Deep Learning Kurikulum Berbasis Cinta Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Zahra Mumtaza Prodi Pendidikan Bahasa Arab, UIN Raden Fatah Palembang
  • Khoirin Aliyah Prodi Pendidikan Bahasa Arab, UIN Raden Fatah Palembang
  • Ahmad Zainuri Prodi Pendidikan Bahasa Arab, UIN Raden Fatah Palembang
  • Frika Fatimah Z Prodi Pendidikan Bahasa Arab, UIN Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.61104/qz.v2i2.439

Keywords:

Kurikulum Berbasis Cinta, Deep Learning, Madrasah Ibtidaiyah, Mahabbah, Pendidikan Islam

Abstract

Artikel ini bertujuan mengkaji secara komprehensif integrasi antara deep learning dan Kurikulum Berbasis Cinta (KBC) pada jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI) sebagai paradigma baru pendidikan Islam yang humanis, reflektif, dan berorientasi pada pembentukan insan kamil. Konsep deep learning (pembelajaran mendalam) memfokuskan pada keterlibatan emosional dan reflektif peserta didik, sedangkan Kurikulum Berbasis Cinta menempatkan mahabbah (cinta) sebagai fondasi spiritual dan nilai moral dalam proses pendidikan. Kajian ini disusun berdasarkan pendekatan studi pustaka terhadap tiga sumber utama: penelitian Hapsari (2025) tentang Kurikulum Cinta dan pembelajaran mendalam di madrasah; penelitian Waliya Purnama Sari, Ahmad Zainuri, dan Saiful Annur (2025) tentang implementasi Kurikulum Berbasis Cinta di SMA Islam Az-Zahrah Palembang; serta studi Abidin, Zainuri, dan Yasir (2025) tentang peningkatan mutu pendidikan di MI Hijriyah 2 Palembang melalui pendekatan holistik. Hasil sintesis menunjukkan bahwa integrasi antara KBC dan deep learning mampu memperkuat karakter peserta didik, menciptakan budaya belajar yang menyenangkan, dan meningkatkan kualitas pendidikan dasar Islam. Namun, tantangan utama yang dihadapi meliputi keterbatasan kompetensi guru, fasilitas teknologi, serta belum adanya instrumen evaluasi nilai cinta yang terstandar.

References

Abidin, M., Zainuri, A., & Yasir, M. G. (2025). Peningkatan mutu pendidikan melalui pendekatan holistik di MI Hijriyah 2 Palembang. Palembang: UIN Raden Fatah.

Hapsari, R. (2025). Kurikulum Cinta dan pembelajaran mendalam di madrasah: Studi implementatif model pedagogik reflektif. Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia.

Purnama Sari, W., Zainuri, A., & Annur, S. (2025). Implementasi Kurikulum Berbasis Cinta di SMA Islam Az-Zahrah Palembang. Jurnal Pendidikan Islam Humanis, 4(1), 55–72.

Zainuri, A. (2025). Kurikulum Berbasis Cinta sebagai paradigma humanistik pendidikan Islam. Palembang: UIN Raden Fatah.

Downloads

Published

2025-12-01

How to Cite

Zahra Mumtaza, Khoirin Aliyah, Ahmad Zainuri, & Frika Fatimah Z. (2025). Deep Learning Kurikulum Berbasis Cinta Madrasah Ibtidaiyah. QAZI : Journal of Islamic Studies, 2(2), 536–544. https://doi.org/10.61104/qz.v2i2.439

Issue

Section

Articles