Ontologi Dan Epistemologi Pendidikan Agama Islam Dalam Menghadapi Hoaks Dan Krisis Literasi Digital

Authors

  • Rima Nurhavsyakh Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Putri Ramadhon Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Dwi Herliani Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Herlini Puspika Sari Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.61104/qz.v2i2.396

Keywords:

Pendidikan Agama Islam, ontologi, epistemologi, literasi digital, penangkal hoaks

Abstract

Di era digital, arus informasi yang cepat telah memicu krisis literasi digital yang ditandai dengan maraknya penyebaran hoaks dan misinformasi. Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran strategis dalam memperkuat kesadaran kritis peserta didik melalui landasan ontologis dan epistemologis yang berakar pada filsafat Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana ontologi dan epistemologi pendidikan Islam dapat diintegrasikan ke dalam pembelajaran literasi digital guna menangkal hoaks dan meningkatkan kompetensi epistemik siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan yang menelaah literatur otoritatif dari jurnal, buku, dan sumber digital terpercaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ontologi PAI memandang manusia sebagai makhluk rasional dan bertanggung jawab yang aktif membangun pengetahuan dalam realitas fisik maupun digital, sementara epistemologi menekankan pentingnya verifikasi (tabayyun), validasi etis, serta pencarian kebenaran berdasarkan wahyu dan akal. Integrasi nilai-nilai ini dalam pembelajaran PAI melalui problem-based learning, latihan cek fakta, dan diskusi etika digital terbukti meningkatkan literasi kritis dan kesadaran moral siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penguatan nilai ontologis dan epistemologis Islam dalam pendidikan menjadi kunci untuk membentuk peserta didik yang literat digital, beretika, dan kritis dalam menghadapi misinformasi di era post-truth

References

Abadi, M. H. R., Sari, H. P., & Azhar, M. Z. (2025). Literasi Media Dalam Pendidikan Islam : Strategi Membangun Kesadaran Kritis Dan Menghadapi Hoax Di Era Digital. 2(April), 539–542.

Abd. Syukur, Alya Fadilla, Hafiz Nawafil Kifli, I. T. A. S., & Muhammad Dzu Al Nun Mubaraq, N. H. (2025). PERAN LITERASI MEDIA DALAM MEMERANGI BERITA HOAX PADA MEDIA SOSIAL. 11(1), 1–14. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/28459981/%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.resenv.2025.100208%0Ahttp://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps:

Abdul Muqtadir, T. (2025). Epistemologi Pendidikan Agama Islam ( Konstruksi Pengetahuan dan Metodologi Pengetahuan ). 1.

Ade Nurpriatna, Yanti Amalia Afifah, & Neng Wina Shalehah. (2025). Pendidikan Islam dan Literasi Digital: Strategi Mengatasi Hoaks dan Konten Negatif di Kalangan Remaja Muslim. TA’DIB: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 104–113. https://doi.org/10.69768/jt.v3i1.71

Ali, M., Farih, A., Ayubi, S. Al, & Rosa, A. (2025). Rusydiah : Jurnal Pemikiran Islam Transforming Religious Authority : Islamic Epistemology in the Digital Age. 6(1), 19–37.

Ali Ma’sum, M. M., & Khuriyah. (2025). Implementasi Literasi Digital pada Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jurnal Riset Rumpun Agama Dan Filsafat, 4(1), 525–536.

Andria, N. R., Aprison, W., Islam, P. A., Syekh, U. I. N., & Djambek, D. (2025). Ontologi Pendidikan Islam dan Relevansi terhadap Gen Z di Dunia Pendidikan Perspektif Al-Farabi. 9, 22013–22019.

Annisa Anggraini, Afif Usaid, & Gusmaneli Gusmaneli. (2025). Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Membangun Literasi Digital Islami di Tengah Maraknya Hoaks. Jurnal Yudistira : Publikasi Riset Ilmu Pendidikan Dan Bahasa, 3(2), 232–241. https://doi.org/10.61132/yudistira.v3i2.1783

Asyibli, B., Ibtihal, A. A., & Fauzan, M. F. (2025). Epistemological Dimensions in Islamic Educational Philosophy : A Critical Analysis. 6(01), 69–84.

