Analisis Teoritis Tujuan Pembelajaran Berdasarkan Taksonomi Bloom

Authors

  • Silva Amanda Putri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Meyniar Albina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.61104/qazi.v1i2.93

Abstract

Taksonomi Bloom merupakan alat yang efektif untuk merancang tujuan pembelajaran yang bertujuan meningkatkan keterampilan kognitif siswa.  Penilitian ini bertujuan untuk menganalisis secara teoritis bagaimana tujuan pemeblajaran berdasarkan Taksonomi Bloom. Metode penelitian ini berbasis pada kajian kepustakaan  (literatur review) dengan membaca beberapa buku yang terkait dengan subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Taksonomi Bloom menjadikan pembelajaran yang lebih terstruktur, terutama pada tingkat kognitif yang lebih tinggi seperti evaluasi dan penciptaan. Namun terdapat tantangan dalam menyelaraskan tujuan pembelajaran dengan penilaian, khususnya dalam mengukur keterampilan berfikir kritis. Studi ini juga menemukan bahwa teknologi dapat membantu guru dalam memantau ketercapaian tujuan pembelajaran secara lebih efektif. Oleh karena itu, implementasi Taksonomi Bloom yang tepat dapat memperbaiki tujuan pembelajaran secara keseluruhan dengan mendorong pengembangan berfikir kritis dan kreatif siswa.

References

Christy Antony Sami, J., & Arumugam, U. (2020). A Descriptive Analysis of Student’s Learning Skills Using Bloom’s Revised Taxonomy. Journal Of Computer Science, 16(2), 183–193. https://doi.org/10.3844/jcssp.2020.183.193

Grebin, N., Grabovska, S., Karkovska, R., & Vovk, A. (2020). Applying Benjamin Bloom’s Taxonomy Ideas in Adult Learning. The Journal Of Education, Culture, and Society, 11(1), 61–72. https://doi.org/10.15503/jecs2020.1.61.72

Larsen, T. M., Endo, B. H., Yee, A. T., Do, T., & Lo, S. M. (2022). Probing Internal Assumptions of the Revised Bloom’s Taxonomy. CBE Life Sciences Education, 21, 21(4). https://doi.org/10.1187/cbe.20-08-0170

Omar, N., Sufi Haris, S., Hassan, R., Arshad, H., & Rahmat, M. (2012). Automated Analysis Of Exam Questions According to Bloom’s Taxonomy. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 59, 297–303. https://doi.org/10.1016/J.SBSPRO.2012.09.278

Prasad. (2021). Evaluating Student Performance based on Bloom’s Taxonomy Levels. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1797/1/012063

Sapkota, A. (2022). Relevancy of Revised Bloom’s Taxonomy in School-Level English Language Curriculum. NELTA Bagmati Journal, 3(2). https://doi.org/10.3126/nbj.v3i1.53413

Shaikh, S., Muhammad Daudpotta, S., & Shariq Imran, A. (2021). Bloom’s Learning Outcomes’ Automatic Classification Using LSTM and Pretrained Word Embeddings. IEEE Access, 9, 117887–117909. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2021.3106443

Downloads

Published

2024-10-20

How to Cite

Silva Amanda Putri, & Meyniar Albina. (2024). Analisis Teoritis Tujuan Pembelajaran Berdasarkan Taksonomi Bloom. QAZI : Journal of Islamic Studies, 1(1), 11–15. https://doi.org/10.61104/qazi.v1i2.93

Issue

Section

Articles