Karakter Dalam Pendidikan Islam; Kajian Konseptual Terhadap Akhlak Mulia Pada Peserta
DOI:
https://doi.org/10.61104/qz.v2i1.322Keywords:
Pendidikan Islam, Pendidikan Karakter, Akhlakul Karimah, Sekolah DasarAbstract
Fenomena kemerosotan moral yang terjadi di kalangan generasi muda dewasa ini menimbulkan kekhawatiran serius karena berdampak luas terhadap perilaku sosial dan lingkungan pendidikan. Penelitian ini bertujuan mengkaji secara konseptual peran pendidikan Islam dalam pembentukan karakter peserta didik dengan fokus pada internalisasi nilai-nilai akhlakul karimah di sekolah dasar. Pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka digunakan melalui pengumpulan data dari berbagai literatur ilmiah yang relevan dengan pendidikan agama Islam dan pendidikan karakter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berperan strategis sebagai teladan utama dalam menanamkan nilai moral, spiritual, dan sosial yang terintegrasi dalam aktivitas pembelajaran sehari-hari. Pendidikan Agama Islam terbukti mampu membentuk peserta didik berkepribadian luhur, beriman, bertanggung jawab, dan berdaya saing jika didukung oleh kurikulum yang relevan, metode pembelajaran yang tepat, dan keterlibatan aktif keluarga serta lingkungan sekolah. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa pendidikan Islam perlu dirancang secara komprehensif dan berkelanjutan untuk menghadapi tantangan degradasi moral di era modern.
References
Ainissyifa, H. (t.t.). Pendidikan karakter dalam perspektif pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1).
Ali, N. (2022). Peran guru dalam pembentukan karakter siswa melalui pendidikan agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 5(1), 54–63. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v5i1.1680
Cahyani, A., & Masyithoh, S. (2023). Kontribusi pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter siswa sekolah dasar di era revolusi industri 4.0. Al-Rabwah, 17(1), 61–72. https://doi.org/10.55799/jalr.v17i01.253
Cholid Abdurrohman, M. (2022). Perencanaan kurikulum pendidikan Islam. Rayah Al-Islam, 6(1), 11–28. https://doi.org/10.37274/rais.v6i01.524
Furqon, M. (2024). Pembentukan karakter peserta didik melalui pendidikan agama Islam di era revolusi industri 4.0. Jurnal Qosim: Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 2(2), 48–63. https://doi.org/10.61104/jq.v2i2.310
Imamah, Y. H. (2021). Kontribusi guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter siswa. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2).
In’Ratnasari, K., Permatasari, Y. D., & Sholihah, M. (2020). Peran pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter sosial dalam bermasyarakat. Falasifa: Jurnal Studi Keislaman, 11(2), 153–161. https://doi.org/10.36835/falasifa.v11i2.422
Jailani, A., & Rochman, C. (2019). Peran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter jujur pada siswa. Jurnal Pendidikan Islam, 10(2).
Latifah, E. (2023a). Peran guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan karakter siswa. Jurnal Tahsinia, 4(1), 40–48. https://doi.org/10.57171/jt.v4i1.357
Latifah, E. (2023b). Peran guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan karakter siswa. Jurnal Tahsinia, 4(1), 40–48. https://doi.org/10.57171/jt.v4i1.357
Rahmasari, R., Gimri, F. D., Dewianti, A. F., & Wismanto, W. (2024). Penanaman nilai-nilai Islam dalam upaya pembentukan karakter melalui pendidikan agama Islam. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(3), 29–42. https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v2i3.1148
Sari, N. K., & Puspita, L. D. (2019). Implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar. Jurnal Dikdas Bantara, 2(1). https://doi.org/10.32585/jdb.v2i1.182
Sifa, R. M., Harahap, A. A. R., Khairat, M., Rambe, H., Putri, F. W., Ginting, F. A., & Setiani, E. A. (2022). Implementasi budaya dan pendidikan karakter dalam membentuk karakter Islami di SD Nurfadilah. Jurnal Pendidikan Islam, 6.
Yusri, N., Ananta, M. A., Handayani, W., & Haura, N. (2023). Peran penting pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter pribadi yang Islami. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 12–20. https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i2.115
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Karin Anisafitri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.