal, M. (2024). Pendidikan Agama Islam Sebagai Upaya Membentuk Akhlak Siswa. Religion: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 3(3), 152–167.
Faruqi, A. R. Al, Ropitasari, A., & Lutfi. (2024). Integrasi Ilmu Pengetahuan dalam Pendidikan Islam (Analisis Pemikiran KH. Ahmad Sanusi dalam Tafsir Tamsiyat Al-Muslimin dan Malja’ Al-Thalibin). Edumulya: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 87–103.
Fatmawati. (2022). Dikotomi Ilmu Pengetahuan dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Soko Guru, 2(1), 76–87.
Hakiki, K. M., Suntiah, R., Mursidin, Fauzi, I., & Korlin, F. N. A. R. (2025). Kebijakan Pendidikan Islam di Indonesia: Tantangan, Peluang, dan Implikasinya. Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 9(1), 60–74.
Hamidah, D. (2021). Pendidikan Islam Berbasis Nilai Tauhid. Tsamratul -Fikri, 15(2), 183–194.
Hamzah, A. (2022). Metode Penelitian Keperpustakaan (Library Research). Rajawali Press.
Hidayat, S. (2021). Integrasi Nilai Islam dalam Pendidikan: Pembelajaran Integratif di SMA Islam Al-Muttaqin. Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, 16(1), 141–156.
Hidayat, S., Rama, B., & Mahmud, M. N. (2023). Mengenal Dikotomi Ilmu. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 3(2), 115–126.
Hidayati, A., Auliani, S. N., Iswanto, T., & Nurhikmah, E. (2025). Pendidikan Islam sebagai Sarana Pengembangan Masyarakat berdasarkan SDGS ke-4. Moral : Jurnal kajian Pendidikan Islam, 2(2), 328–343.
Kurniasih, N., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2024). Core Ethical Values Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-nilai Islam. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(4), 5617–5626.
Lingga, S. (2025). Metode Pembelajaran Interaktif dalam Pendidikan Agama Islam: Menyiapkan Guru PAI Menghadapi Tantangan Abad 21. Jurnal Edukatif, 3(1), 107–116.
Medinah, H. (2024). Transformasi Kurikulum PAI: Integrasi Keterampilan Abad 21. Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Riset, 2(3), 375–384.
Minarti, S. (2013). Ilmu Pendidikan Islam: Fakta Teoretis-Filosofis dan Aplikatif-Normatif. Amzah.
Miswanto, & Halim, A. (2023). Inovasi dalam Kurikulum Pendidikan Islam untuk Meningkatkan Karakter dan Etika Siswa. Journal on Education, 6(1), 17279–17287.
Mukarromah, Arsyillah, B. T., & Fauzah, N. (2024). Integrasi Indoor dan Outdoor Learning pada Praktik Pengalaman Lapangan Program Studi Pendidikan Agama Islam. El-Banat: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 14(1), 59–76.
Muzakki, Z. (2023). Integrasi Ilmu Ekonomi Islam dan Pendidikan Agama Islam Era Society 5.0. I-Best: Islamic Banking & Economic Law Studies, 2(3), 51–74.
Nadirah, S. (2025). Kurikulum Pendidikan Islam Integratif: Menghubungkan Ilmu Agama dan Ilmu Modern. Jurnal Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 16(1), 78–91.
Nakhma’ussolikhah, Kurniawan, F. A., Mustain, & Nulloh, I. I. (2025). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter dan Etika Siswa di Madrasah Aliyah Al-Hikmah Ciruas Serang Banten. Reflection: Islamic Education Journal, 2(3), 338–345.
Nisa, C. K., Putri, N. S. A., Hasanudin, I., & Nazib, F. M. (2025). Peran Pendidikan dalam Membangun Sikap Moderasi Beragama di Kalangan Mahasiswa. Advances In Education Journal, 1(4), 288–302.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Herlinawati, Walida Husna, Nur Hoini, Hidayatun Nisak, Nabila Zahira Shofa, Wahyuni Kurnia, Nurrita, Muhammad Haikal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







This work is licensed under a