Peran Guru Dalam Menerapkan Pendidikan Budaya Islami Pada Siswa Kelas B Raudhatul Athfal An-Nuriyah Bogor

Authors

  • Muti Rahmawati STAI Sirojul Falah
  • Alek Maulana STAI Sirojul Falah

DOI:

https://doi.org/10.61104/qz.v2i1.325

Keywords:

Guru, Budaya Islami, Anak Usia Dini, Karakter, RA

Abstract

Pendidikan anak usia dini merupakan fase yang sangat penting dalam pembentukan karakter Islami sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru dalam menerapkan budaya Islami kepada siswa kelas B di RA An-Nuriyah Bogor, serta mengevaluasi strategi yang digunakan dan keterlibatan orang tua dalam mendukung nilai-nilai tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berperan sebagai pendidik, pembimbing, dan teladan melalui strategi keteladanan, pembiasaan ibadah, dan metode bercerita yang disesuaikan dengan karakteristik usia anak. Kendala utama yang dihadapi guru mencakup keterbatasan waktu belajar, perkembangan kognitif anak yang bervariasi, dan latar belakang keluarga yang heterogen. Namun, keterlibatan aktif orang tua dalam mendukung pembiasaan nilai Islami di rumah menjadi faktor penting dalam keberhasilan program. Implikasi penelitian ini menegaskan pentingnya sinergi antara guru dan orang tua dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang religius dan mendukung pembentukan karakter Islami secara berkelanjutan.

References

Abudin Nata. (2015). Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat. Jakarta: Kencana.

Aslan, M., & Pong, R. (2023). Strategi Guru dalam Penanaman Nilai-Nilai Islam pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 8(1), 45–57.

Fauziah, S. (2025). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Religius Anak Usia Dini. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 11(1), 22–35.

Hidayatulloh, T., & Fauziyah, N. (2020). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Perspektif Epstein. Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 119–130.

M. (2019). Keteladanan Guru dalam Pendidikan Karakter di Lembaga PAUD Islam. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 89–96.

Muhaimin. (2012). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Rajawali Pers.

Rahman, F. (2019). Model Pembelajaran Berbasis Nilai dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 4(1), 1–12.

Suyadi. (2015). Psikologi Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suyadi. (2018). Psikologi Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pedagogia.

Suyanto, S. (2016). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Syahestio, R., Asril, D., & Sermal, A. (2021). Pengelolaan Budaya Sekolah oleh Guru dalam Meningkatkan Akhlak Siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 55–67.

Tancung, M., Malik, M., & Ma’ruf, A. (2024). Pembiasaan Nilai-Nilai Islam pada Anak Usia Dini melalui Peran Guru dan Lingkungan Sekolah. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 7(1), 31–48.

Warid, A. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Islami dalam Kurikulum RA. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 76–89.

Zakiah Daradjat. (2014). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara

Downloads

Published

2025-07-31

How to Cite

Muti Rahmawati, & Alek Maulana. (2025). Peran Guru Dalam Menerapkan Pendidikan Budaya Islami Pada Siswa Kelas B Raudhatul Athfal An-Nuriyah Bogor. QAZI : Journal of Islamic Studies, 2(1), 354–360. https://doi.org/10.61104/qz.v2i1.325

Issue

Section

Articles