Rahmah El Yunusiyyah: Srikandi Pendidikan dari Minangkabau yang Menggugat Patriarki Melalui Kurikulum
DOI:
https://doi.org/10.61104/qz.v2i2.416Keywords:
Rahmah El Yunusiyyah, pendidikan Islam, kesetaraan gender, patriarki, kurikulumAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perjuangan Rahmah El Yunusiyyah dalam memperjuangkan pendidikan Islam bagi perempuan di tengah sistem patriarki masyarakat Minangkabau. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pemikiran Rahmah El Yunusiyyah melalui kurikulum Madrasah Diniyah Putri sebagai bentuk resistensi terhadap dominasi patriarki dalam pendidikan Islam. Metode penelitian yang digunakan ialah library research dengan pendekatan kualitatif-deskriptif melalui analisis isi terhadap berbagai literatur primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum Diniyah Putri dirancang secara integratif dengan memadukan ilmu agama, ilmu umum, dan keterampilan hidup (life skills) sebagai upaya pemberdayaan perempuan. Nilai-nilai keislaman dan humanisme dalam kurikulum ini tidak hanya membentuk karakter religius, tetapi juga mendorong kemandirian dan kepemimpinan perempuan di ruang publik. Selain itu, gagasan Rahmah menegaskan pentingnya pendidikan sebagai sarana perubahan sosial yang menegakkan kesetaraan dan keadilan gender. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pendidikan Rahmah El Yunusiyyah relevan untuk dijadikan inspirasi dalam pengembangan kurikulum Islam yang inklusif, humanis, dan berkeadilan gender di era modern.
References
Adib, M. A. (2022). Rahmah El Yunusiyah: Konsep Pendidikan Agama Islam dan Relevansinya di Abad-21. Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman, 21(2), 99–112.
Afifah, A. N., Ade Syifani Nurmaidah, Fajriani, F., Muhammad Azhar, & Hajam, H. (2024). Internalisasi Kesadaran Gender dalam Pendidikan Agama Islam: Pendekatan Holistik untuk Pengembangan Karakter. Indonesian Journal of Action Research, 3(1), 15–24. https://doi.org/10.14421/ijar.2024.31-02
Arwan Dermawan, Eka Putra Wirman, & Sarwan Sarwan. (2024). Gagasan Pemikiran Rahmah El-Yunusiyah tentang Pendidikan Islam bagi Perempuan. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 2(6), 123–134. https://doi.org/10.61132/jbpai.v2i6.619
Eliza, D. N., & Sari, H. P. (2024). Pemikiran Edukatif Syaikhah Rahmah Elyunusiyyah : Meretas Jalan Pendidikan yang Humanis dan Islami. Jurnal Kependidikan, (August), 15–16.
Fia Khamidatul Maula, Rahma Safina, Arizal Fatur Rahmadika, & Mu’alimin Mu’alimin. (2024). Implementasi Nilai-Nilai Islam dalam Mendorong Kesetaraan Gender di Pendidikan: Studi Literatur dan Studi Kasus. Hikmah : Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 1(4), 182–190. https://doi.org/10.61132/hikmah.v1i4.310
Firmansyah, F. (2022). Kesetaraan Pendidikan Perspektif Rahmah El-Yunusiyah. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 114–127. https://doi.org/10.46963/alliqo.v7i2.586
Hamdani, Warsah, I., Amin, A., & Adisel. (2022). Management of Life Skills Education in Tsanawiyah Madrasah, Muara Bangkahulu District. Budapest International Research and Critics Institute Journal, 5(1), 998–1006. Retrieved from https://www.bircu-journal.com/index.php/birci/article/view/3701
Hasanah, F. J., & Firmansyah, D. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 247–255. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1959
Hotman, F., Damanik, S., Sukmana, O., & Winarjo, W. (2025). Sosiologi Kritis dan Transformasi Pendidikan: Menggugat Ketidaksetaraan Gender di Indonesia. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(2 Mei), 2031–2048. Retrieved from https://mail.jurnaldidaktika.org/contents/article/view/2142
Imellya Junita, Thahira, A., Putri3, N. A. D., Valencia, H., & Sandora, L. (2025). Peran Perempuan Dalam Sistem Matrilineal Minangkabau: Tinjauan Dari Perspektif Feminisme dan Budaya Islam, 15(2).
