Strategi Perencanaan Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Pada Peserta Didik

Authors

  • Lutfia Hafni Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Meyniar Albina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.61104/qazi.v1i1.186

Abstract

PBL dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa hakikat dari strategi pembelajaran problem based learning, apa pentingnya strategi pembelajaran problem based larning dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis peserta didik, bagaimana tahapan dari strategi pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis peserta didik, bagaimana penerapan strategi pembelajaran problem based learning, dan apa saja kelebihan dan kekurangan dari strategi pembelajaran problem based learning. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode Library Research dimana penulis menggunakan data dan informasi yang dikumpulkan dari berbagai literatur. Hasil penelitian ini menemukan bahwa pendekatan pembelajaran berbasis masalah, juga dikenal sebagai PBL, dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Strategi ini memberi siswa masalah yang sulit yang harus mereka selesaikan baik secara individu maupun dalam kelompok. Siswa diajari untuk menemukan masalah, mengumpulkan informasi, menganalisis, dan merumuskan solusi selama tahap-tahap PBL. penelitian menunjukkan bahwa penggunaan PBL dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berpikir kritis, pemecahan masalah, komunikasi, dan kolaborasi. PBL juga memberi mereka kesempatan untuk belajar secara mandiri dan mengambil tanggung jawab atas proses pembelajaran mereka sendiri.

References

Astuti, W. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 5(2), 123-130

Cahyani, H. D., Hadiyanti, A. H. D., & Saptoro, A. (2021). Peningkatan Sikap Kedisiplinan dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(3), 919–927. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.472

Djonomiarjo, T. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 39. https://doi.org/10.37905/aksara.5.1.39-46.2019

Meilasari, S., Damris M, D. M., & Yelianti, U. (2020). Kajian Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran di Sekolah. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 3(2), 195–207. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v3i2.1849

Najoan, R. A. O., Tahiru, Y. S., Kumolontang, D. F., & Tuerah, R. M. (2023). Penerapan Model Problem based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(2), 1268–1278. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.5005

Nurhadi, R. & Astuti, S. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(4), 68-82.

Pratiwi, E. T., & Setyaningtyas, E. W. (2020). KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROLEM- BASED LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING. 4(2).

Rahmawati, E., & Santoso, B. (2020). Implementasi Problem-Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 42-55.

Sari, D. & Wijaya, A. (2021). Efektivitas Problem-Based Learning dalam Meningkatkan Motivasi dan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Sains, 10(1), 45-58.

Susilowati, D., & Handayani, R. (2019). Analisis Kelebihan dan Kekurangan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 6(3), 210-215.

Utami, R. (2021). Strategi Perencanaan Pembelajaran Berbasis Problem-Based Learning. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(2), 101-112.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Lutfia Hafni, & Meyniar Albina. (2024). Strategi Perencanaan Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Pada Peserta Didik. QAZI : Journal of Islamic Studies, 1(1), 234–249. https://doi.org/10.61104/qazi.v1i1.186

Issue

Section

Articles