Manajemen Strategik Pendidikan Islam: Analisis Konsep Dasar dan Relevansinya dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.61104/qz.v2i1.369Keywords:
Manajemen strategis, Pendidikan Islam, Pengembangan lembagaAbstract
Pendidikan Islam menghadapi tantangan kompleks di era globalisasi dan digitalisasi sehingga diperlukan strategi pengelolaan yang adaptif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep dasar manajemen strategis pendidikan Islam dan relevansinya dalam pengembangan lembaga pendidikan. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan melalui telaah literatur internasional dan nasional yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan manajemen strategis mampu memperkuat visi, misi, dan tujuan lembaga pendidikan Islam sehingga lebih responsif terhadap dinamika global, inovatif dalam pembelajaran, serta berkelanjutan dalam pengelolaan sumber daya. Temuan ini menegaskan pentingnya penerapan manajemen strategis berlandaskan nilai-nilai Islam agar lembaga pendidikan mampu melahirkan generasi yang unggul, berkarakter, dan berdaya saing global. Implikasi penelitian ini dapat menjadi rujukan praktis bagi pengelola pendidikan Islam dalam merumuskan kebijakan strategis yang berorientasi mutu
References
Alharbi, A. (2018). Manajemen strategis di perguruan tinggi: Sebuah studi kasus. Jurnal Manajemen Pendidikan Internasional, 32 (4), 681–691. https://doi.org/10.1108/IJEM-05-2017-0130.
Ali, A., & Ismail, HN (2020). Praktik perencanaan strategis di lembaga pendidikan: Tinjauan kritis. Jurnal Administrasi Pendidikan, 58 (6), 621–635. https://doi.org/10.1108/JEA-01-2019-0005.
Amin, M. (2017). Pendidikan Islam dan tantangan kontemporernya: Pendekatan strategis. Jurnal Studi dan Kebudayaan Islam, 5 (2), 12–23. https://doi.org/10.15640/jisc.v5n2a2.
Arar, K., & Haj-Yehia, K. (2019). Kepemimpinan strategis dalam pendidikan: Perspektif lintas budaya. Administrasi & Kepemimpinan Manajemen Pendidikan, 47 (5), 719–735. https://doi.org/10.1177/1741143218764172.
Asiyai, RI (2020). Strategi manajemen yang efektif untuk meningkatkan penjaminan mutu di pendidikan tinggi. Jurnal Internasional Kepemimpinan dalam Pendidikan, 23 (3), 270–285. https://doi.org/10.1080/13603124.2019.1629629.
Bashori, B. (2021). Penguatan manajemen strategis pada lembaga pendidikan Islam. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 18 (2), 233–247. https://doi.org/10.34001/tarbawi.v18i2.2503.
Daft, RL (2019). Teori dan desain organisasi (edisi ke-13). Cengage Learning.
Hidayat, R., & Firmansyah, D. (2020). Strategi manajemen pendidikan Islam di era disrupsi. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 4 (1), 45–58. https://doi.org/10.30631/jpii.v4i1.153.
Hussein, A., & Al-Tarawneh, M. (2017). Praktik manajemen strategis di universitas-universitas Yordania. Jurnal Bisnis dan Manajemen Internasional, 12 (3), 123–133. https://doi.org/10.5539/ijbm.v12n3p123.
Iqbal, M., & Khan, S. (2018). Perencanaan strategis dan lembaga pendidikan Islam: Sebuah langkah ke depan. Jurnal Pemikiran dan Peradaban Islam, 8 (2), 45–60. https://doi.org/10.32350/jitc.82.03.
Mansir, F., & Karim, A. (2021). Konsep manajemen strategis dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5 (1), 123–136. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v5i1.1726.
Mintzberg, H., Ahlstrand, B., & Lampel, J. (2019). Safari Strategi: Tur Terpandu Melintasi Alam Liar Manajemen Strategis (edisi ke-3). Pearson.
Mok, KH, & Neubauer, D. (2016). Tata kelola pendidikan tinggi dan manajemen strategis di Asia. Jurnal Pendidikan Asia Pasifik, 36 (1), 1–8. https://doi.org/10.1080/02188791.2016.1148852.
Rahman, F. (2020). Integrasi manajemen strategis dengan pendidikan Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5 (2), 145–160. https://doi.org/10.21043/jmpi.v5i2.7980.
Rusdiana, A., & Hidayat, A. (2019). Strategi manajemen dalam pengembangan pendidikan Islam . Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sagala, S. (2018). Manajemen strategis dalam peningkatan kualitas pendidikan . Jakarta: Kencana.
Sari, DP, & Nurhayati, N. (2022). Implementasi manajemen strategis di madrasah aliyah. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 15 (1), 1–14. https://doi.org/10.20414/tarbiyatuna.v15i1.3310.
Syafii, M., & Anwar, M. (2021). Inovasi manajemen strategi pendidikan Islam pada era revolusi industri 4.0. Manajeria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6 (2), 245–260. https://doi.org/10.14421/manageria.2021.62-04.
Zaini, A., & Hasanah, U. (2020). Strategi pengembangan lembaga pendidikan Islam berbasis manajemen strategis. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 3 (1), 34–49. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v3i1.331.
Zein, M., & Fitriani, E. (2019). Peran manajemen strategis dalam meningkatkan kualitas lembaga pendidikan. Jurnal Kependidikan Islam, 11 (2), 201–215. https://doi.org/10.24042/jki.v11i2.562.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jamrizal Jamrizal, Iwan Aprianto, Hadiyanto Zulbasri, Ardaini Ardaini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.