Karakter Dalam Pendidikan Islam; Kajian Konseptual Terhadap Akhlak Mulia Pada Peserta

Authors

  • Karin Anisafitri UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.61104/qz.v2i1.322

Keywords:

Pendidikan Islam, Pendidikan Karakter, Akhlakul Karimah, Sekolah Dasar

Abstract

Fenomena kemerosotan moral yang terjadi di kalangan generasi muda dewasa ini menimbulkan kekhawatiran serius karena berdampak luas terhadap perilaku sosial dan lingkungan pendidikan. Penelitian ini bertujuan mengkaji secara konseptual peran pendidikan Islam dalam pembentukan karakter peserta didik dengan fokus pada internalisasi nilai-nilai akhlakul karimah di sekolah dasar. Pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka digunakan melalui pengumpulan data dari berbagai literatur ilmiah yang relevan dengan pendidikan agama Islam dan pendidikan karakter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berperan strategis sebagai teladan utama dalam menanamkan nilai moral, spiritual, dan sosial yang terintegrasi dalam aktivitas pembelajaran sehari-hari. Pendidikan Agama Islam terbukti mampu membentuk peserta didik berkepribadian luhur, beriman, bertanggung jawab, dan berdaya saing jika didukung oleh kurikulum yang relevan, metode pembelajaran yang tepat, dan keterlibatan aktif keluarga serta lingkungan sekolah. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa pendidikan Islam perlu dirancang secara komprehensif dan berkelanjutan untuk menghadapi tantangan degradasi moral di era modern.

References

Ainissyifa, H. (t.t.). Pendidikan karakter dalam perspektif pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1).

Ali, N. (2022). Peran guru dalam pembentukan karakter siswa melalui pendidikan agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 5(1), 54–63. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v5i1.1680

Cahyani, A., & Masyithoh, S. (2023). Kontribusi pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter siswa sekolah dasar di era revolusi industri 4.0. Al-Rabwah, 17(1), 61–72. https://doi.org/10.55799/jalr.v17i01.253

Cholid Abdurrohman, M. (2022). Perencanaan kurikulum pendidikan Islam. Rayah Al-Islam, 6(1), 11–28. https://doi.org/10.37274/rais.v6i01.524

Furqon, M. (2024). Pembentukan karakter peserta didik melalui pendidikan agama Islam di era revolusi industri 4.0. Jurnal Qosim: Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 2(2), 48–63. https://doi.org/10.61104/jq.v2i2.310

Imamah, Y. H. (2021). Kontribusi guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter siswa. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2).

In’Ratnasari, K., Permatasari, Y. D., & Sholihah, M. (2020). Peran pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter sosial dalam bermasyarakat. Falasifa: Jurnal Studi Keislaman, 11(2), 153–161. https://doi.org/10.36835/falasifa.v11i2.422

Jailani, A., & Rochman, C. (2019). Peran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter jujur pada siswa. Jurnal Pendidikan Islam, 10(2).

Latifah, E. (2023a). Peran guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan karakter siswa. Jurnal Tahsinia, 4(1), 40–48. https://doi.org/10.57171/jt.v4i1.357

Latifah, E. (2023b). Peran guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan karakter siswa. Jurnal Tahsinia, 4(1), 40–48. https://doi.org/10.57171/jt.v4i1.357

Rahmasari, R., Gimri, F. D., Dewianti, A. F., & Wismanto, W. (2024). Penanaman nilai-nilai Islam dalam upaya pembentukan karakter melalui pendidikan agama Islam. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(3), 29–42. https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v2i3.1148

Sari, N. K., & Puspita, L. D. (2019). Implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar. Jurnal Dikdas Bantara, 2(1). https://doi.org/10.32585/jdb.v2i1.182

Sifa, R. M., Harahap, A. A. R., Khairat, M., Rambe, H., Putri, F. W., Ginting, F. A., & Setiani, E. A. (2022). Implementasi budaya dan pendidikan karakter dalam membentuk karakter Islami di SD Nurfadilah. Jurnal Pendidikan Islam, 6.

Yusri, N., Ananta, M. A., Handayani, W., & Haura, N. (2023). Peran penting pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter pribadi yang Islami. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 12–20. https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i2.115

Downloads

Published

2025-08-03

How to Cite

Anisafitri, K. (2025). Karakter Dalam Pendidikan Islam; Kajian Konseptual Terhadap Akhlak Mulia Pada Peserta . QAZI : Journal of Islamic Studies, 2(1), 328–344. https://doi.org/10.61104/qz.v2i1.322

Issue

Section

Articles