Kepemimpinan Visioner Dalam Pendidikan Islam dan Implikasinya Terhadap Akhlak Siswa di Era Digital

Authors

  • M. Denindra STAI Sirojul Falah
  • Puad Hasan STAI Sirojul Falah

DOI:

https://doi.org/10.61104/qz.v2i1.330

Abstract

Kepemimpinan visioner memiliki peran yang sangat krusial dalam pendidikan Islam, khususnya dalam membentuk karakter dan akhlak peserta didik di era digital yang sarat tantangan moral dan sosial. Pemimpin pendidikan dituntut untuk mampu merumuskan visi jangka panjang yang selaras dengan nilai-nilai keislaman dan relevan dengan dinamika zaman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik kepemimpinan visioner dalam konteks pendidikan Islam, mengeksplorasi implikasinya terhadap pembentukan akhlak siswa, serta mengidentifikasi tantangan dan strategi pemecahan di era digital. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan deskriptif-kualitatif yang mengkaji berbagai literatur akademik terkait tema penelitian. Hasil kajian menunjukkan bahwa kepemimpinan visioner mampu menciptakan budaya sekolah yang kondusif, memperkuat nilai-nilai moral Islam, dan meningkatkan literasi digital siswa secara etis. Selain itu, pemimpin visioner dapat menghadirkan solusi inovatif terhadap tantangan digital melalui penguatan kolaborasi, kurikulum adaptif, dan keteladanan moral. Implikasinya, kepemimpinan visioner menjadi fondasi utama dalam mencetak generasi muslim yang unggul secara intelektual, matang secara spiritual, dan luhur akhlaknya di tengah arus transformasi teknologi

References

Bass, B. M., & Riggio, R. E. (2006). Transformational Leadership (2nd ed.). Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates.

Gardner, H. (2006). Five Minds for the Future. Boston, MA: Harvard Business School Press.

Hafizah, N., Zayrin, A., Hanifah, L., & Hidayatullah, A. (2024). Peran kepala sekolah visioner dalam menghadapi tantangan pendidikan era Society 5.0. Jurnal Kepemimpinan Pendidikan Islam, 10(1), 12–22.

Hasan, M. I. (2011). Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Ilhami, F., & Fathoni, M. (2025). Kepemimpinan visioner sebagai kunci pengembangan mutu pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam dan Kepemimpinan, 11(1), 33–45.

Komariah, A. (2010). Visionary Leadership: Menuju Sekolah Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Kouzes, J. M., & Posner, B. Z. (2017). The Leadership Challenge (6th ed.). Hoboken, NJ: Wiley.

Kusumawati, R. (2021). Pendidikan akhlak dan tantangannya di era digital. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(2), 85–96.

Musrin, H. (2022). Kepemimpinan visioner dalam membangun mutu lembaga pendidikan Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 23–34.

Prensky, M. (2015). Teaching Digital Natives: Partnering for Real Learning. Thousand Oaks, CA: Corwin Press.

Rivalina, R. (2014). Sarana TIK dan kepemimpinan dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 43–52.

Romandoni, M., & Efendi, R. (2024). Kepemimpinan visioner dalam pendidikan Islam: Mengintegrasikan teknologi dan nilai akhlak. Jurnal Pendidikan Islam Kontemporer, 8(1), 55–67.

Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter: Konsep, Nilai, dan Aplikasi. Yogyakarta: Pedagogia.

Downloads

Published

2025-08-04

How to Cite

M. Denindra, & Puad Hasan. (2025). Kepemimpinan Visioner Dalam Pendidikan Islam dan Implikasinya Terhadap Akhlak Siswa di Era Digital. QAZI : Journal of Islamic Studies, 2(1), 376–383. https://doi.org/10.61104/qz.v2i1.330

Issue

Section

Articles