Inayati, N., Masithoh, A. D., & Mudlofir, A. (2024). Pengintegrasian Kurikulum Madrasah Diniyah Pada Sekolah Formal. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 10(1), 77. https://doi.org/10.24014/potensia.v10i1.29911
Kusumawati, I., & Nurfuadi. (2024). Integrasi Kurikulum Pesantren Dalam Kurikulum Nasional Pada Pondok Pesantren Modern. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 2(01), 1–7. https://doi.org/10.58812/spp.v2i01.293
Lopes Cardozo, M. T. A., Affiat, R. A., Zaman, F., Irawani, M., & Srimulyani, E. (2022). Silent struggles: women education leaders’ agency for peacebuilding in Islamic schools in post-conflict Aceh. Journal of Peace Education, 19(2), 158–181. https://doi.org/10.1080/17400201.2022.2052826
Mad Sa’i. (2015). Pendidikan Islam Dan Gender. Islamuna: Jurnal Studi Islam, 2(1), 118–138. https://doi.org/10.19105/islamuna.v2i1.657
Mastur, A. (2022). Integrasi Kurikulum di Pendidikan Diniyah Formal (PDF) Wustho Al Fithrah Surabaya. Tarbawi, 10(2), 165–183. https://doi.org/10.36781/tarbawi.v10i2.215
Mighfaza, M. H., & Huriani, Y. (2023). Pemikiran Rahmah El Yunusiyah dalam Membangun Pendidikan Islam bagi Perempuan di Indonesia. Jurnal Iman Dan Spiritualitas, 3(4), 587–594. https://doi.org/10.15575/jis.v3i4.31009
Mufuka, K. (2023). Gender , faith , and education : A study of five Muslim women in the United Arab Emirates as they struggled to overcome gender social and religious prejudices, 13(1), 1–11.
Nasution, M. I. S., Lubis, H. S. D., & Tanjung, Y. (2022). Rahmah El Yunusiyah: Tokoh Pembaharuan Pendidikan di Kalangan Perempuan Minangkabau, 1923-1969. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 6(2), 277–284. https://doi.org/10.30743/mkd.v6i2.5810
Novita Dyah Islamiyyah, Nur Rahmadani Fitri, & Herlini Puspika Sari. (2025). Peran Pendidikan Islam dalam Mewujudkan Kesetaraan Gender. Jurnal IHSAN Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 213–220. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.943
Rahmatul Hayati, Salmah, A., Juliandani, A., Astuti, H., & Aisiah. (2025). Rahmah el yunusiyah tokoh perempuan ranah minang serta perannya dalam dakwah islam, 2(4), 766–770.
Rahmayanti, E., Kuswandi, D., & Wedi, A. (2025). The Role of Rahmah El Yunusiyah in Educational Transformation: A Literature Review. Journal of Practice Learning and Educational Development, 5(1), 78–87. https://doi.org/10.58737/jpled.v5i1.389
Sanah, B. F., Nafisah, I. W., Mukmina, M. Z., Cholid, S. A., & Prayoga, T. A. (2021). Implementasi Keadilan Gender Di Pondok Pesantren Sabilurrosyad Kota Malang. Jurnal Sosiologi Reflektif, 16(1), 113–132. https://doi.org/10.14421/jsr.v16i1.1774
Saputri, R. E., Amril, Gusti, E., & Nurjannah. (2024). Under The Shadow of Patriarchy: Women Position in Minangkabau Matrilineal System. AJIS: Academic Journal of Islamic Studies, 9(2), 393–411. https://doi.org/10.29240/ajis.v9i2.10149
Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science, 6(1), 41–53. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555
Setiawan, A. M., Hidayati, N., Hasanah, U., & Khairunnisa, B. W. (2024). The Minangkabau Woman Against Discrimination: Rahmah El Yunusiyyah’s Islamic Education Thoughts (1900-1969). NALAR: Jurnal Peradaban Dan Pemikiran Islam, 8(1), 1–23. https://doi.org/10.23971/njppi.v8i1.7835
Srimulyani, E., Firdaus, Sarwan, Hanani, S., & Hayati, S. (2025). Women and Muslim Education in West Sumatra, Indonesia. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 25(1), 151–167. https://doi.org/10.22373/jiif.v25i1.21850
Sunarti, V., & Solfema, S. (2021). Rangkayo Syaikhah Rahmah El Yunusiyyah: A Non-formal Education Reformer from West Sumatera. Digital Press Social Sciences and Humanities, 7, 00020. https://doi.org/10.29037/digitalpress.47410
Ulaini, N., & Handayani, S. (2023). Pendidikan Perempuan di Minangkabau pada Era Politik Etis (1901-1942). … Journal of History and History Education, 5(2). Retrieved from https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/tarikhuna/article/view/7339%0Ahttps://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/tarikhuna/article/viewFile/7339/3758
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nur Aini, Khairunnisa Tazkia, Siti Khoriah Fitriani, Herlini Puspika Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







This work is licensed under a