Aurana, tarwilah, S. (2023). FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM(ONTOLOGI, EPISTEMOLOGI, DAN AKSIOLOGI)SEBAGAI LANDASAN PENDIDIKAN ISLAM.

Burhanuddin, Bintang Arif Samudra, Mat Amin, & Salminawati. (2025). Filsafat Pendidikan Islam di Era Digital: Membangun Karakter Religius di Tengah Arus Teknologi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 3(4), 5443–5451. https://doi.org/10.31004/jerkin.v3i4.1434

El-Yunusi, M. Y. M., Yasmin, P., & Mubarok, L. (2023). Ontologi Filsafat Pendidikan Islam (Studi Kasus: Bahan Ajar Penerapan Literasi pada Peserta Didik). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 6614–6624. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2800

Hasbi, A. Z. E. (2023). FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM(ONTOLOGI, EPISTEMOLOGI, DAN AKSIOLOGI)SEBAGAI LANDASAN PENDIDIKAN ISLAM. Accident Analysis and Prevention, 183(2), 153–164.

Hidayatullah, A. S., Sholikah, M., Hadi, I. A., & Nugroho, W. (2025). Strategies for Strengthening Digital Islamic Religious Education in Overcoming Religious Disinformation. Journal of English …, 10(3), 254–262. https://mail.jele.or.id/index.php/jele/article/view/896%0Ahttps://mail.jele.or.id/index.php/jele/article/download/896/445

Imron, A., Landasan, M., Integrasi, T., & Dan, O. (2025). Membangun landasan teori integrasi ontologi dan epistemologi dalam desain pembelajaran pai. 2(1), 152–162.

Ishak, E. (2024). PENGUATAN LANDASAN EPISTEMOLOGI DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SEKOLAH DASAR UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER SISWA. 3(2), 291–310.

Kapek, S. A., Sari, G., & Barat, L. (2025). REORIENTASI PENDIDIKAN ISLAM DALAM ERA DIGITAL : TELAAH TEORITIS DAN STUDI LITERATUR. 19(1), 56–64.

Khasanah, T. L., Rose Annafajrin, V., Rizal Nur Rizky, M., Irham Arifudin, F., Nabil Athallah, M., Studi Pendidikan Akuntansi, P., Ekonomika dan Bisnis, F., Negeri Semarang, U., Studi Pendidikan Jasmani, P., Rekreasi, dan, & Ilmu Keolahragaan, F. (2025). Analisis Literasi Digital Masyarakat Indonesia Terkait Hoaks Libur Sekolah Saat Ramadhan Tahun 2025. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(6), 406–412. https://doi.org/10.62017/merdeka

Lubis, F., Salminawati, S., Usiono, U., & ... (2024). Analytical Study on Integration of Islamic Science in Indonesia Based on Ontology, Epistemology, and Axiology. Southeast Asian Journal …, 06(02), 209–224. https://journal.uinsi.ac.id/index.php/SAJIE/article/view/8655%0Ahttps://journal.uinsi.ac.id/index.php/SAJIE/article/download/8655/2849/

Mar, N. A. (2024). Integration of Technology and Islamic Education in the Digital Era : Challenges , Opportunities and Strategies. 1(1), 1–8.

Maulana, A. (2023). Literasi Digital Dalam Mencegah Penyebaran Konten Hoaks Pada Aparatur Pemerintah Desa. JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 186. https://doi.org/10.52434/jpm.v2i1.2506

Ningrum, U. D., Syahdan, M. T., & ... (2025). Penguatan Pendidikan Islam di Era Post-Truth: Peran Literasi Media dalam Menangkal Distorsi Informasi. Robbayana: Jurnal …, 3, 1–16. https://journal.attaqwa.ac.id/index.php/Robbayana/article/view/69%0Ahttps://journal.attaqwa.ac.id/index.php/Robbayana/article/download/69/50

Nisa, K. (2024). Peran Literasi di Era Digital Dalam Menghadapi Hoaks dan Disinformasi di Media Sosial. Impressive: Journal of Education, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.61502/ijoe.v2i1.75

Nur Anisa, U. (2025). Lemahnya Integrasi Literasi Digital dalam Pembelajaran PAI: Tinjauan Pustaka pada Lingkup Sekolah. Advances in Education Jurnal, 01(05), 522–528.

