Peningkatan Pemahaman Konsep Bilangan Bulat Melalui Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Game Edukatif Pada Siswa Kelas 5 di MI Kiswah

Authors

  • Isropil Siregar Institut Agama Islam Hidayatullah Batam
  • Tengku Salmah Institut Agama Islam Hidayatullah Batam
  • Salsabila Khairunnisa Institut Agama Islam Hidayatullah Batam
  • Andi Nurfadilah Institut Agama Islam Hidayatullah Batam

DOI:

https://doi.org/10.61104/qazi.v1i1.39

Abstract

Aplikasi game edukatif memungkinkan siswa untuk mempelajari materi dengan pendekatan yang menarik dan kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep bilangan bulat melalui penerapan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi game edukatif pada siswa kelas 5 di MI Kiswah. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan tes pretest serta posttest. Kepraktisan media pembelajaran dinilai melalui keterlaksanaan pembelajaran dan respon siswa, sedangkan efektivitasnya dianalisis melalui peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian diharapkan dapat menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi game edukatif dapat meningkatkan keterlibatan siswa, memotivasi mereka untuk belajar, serta memperbaiki pemahaman konsep bilangan bulat melalui visualisasi, interaksi aktif, dan umpan balik instan. Penelitian ini juga memberikan gambaran mengenai kendala yang dihadapi dan solusi yang diterapkan selama proses pembelajaran berlangsung.

References

Arigunawan, I. M. ., Sukajaya, I. ., & Suryawan, I. P. P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Game Edukasi Pada Pokok Bahasan Bilangan Bulat Untuk Siswa Kelas Vii. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 9(1), 19–31.

Ariyani Raharjo, A. S., Rufi’i, R., & Hartono, H. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Bermuatan Game Edukasi Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 7(2), 441–452. https://doi.org/10.29100/jipi.v7i2.2823

Batubara, H. H. (2015). Penelitian Penelitian Pengembangan Media PembelajaranInteraktif pada Materi Operasi Bilangan Bulat Pengembangan Media PembelajaranInteraktif pada Materi Operasi Bilangan Bulat INFORMASI. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 1–12.

Dewi, S. R., & Haryanto, H. (2019). Pengembangan multimedia interaktif penjumlahan pada bilangan bulat untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 9(1), 9. https://doi.org/10.25273/pe.v9i1.3059

Gisca Zalfa Hansa, & Ibnu Muthi. (2024). Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Dasar Dalam Operasi Bilangan Bulat Menggunakan Media Koin Bermuatan. Katalis Pendidikan : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Matematika, 1(3), 187–194. https://doi.org/10.62383/katalis.v1i3.587

Marogi, A., Hidayat, S., Guru, P., Dasar, S., Pendidikan, U., Kampus, I., & Pendahuluan, A. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Flash Model Simulasi pada Materi Pengenalan Konsep Bilangan Bulat. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 292–302.

Munte, R. S., Anwar, K., & Siregar, I. (2024). Inovasi Guru Melalui Transformasi Digital di Sekolah Berbasis Islam. 7, 8900–8908.

Nurdiyanti, S., Mulyadi, M., & Fatimah, F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Bilangan Bulat Berbasis Android pada Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 8(2), 453–458. https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3380

Qosyim, A., & Priyonggo, F. V. (2018). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Flash Untuk Materi Sistem Gerak Pada Manusia Kelas Viii. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2(2), 38. https://doi.org/10.26740/jppipa.v2n2.p38-44

Siregar, I., & Ilhamsyah, R. (2024). Penerapan Model Penelitian Tindakan Kelas untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Karakter. 2(1), 56–64. https://doi.org/10.38073/aijis.v2i1.1904

Siregar, I., & Romiyanti, R. (2023). Manajemen Perubahan Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 di Pondok Pesantren Salafiyah Ula Imam Syafi’i Kota Batam. TADRIBUNA: Journal of Islamic Education Management, 2(1), 66–81. https://doi.org/10.61456/tjiec.v2i1.85

Downloads

Published

2024-10-20

How to Cite

Isropil Siregar, Tengku Salmah, Salsabila Khairunnisa, & Andi Nurfadilah. (2024). Peningkatan Pemahaman Konsep Bilangan Bulat Melalui Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Game Edukatif Pada Siswa Kelas 5 di MI Kiswah. QAZI : Journal of Islamic Studies, 1(1), 38–47. https://doi.org/10.61104/qazi.v1i1.39

Issue

Section

Articles