Penerapan Pemikiran Inovatif Serta Penerapan Konsep Etika Dan Adab Dalam Pembelajaran Moral di Lingkungan Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.61104/qz.v1i2.4Abstract
Etika dan adab merupakan perilaku atau akhlak seseorang baik perilaku buruk maupun baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan pemikiran inovatif serta penerapan konsep etika dan adab dalam pembelajaran moral di lingkungan pendidikan. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan studi kepustakaan, dimana seluruh data diambil melalui buku dan jurnal ilmiah. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa Penerapan dari pemikiran inovatif dalam pembelajaran moral di lingkungan pendidikan dapat dilakukan dengan metode yang kreatif, seperti halnya diskusi interaktif, studi kasus, permainan peran, dan teknologi digital. Hal ini juga membantu siswa memahami nilai-nilai moral dengan cara-cara yang jauh lebih menarik dan relevan. Moralitas dan etika saling terkait. Semua perspektif dan tindakan yang berhubungan dengan dunia alam berada di bawah cakupan etika yang luas. Perbuatan baik dan buruk seseorang, serta etika dan tata krama mereka, semuanya merupakan bagian dari unit yang sama. Pendidikan moral menekankan pada tata krama yang baik, pentingnya memiliki panutan yang positif, dan pengembangan kebiasaan sopan dan penghargaan terhadap prinsip-prinsip moral.
References
Afand, Ahmad, Putri Nirmala, Tata Nuraeni Navia, Velita Nurain, Ayunda eka Sari, Lusiana, and others, ‘Konsep Etika, Moral, Dan Akhlak Terpuji Dalam Islam Dan
Ardiansyah, Maisah, & Lukman, H. (2023). Analisis SWOT dan Pemetaan Strategi Lembaga Pendidikan Islam (Studi di SMAN 1 Bungo Provinsi Jambi). Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 39–58.
Dian, K., Maisah, & Lukman, H. (2023). Strategi Lembaga Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Standar Operasional Pendidikan (Studi di MTsN 3 Tulungagung, Jambi). Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(1), 83–98.
Getar, R. P., Su’aidi, & Minnah, E. W. (2023). Meramalkan Kebijakan Pendidikan Islam Dalam Menguatkan Penanaman Nilai-Nilai Islam Pada Lembaga Pendidikan Islam. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 59–70.
Hasan, S., Iskandar, & Martinis, Y. (2023). Perspektif Psikologi Pendidikan Dalam Manajemen Pendidikan Islam. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 1–9.
Hidayati, N., & Purnamasari, R. (2021). Model Kurikulum Berbasis Kompetensi dalam Pendidikan Tinggi. Jurnal Kompetensi, 15(4), 452-465.
Indra, W. F. F., & Syahrizal, H. (2023). Digitalisasi Lembaga Pendidikan dalam Menghadapi Perkembangan dan Kemajuan Teknologi Informasi Dunia Pendidikan. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 26–38.
Implementasinya Dalam Kehidupan Sehari-Hari’, Jurnal Inovasi Pendidikan, 7.5 (2024), pp. 152–60 <https://ojs.co.id/1/index.php/jip/article/view/1266>
Beno, J, A.P Silen, and M Yanti, ‘No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における健康関連指標に関する共分散構造分析Title’, Braz Dent J., 33.1 (2022), pp. 1–12
Hayatunnisa Hayatunnisa, Jenika Fejrin, Milki Salwa Nor Azizah, Muhamad Ilham, Wayan
Gastiadirrijal, Syahidin Syahidin, and others, ‘Konsep Etika Dan Moralitas Sebagai
Materi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam’, ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2.2 (2024), pp. 77–84, doi:10.59246/alfihris.v2i2.765
Lansford, Jennifer E., ‘Bobo Doll Experiment’, Encyclopedia of Personality and Individual Differences, 2016, pp. 1–3, doi:10.1007/978-3-319-28099-8_1214-1
Rubini, Rubini, ‘Pendidikan Moral Dalam Perspektif Islam’, Al-Manar, 8.1 (2019), pp. 225– 71, doi:10.36668/jal.v8i1.104
Sari, Elvia Siskha, Azmi Fitrisia, and Ofianto Ofianto, ‘Filsafat Nilai Moral Dalam Pandangan Islam’, El-Afkar, 11.2 (2022), pp. 252–62
TAS’ADI, RAFSEL, ‘Pentingnya Etika Dalam Pendidikan’, Ta’dib, 17.2 (2016), p. 189, doi:10.31958/jt.v17i2.272
Wulandari Wangi Ni Kadek, Fridari Diah Ayu I Gusti, ‘Jurnal Inovasi Pendidikan’, Jurnall
Inovasi Pendidikan, 6.1 (2024), pp. 52–61
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Anisa, Andi Nurfadilah, Elfiana, Nur Arrum, Deassy Arestya Saksitha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.