Nurfazri, M., Irwansyah, F. S., Lukman, F., Ruhullah, M. E., & Marinda, S. M. (2024). Digital Literacy in Education: An Analysis of Critical Thinking Culture for Preventing the Hoaxes. Jurnal Perspektif, 8(1), 1. https://doi.org/10.15575/jp.v8i1.268

Nurhabibi, N., Arifannisa, A., & Ismail, D. (2025). Strategi Lembaga Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakter Siswa di Era Digital. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.59818/jpi.v5i2.1527

Putra, A. A., & Yunianika, I. T. (2025). Rethinking Islamic Education in the Digital Age : Toward a Philosophical Framework for Cyber-Based Distance Learning Meninjau Ulang Pendidikan Islam di Era Digital : Upaya Merumuskan Kerangka Filsafati Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Siber. 6(1), 105–121.

Rachmawati, T. S., & Agustine, M. (2021). Information literacy skills as an effort to prevent hoaxes about health information on social media. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 9(1), 99.

Rahmat, A., & Utomo, P. (2025). Pendidikan dan Bimbingan Keagamaaan Berbasis Literasi Digital: Strategi Pemanfaatan Teknologi dalam Menanamkan Islam Moderat dalam Keberagamaan. Jurnal Indonesia Studi Moderasi Beragama, 2(1), 24–34. https://doi.org/10.64420/jismb.v2i1.212

Ratnawati, R. (2025). Filsafat Pengetahuan & Metodologi Ilmiah.

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin. 17(33), 81–95.

Rizka Zulmi, Ardila Putri Noza, Reza Anke Wandira, & Gusmaneli Gusmaneli. (2024). Pendidikan Islam Berbasis Digitalisasi. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Agama Islam, 2(2), 192–205. https://doi.org/10.61132/jmpai.v2i2.181

Saeful Bahri, Alip Toto Handoko, & Ahmad Faqih Udin. (2024). ONTOLOGI ILMU PENGETAHUAN PERSPEKTIF ISLAM (Hirarki Wujud Menurut Al-Farabi dan Perbandingannya dengan Barat). Qolamuna : Jurnal Studi Islam, 9(02), 108–121. https://doi.org/10.55120/qolamuna.v9i02.1716

Salsa Nurhabibah, Herlini Puspika Sari, & Siti Fatimah. (2025). Pendidikan Karakter di Era Digital: Tantangan dan Strategi dalam Membentuk Generasi Berakhlak Mulia. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Agama Islam, 3(3), 194–206. https://doi.org/10.61132/jmpai.v3i3.1099

Salsabila, U. H., Iftakhuzzulfa, A., & Tsani, F. H. ibnu. (2024). Transformasi Pendidikan Islam untuk Generasi Z: Peran Teknologi dalam Ruang Kelas. Kaunia: Integration and Interconnection Islam and Science Journal, 19(2), 55–61. https://doi.org/10.14421/kaunia.4380

Saputra, A. H., Hermawan, A. H., & Priatna, T. (2024). Integrasi Epistemologi Keilmuan Islam dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam pada Sekolah. 26–31.

Solihin, M., Mubarok, M. Z., & Rohanda, R. (2024). Islamic Education in an Ontological Perspective. East African Scholars Journal of Education, Humanities and Literature, 7(12), 424–428. https://doi.org/10.36349/easjehl.2024.v07i12.005

Udin, T., Inayah, S., Hamid, S., Hidayat, A., Aeni, A. N., Ratnawati, E., Huriyah, & Jubaedi, A. (2025). Pendidikan Karakter Tanpa Kekerasan (Issue June). https://www.researchgate.net/publication/393073993

Downloads

Published

2025-12-01

How to Cite

Nurhavsyakh, R., Ramadhon, P., Herliani, D., & Puspika Sari, H. (2025). Ontologi Dan Epistemologi Pendidikan Agama Islam Dalam Menghadapi Hoaks Dan Krisis Literasi Digital. QAZI : Journal of Islamic Studies, 2(2), 470–483. https://doi.org/10.61104/qz.v2i2.396

Issue

Section

Articles