Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Karakter Kepemimpinan Pada Siswa Kelas 1 di Sekolah Alam An-Nuriyah Bogor

Authors

  • Kholilah STAI Sirojul Falah Bogor
  • Alek Maulana STAI Sirojul Falah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61104/qz.v2i1.328

Keywords:

Guru PAI, Kepemimpinan Islami, Karakter Siswa, Sekolah Alam

Abstract

Peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membentuk karakter kepemimpinan siswa sangat penting dalam menghadapi tantangan moral generasi muda saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap strategi, tantangan, dan kontribusi guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai kepemimpinan Islami pada siswa kelas 1 Sekolah Alam An-Nuriyah Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam dan dokumentasi, serta analisis data mengacu pada model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI menjalankan peran penting dalam membina karakter kepemimpinan melalui metode keteladanan, pembiasaan, pemberian tanggung jawab, serta integrasi nilai-nilai keagamaan dalam aktivitas pembelajaran dan kegiatan sekolah. Faktor pendukung dalam pembinaan tersebut meliputi kurikulum merdeka, kepemimpinan kepala sekolah, lingkungan sekolah, dan keterlibatan keluarga, sedangkan tantangan yang dihadapi mencakup pengaruh negatif media sosial, rendahnya motivasi siswa, dan kurangnya sarana pendidikan. Temuan ini menegaskan perlunya penguatan sistemik terhadap peran guru PAI dalam membentuk pemimpin muda yang berkarakter Islami sejak jenjang pendidikan dasar

References

Fasya, ahmad Zaki. 2022. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Karakter Siswa Di MI Uwanul Khairiyyah Depok.” Skripsi: 1–103.

Judrah, M, A Arjum, Haeruddin, and Mustabsyirah. 2024. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik.” Journal of Instructional and Development Researches 4(1): 25–37. homepage: https://www.journal.iel-education.org/index.php/JIDeR.

Muslim, Ahmad, and Gita Ramdayani. 2023. “Strategi Guru Penggerak Dalam Membentuk Karakter Kepemimpinan Siswa SMAN I Lembar.” Journal Transformation of Mandalika, e-ISSN: 2745-5882, p-ISSN: 2962-2956 4(7): 66–75.

Sari, Gesti Indah, Ayi Teiri Nurtiani, and Mik Salmina. 2021. “Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun Di Tks It Mina Aceh Besar.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa 2(1): 1–14.

Zulwiddi, Neka. 2024. “Kepemimpinan Guru Pai Dalam Pengembangan Karakter Siswa Di Smp Plus Baabussalam.” An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam 4(1): 11–23.

Fasya, ahmad Zaki. 2022. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Karakter Siswa Di MI Uwanul Khairiyyah Depok.” Skripsi: 1–103.

Judrah, M, A Arjum, Haeruddin, and Mustabsyirah. 2024. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik.” Journal of Instructional and Development Researches 4(1): 25–37. homepage: https://www.journal.iel-education.org/index.php/JIDeR.

Muslim, Ahmad, and Gita Ramdayani. 2023. “Strategi Guru Penggerak Dalam Membentuk Karakter Kepemimpinan Siswa SMAN I Lembar.” Journal Transformation of Mandalika, e-ISSN: 2745-5882, p-ISSN: 2962-2956 4(7): 66–75.

Sari, Gesti Indah, Ayi Teiri Nurtiani, and Mik Salmina. 2021. “Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun Di Tks It Mina Aceh Besar.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa 2(1): 1–14.

Zulwiddi, Neka. 2024. “Kepemimpinan Guru Pai Dalam Pengembangan Karakter Siswa Di Smp Plus Baabussalam.” An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam 4(1): 11–23.

Downloads

Published

2025-07-31

How to Cite

Kholilah, & Alek Maulana. (2025). Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Karakter Kepemimpinan Pada Siswa Kelas 1 di Sekolah Alam An-Nuriyah Bogor. QAZI : Journal of Islamic Studies, 2(1), 345–353. https://doi.org/10.61104/qz.v2i1.328

Issue

Section

Articles