Strategi Pembelajaran Sains Untuk Anak Usia Dini

Authors

  • Lisdiyana STAI Madinatun Najah Rengat, Riau
  • Hasan Syahrizal Institut Agama Islam Ar-Risalah Inhil, Riau
  • Anita Kurniasari Institut Agama Islam Yasni Bungo, Jambi

DOI:

https://doi.org/10.61104/qazi.v1i2.5

Abstract

Pembelajaran sains melatih kemampuan anak untuk mengenal berbagai gejala benda dan gejala peristiwa. Anak dilatih untuk melihat, meraba, membau, merasakan, mendengar dan mengecap. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan strategi pembelajaran sains untuk anak usia dini. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan studi kepustakaan, diama seluruh data diambil melalui penelitian terdahulu berupa jurnal dan buku. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Semakin banyak keterlibatan indra dalam belajar, anak semakin memahami apa yang dipelajari. Pembelajaran sains untuk anak usia dini dapat mengembangkan berbagai keterampilan seperti keterampilan sosial emosional, keterampilan proses ilmiah dan keterampilan mengelompokkan atau klasifikasi, membantu anak menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari, melatih keuletan dan ketelitian, membangun kemampuan berfikir  dan memicu kreativitas.  tentunya pembelajaran sains untuk anak dilakukan menggunakan strategi dalam menyampaikan materi ajar kepada peserta didik, beragam strategi digunakan yang disesuaikan dengan kebutuhan atau disesuaikan dengan materi pembelajaran.

References

Izzuddin, A. (2019). Sains dan pembelajarannya pada anak usia dini.

Mursid, (2015) Pengembangan Pembelajaran PAUD. Bandung:Rosda Karya.

Mursid, M. A., & Nur, N. (2015). Belajar dan pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Putri, S. U. (2019). Pembelajaran sains untuk anak usia dini. Upi sumedang press.

Saputra, A. (2018). Pendidikan anak pada usia dini. At-Ta'dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 192-209.

Shaifudin, A., & Nugrawiyati, J. (2022). Strategi Pembelajaran Sains Anak Usia Dini. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 7(1), 111-121.

Sujiono, dkk.(2008). Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta. Universitas Terbuka

Tatminingsih, S., & Cintasih, I. (2016). Hakikat anak usia dini. Perkembangan dan konsep dasar pengembangan anak usia dini, 1, 1-65.

Undang-undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Yulianti, Dwi (2010). Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT Indeks

Downloads

Published

2025-03-02

How to Cite

Lisdiyana, Hasan Syahrizal, & Anita Kurniasari. (2025). Strategi Pembelajaran Sains Untuk Anak Usia Dini. QAZI : Journal of Islamic Studies, 1(2), 52–62. https://doi.org/10.61104/qazi.v1i2.5

Issue

Section

Articles