Strategi Pembelajaran Sains Untuk Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.61104/qazi.v1i2.5Abstract
Pembelajaran sains melatih kemampuan anak untuk mengenal berbagai gejala benda dan gejala peristiwa. Anak dilatih untuk melihat, meraba, membau, merasakan, mendengar dan mengecap. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan strategi pembelajaran sains untuk anak usia dini. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan studi kepustakaan, diama seluruh data diambil melalui penelitian terdahulu berupa jurnal dan buku. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Semakin banyak keterlibatan indra dalam belajar, anak semakin memahami apa yang dipelajari. Pembelajaran sains untuk anak usia dini dapat mengembangkan berbagai keterampilan seperti keterampilan sosial emosional, keterampilan proses ilmiah dan keterampilan mengelompokkan atau klasifikasi, membantu anak menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari, melatih keuletan dan ketelitian, membangun kemampuan berfikir dan memicu kreativitas. tentunya pembelajaran sains untuk anak dilakukan menggunakan strategi dalam menyampaikan materi ajar kepada peserta didik, beragam strategi digunakan yang disesuaikan dengan kebutuhan atau disesuaikan dengan materi pembelajaran.
References
Izzuddin, A. (2019). Sains dan pembelajarannya pada anak usia dini.
Mursid, (2015) Pengembangan Pembelajaran PAUD. Bandung:Rosda Karya.
Mursid, M. A., & Nur, N. (2015). Belajar dan pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Putri, S. U. (2019). Pembelajaran sains untuk anak usia dini. Upi sumedang press.
Saputra, A. (2018). Pendidikan anak pada usia dini. At-Ta'dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 192-209.
Shaifudin, A., & Nugrawiyati, J. (2022). Strategi Pembelajaran Sains Anak Usia Dini. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 7(1), 111-121.
Sujiono, dkk.(2008). Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta. Universitas Terbuka
Tatminingsih, S., & Cintasih, I. (2016). Hakikat anak usia dini. Perkembangan dan konsep dasar pengembangan anak usia dini, 1, 1-65.
Undang-undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Yulianti, Dwi (2010). Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT Indeks
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lisdiyana, Hasan Syahrizal, Anita Kurniasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.