Strategi Pengolahan Masalah Dalam Proses Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.61104/qazi.v1i1.31Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengolahan masalah yang dapat diterapkan oleh pendidikan untuk meningkatkan efektifitas proses pembelajaran. pendekatan dalam penelitian ini menggunakan studi kepustakaan, dimana seluruh data diambil melalui buku, jurnal dan dokumen yang berkaitan dengan tema penelitian, teknik analisis data dalam penelitianini dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setiap strategi pengolahan masalah dalam pembelajaran memiliki kunikan dalam pendekatan dan tujuan pembelajarannya. problem-based learning (PBL) sangat efektif untuk mendorong keterlibatan aktif, Inquiry-based Learning memupuk rasa ingin tahu, sementara Collaborative problem solving menekankan kerja sama tim. ketiga strategi ini PBL, IBL, dan CBL memiliki keunikan dan kelebihan masing-masing dalam mendukung proses pembelajaran. PBL lebih terfokus pada pemecahan masalah nyata, IBL lebih menekankan pada proses penelitian dan eksplorasi, sementara CBL berfokus pada interaksi dan kolaborasi antar siswa
References
Arifin, Z. (2021). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Asriani, E. (2023). Penggunaan Model Problem-Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Inovasi, 10(1)
Hamalik, O. (2020). Dasar-Dasar Pendidikan. Bumi Aksara.
Hasanah, U. (2020). Strategi Pembelajaran Aktif untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan, 12(1).
Lestari, R. (2021). Pengaruh Model Problem-Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 7(3)
Mulyasa, E. (2018). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Inquiry. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Kolaboratif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Munte, R. S., Mukhtar, M., Anwar, K., Mahmud, M. Y., & Siregar, I. (2024). Inovasi Guru Melalui Transformasi Digital di Sekolah Berbasis Islam Terpadu. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 8901.
Nurdin, H. (2022). Strategi Reflektif dalam Pengajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Yogyakarta: Deepublish.
Ramdani, D. (2021). Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(3).
Rusman. (2022). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sanjaya, W. (2023). Model Pembelajaran dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Prenada Media.
Siswono, T. Y. E. (2020). Strategi Pembelajaran Matematika Berbasis Inquiry. Yogyakarta: Deepublish.
Supriyadi, S. (2022). Penerapan Model Problem-Based Learning dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1)
Trianto, T. (2021). Model Pembelajaran Inovatif Berbasis Konstruktivisme. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Yulianti, S. (2019). Pembelajaran Inovatif untuk Pendidikan Abad 21. Bandung: Alfabeta.
Yuliana, R. (2022). Inovasi Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan, 10(2)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Isropil Siregar, Anisa Lutvi Mahfurin, Putri Andini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.