Analisis Teoritis Tujuan Pembelajaran Berdasarkan Taksonomi Bloom
DOI:
https://doi.org/10.61104/qazi.v1i2.93Abstract
Taksonomi Bloom merupakan alat yang efektif untuk merancang tujuan pembelajaran yang bertujuan meningkatkan keterampilan kognitif siswa. Penilitian ini bertujuan untuk menganalisis secara teoritis bagaimana tujuan pemeblajaran berdasarkan Taksonomi Bloom. Metode penelitian ini berbasis pada kajian kepustakaan (literatur review) dengan membaca beberapa buku yang terkait dengan subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Taksonomi Bloom menjadikan pembelajaran yang lebih terstruktur, terutama pada tingkat kognitif yang lebih tinggi seperti evaluasi dan penciptaan. Namun terdapat tantangan dalam menyelaraskan tujuan pembelajaran dengan penilaian, khususnya dalam mengukur keterampilan berfikir kritis. Studi ini juga menemukan bahwa teknologi dapat membantu guru dalam memantau ketercapaian tujuan pembelajaran secara lebih efektif. Oleh karena itu, implementasi Taksonomi Bloom yang tepat dapat memperbaiki tujuan pembelajaran secara keseluruhan dengan mendorong pengembangan berfikir kritis dan kreatif siswa.
References
Christy Antony Sami, J., & Arumugam, U. (2020). A Descriptive Analysis of Student’s Learning Skills Using Bloom’s Revised Taxonomy. Journal Of Computer Science, 16(2), 183–193. https://doi.org/10.3844/jcssp.2020.183.193
Grebin, N., Grabovska, S., Karkovska, R., & Vovk, A. (2020). Applying Benjamin Bloom’s Taxonomy Ideas in Adult Learning. The Journal Of Education, Culture, and Society, 11(1), 61–72. https://doi.org/10.15503/jecs2020.1.61.72
Larsen, T. M., Endo, B. H., Yee, A. T., Do, T., & Lo, S. M. (2022). Probing Internal Assumptions of the Revised Bloom’s Taxonomy. CBE Life Sciences Education, 21, 21(4). https://doi.org/10.1187/cbe.20-08-0170
Omar, N., Sufi Haris, S., Hassan, R., Arshad, H., & Rahmat, M. (2012). Automated Analysis Of Exam Questions According to Bloom’s Taxonomy. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 59, 297–303. https://doi.org/10.1016/J.SBSPRO.2012.09.278
Prasad. (2021). Evaluating Student Performance based on Bloom’s Taxonomy Levels. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1797/1/012063
Sapkota, A. (2022). Relevancy of Revised Bloom’s Taxonomy in School-Level English Language Curriculum. NELTA Bagmati Journal, 3(2). https://doi.org/10.3126/nbj.v3i1.53413
Shaikh, S., Muhammad Daudpotta, S., & Shariq Imran, A. (2021). Bloom’s Learning Outcomes’ Automatic Classification Using LSTM and Pretrained Word Embeddings. IEEE Access, 9, 117887–117909. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2021.3106443
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Silva Amanda Putri, Meyniar Albina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.