Formulasi Strategi Pendidikan Islam dalam Menjawab Tantangan Globalisasi dan Era Digital

Authors

  • Jamrizal Universitas Islam Nusantara Batang Hari
  • Iwan Aprianto Universitas Islam Nusantara Batang Hari
  • Ayu Gita Lestari Universitas Islam Nusantara Batang Hari
  • Dessy Sasmita Universitas Islam Nusantara Batang Hari

DOI:

https://doi.org/10.61104/qz.v2i1.360

Keywords:

Pendidikan Islam, Manajemen Strategik, Globalisasi, Era Digital

Abstract

Pendidikan Islam memiliki peran strategis dalam membentuk karakter, moral, dan identitas generasi muda di tengah tantangan globalisasi dan era digital. Penelitian ini bertujuan mengkaji formulasi strategi pendidikan Islam yang responsif terhadap perubahan zaman melalui pendekatan manajemen strategik yang mencakup perencanaan, implementasi, dan evaluasi. Menggunakan metode kualitatif deskriptif berbasis studi literatur dari buku, artikel jurnal, dan dokumen resmi, kajian ini menyoroti integrasi nilai-nilai Islam dengan kompetensi abad ke-21, penguatan kurikulum integratif, pengembangan kapasitas guru, serta pemanfaatan teknologi pembelajaran yang adaptif. Hasil penelitian menegaskan pentingnya keseimbangan antara penguasaan keterampilan global dan keteguhan pada prinsip tauhid serta akhlak mulia. Strategi ini diyakini mampu menghasilkan generasi muslim yang kompetitif secara global tanpa kehilangan identitas spiritual, sekaligus memperkuat peran pendidikan Islam sebagai benteng moral di tengah arus perubahan yang cepat

References

Al-Attas, S. M. N. (1991). The concept of education in Islam: A framework for an Islamic philosophy of education. Kuala Lumpur: International Institute of Islamic Thought and Civilization (ISTAC).

Ally, M., Grimus, M., & Ebner, M. (2014). Preparing teachers for a mobile world, to improve access to education. Prospects, 44(1), 43–59. https://doi.org/10.1007/s11125-014-9293-2

Azra, A. (2012). Pendidikan Islam: Tradisi dan modernisasi menuju milenium baru. Jakarta: Kencana.

Fattah, N. (2014). Kepemimpinan pendidikan dalam konteks manajemen strategik di era global. Jurnal Administrasi Pendidikan, 21(2), 128–138. https://doi.org/10.17509/jap.v21i2.423

Garrison, D. R., & Vaughan, N. D. (2013). Blended learning in higher education: Framework, principles, and guidelines. San Francisco, CA: Jossey-Bass.

Hariyadi, D. (2023). Strategi pendidikan Islam di era disrupsi digital. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 8(1), 12–20. https://doi.org/10.25299/althariqah.2023.vol8(1).10321

Hashim, R., & Langgulung, H. (2008). Islamic religious curriculum in Muslim countries: The experiences of Indonesia and Malaysia. Bulletin of Education & Research, 30(1), 1–19.

Hasanah, U., & Mulyono, M. (2020). Strategi pendidikan Islam dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 1–14. https://doi.org/10.24042/atjpi.v11i1.6143

Hidayatullah, S. (2017). Konsep pendidikan Islam berbasis nilai dalam menghadapi era global. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 127–138. https://doi.org/10.29313/tjpi.v6i2.3845

Ilyas, M. (2021). Tantangan pendidikan Islam dalam era digitalisasi: Peluang dan strategi. Jurnal Pendidikan Islam Nusantara, 4(2), 141–154. https://doi.org/10.21154/jpin.v4i2.2515

Ismail, H. (2020). Penerapan manajemen strategik dalam pendidikan Islam: Telaah terhadap pengelolaan kurikulum dan sumber daya manusia. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 9(1), 22–34. https://doi.org/10.18326/attajdid.v9i1.22-34

Muhaimin. (2015). Pemikiran dan aktualisasi pengembangan pendidikan Islam. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Mukhibat, M. (2020). Manajemen strategik dalam lembaga pendidikan Islam: Antara tantangan dan peluang. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 68–80. https://doi.org/10.21093/mjmpi.v5i1.2145

Nasution, I. (2022). Kurikulum pendidikan Islam dalam menghadapi era globalisasi. Jurnal Kurikulum dan Pembelajaran Islam, 10(1), 70–81. https://doi.org/10.32505/kpi.v10i1.2319

Ramadan, T. (2017). Islam and the Arab awakening. Oxford: Oxford University Press.

Rohmat, J. (2023). Integrasi pendidikan karakter dan teknologi dalam kurikulum pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Karakter Islam, 7(2), 101–115. https://doi.org/10.23971/jpki.v7i2.5733

Sa’diyah, L. (2021). Reformulasi pendidikan Islam pada era digital: Tantangan dan peluang. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 18(1), 44–59. https://doi.org/10.32832/tarbawi.v18i1.4011

Sahin, A. (2018). New directions in Islamic education: Pedagogy and identity formation. London: Kube Publishing.

Sukardi. (2015). Transformasi pendidikan Islam di tengah modernitas: Kajian atas implementasi strategi pendidikan berbasis nilai. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 75–88. https://doi.org/10.14421/jpi.2015.41.75-88

Wibowo, A. (2022). Peran manajemen strategik dalam menjawab tantangan pendidikan Islam abad 21. Jurnal Manajemen Pendidikan, 16(1), 90–98. https://doi.org/10.21831/jmp.v16i1.45882

Zuhdi, M. (2019). Digitalisasi pendidikan Islam: Peluang dan tantangan. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 55–66. https://doi.org/10.19109/tadrib.v4i1.3113

Downloads

Published

2025-07-31

How to Cite

Jamrizal, Iwan Aprianto, Ayu Gita Lestari, & Dessy Sasmita. (2025). Formulasi Strategi Pendidikan Islam dalam Menjawab Tantangan Globalisasi dan Era Digital. QAZI : Journal of Islamic Studies, 2(1), 384–392. https://doi.org/10.61104/qz.v2i1.360

Issue

Section

Articles