Penerapan Metode Think Pair Share Pada Pembelajaran PAI Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Terpadu Tarbiyatun Nasyi’in Paculgowang Diwek Jombang

Authors

  • Nur Ramadhani Universitas Hasyim Asy'ari
  • Khoirul Umam Universitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.61104/qz.v2i1.255

Abstract

Riset ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan metode Think Pair Share (TPS) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) serta dampaknya terhadap tingkat partisipasi belajar siswa kelas VIII di SMP Tarbiyatun Nasyi’in Paculgowang, Diwek, Jombang. TPS merupakan salah satu pendekatan pembelajaran kooperatif yang mencakup tiga tahap utama: berpikir mandiri, berdiskusi berpasangan, dan mempresentasikan hasil diskusi kepada seluruh kelas. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan metode Think Pair Share (TPS) terbukti secara signifikan dapat meningkatkan keaktifan dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Kepercayaan diri siswa juga meningkat karena mereka memiliki kesempatan untuk mempersiapkan diri dalam diskusi kecil sebelum berbicara di forum kelas. Selain itu, pemahaman siswa terhadap materi PAI menjadi lebih mendalam dan terstruktur. Guru berfungsi sebagai fasilitator yang membantu kelancaran diskusi serta membangun lingkungan belajar yang dinamis dan menyenangkan. Dengan demikian, pendekatan Think Pair Share terbukti efektif sebagai pendekatan untuk mewujudkan pembelajaran yang interaktif dan kolaboratif di lingkungan sekolah

References

Fatmawati, Retno, and Rini Agustini. “Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Model Kooperatif Tipe Think Pair Share,” 2023, 951–68

Ferdianto, Tobi. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) Dalam Pendidikan Agama Islam.” Al-Bustan: Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 1 (2024): 14–32. https://doi.org/10.62448/ajpi.v1i1.51.

Masduki, Ahmad. “Efektivitas Metode Think Pair Share Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa.” TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam 3, no. 2 (2020): 27. https://doi.org/10.30659/jpai.3.2.27-36.

Mulyono, Sunhaji, and Wahab. “Implementasi Strategi Pembelajaran Koorperatif Think Pair Share (TPS)Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Kependidikan 9, no. 2 (2021): 325–35.

Sari, Lia Armalita, Arsil, and Hendra Budiono. “Https://Www.Jppipa.Unram.Ac.Id/Index.Php/Jcar/Article/View/5864.” Review Pendidikan Dan Pengajaran 3, no. 3 (2023): 373–80.

Sulardi, Sulardi. “Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Untuk Meningkatkan Keteramplan Kerjasama Dan Hasil Belajar Siswa.” Journal of Elementary School (JOES) 3, no. 2 (2020): 73–84. https://doi.org/10.31539/joes.v3i2.1867.

Downloads

Published

2025-06-17

How to Cite

Ramadhani, N., & Umam, K. (2025). Penerapan Metode Think Pair Share Pada Pembelajaran PAI Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Terpadu Tarbiyatun Nasyi’in Paculgowang Diwek Jombang. QAZI : Journal of Islamic Studies, 2(1), 97–106. https://doi.org/10.61104/qz.v2i1.255

Issue

Section

Articles