Implementasi Konsep Akhlak Islam untuk Penanaman Nilai Etika, Moral, Susila, dan Budi Pekerti pada Anak Usia Sekolah Dasar

Authors

  • Indah Firda Fauziah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.61104/qz.v2i1.309

Keywords:

Akhlak Islam, Pendidikan Karakter, Sekolah Dasar, Etika

Abstract

Pendidikan karakter berbasis nilai akhlak Islam menjadi solusi strategis dalam menghadapi krisis moral yang melanda peserta didik sekolah dasar di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi konsep akhlak Islam dalam penanaman nilai etika pada anak usia sekolah dasar, mengidentifikasi strategi integratif yang efektif, serta mendeskripsikan dampaknya terhadap pembentukan kepribadian siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi pustaka yang menelaah sumber primer (Al-Qur’an dan Hadis) serta literatur sekunder dari jurnal ilmiah dan buku-buku pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai akhlak Islam efektif dilakukan melalui tiga pendekatan utama, yaitu integrasi kurikulum, keteladanan guru, dan penciptaan lingkungan sekolah yang kondusif. Konsep akhlak Islam yang mencakup hubungan dengan Allah, sesama manusia, dan alam terbukti memperkuat aspek religiusitas, kejujuran, tanggung jawab, dan kepedulian sosial siswa. Efektivitas implementasi sangat bergantung pada kualitas guru, sistem sekolah yang mendukung, serta sinergi dengan keluarga dan masyarakat. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan pelatihan guru, kebijakan kurikulum integratif, serta riset lanjutan dalam konteks pendidikan inklusif dan multikultural

References

Alirahman, A. D., Sumantri, M. S., & Japar, M. (2023). The Development of Islamic Religious Education and Character Materials Online Based in Elementary Schools. Journal of Law and Sustainable Development, 11(6), e550. https://doi.org/10.55908/sdgs.v11i6.550

Arif, M., & Chapakiya, S. (2025). Religious (Islamic) Character Education Based on Local Wisdom: Systematic Study 2014-2024. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 8(2), 242–264. https://doi.org/10.30736/atl.v8i2.2312

Ayu Sadewi, & M. Makhrus. (2024). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Di Sekolah Minoritas Muslim Di SMP Negeri 26 Kabupaten Sorong Papua. WISSEN : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(1), 11–25. https://doi.org/10.62383/wissen.v2i1.39

Azizah, N. (2022). Implementing the Value of Character Education in Islamic Religious Education in State Elementary School (SDN) Ciranjang 02 Cianjur. International Journal of Science and Society, 4(2), 118–127. https://doi.org/10.54783/ijsoc.v4i2.455

Badawi Badawi, B. (2023). Pembentukan Karakter Kewirausahaan Dengan Kegiatan Market Day di Sekolah Dasar Soekarno Hatta. Edukasi Lingua Sastra, 21(1), 88–97. https://doi.org/10.47637/elsa.v21i1.647

Badriyah, B. (2025). Rethinking Character Education in Islamic Elementary Schools: Trends, Transformations, and Strategic Solutions in Madrasah Ibtidaiyah. Ta’limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 5(2), 69–83. https://doi.org/10.53515/tdjpai.v5i2.186

Burhanuddin, B., Majid, N., & Hikmawan, R. (2018). Implementation of Character Education Using Islamic Studies in Elementary School Teacher Training. Proceedings of the International Conference on Teacher Training and Education 2018 (ICTTE 2018). https://doi.org/10.2991/ictte-18.2018.71

Fitrianingtyas, A., & Jumiatmoko, J. (2023). Sosialisasi Pentingnya Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di Era Digital. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 336–346. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.193

Frandani, M., Yuhdi, Y., Abdul Aziz, H., Riska, R., & Irmayanti, M. (2024). Urgensi pendidikan adab dan akhlak di sekolah dasar menuju generasi emas 2045. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 5(2), 123–133. https://doi.org/10.32832/itjmie.v5i2.7263

Indriani, I., Putri Pratiwi, A., Jauhara, J., Mukjizat, L., & Fatimah, S. (2023). Analisis Pendidikan Karakteristik Akhlak Anak Usia SD/MI di Era Society 5.0. SIGNIFICANT : Journal Of Research And Multidisciplinary, 1(02), 76–81. https://doi.org/10.62668/significant.v1i02.650

Nurazizah, V. A., & Junaidi. (2025). Effectiveness of Student Character Education in the Digital Age of Elementary Schools: A Systematic Literature Review. International Journal of Elementary Education, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/ijee.v9i1.92656

Ratna Sholihah, Aisyah Hana Robbani, Oktavia Rahmadani, Roza Andini, Mahmud Alfayed, & Wismanto Wismanto. (2025). Membangun Keimanan Anak melalui Pembelajaran Hari Akhir di Sekolah Dasar. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(2), 48–59. https://doi.org/10.61132/jbpai.v3i2.1003

Ratu Balqis, R., & Syaikhu, A. (2023). Distraksi Digital Atau Kemerosotan Literasi Menjelajahi Peran Fomo Dalam Praktik Literasi Sekolah Dasar. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 34–41. https://doi.org/10.62097/au.v5i2.1598

Rinaldho Rinaldho, Robi Agus Pratama, Novrian Ramadhan, Wismanto Wismanto, & Nuradillah Nuradillah. (2024). Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 3(2), 13–25. https://doi.org/10.55606/concept.v3i2.1140

Saepudin, A. (2023). Character Education in Islam: The Role of Teachers in Building Islamic Personality in Elementary Schools. International Journal of Science and Society, 5(5), 1172–1185. https://doi.org/10.54783/ijsoc.v5i5.1266

Shiddiq, A., Ulfatin, N., Imron, A., & Imron, A. (2024). Developing Student Character Education Through Islamic Boarding School Culture In Islamic Elementary Schools. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16(2). https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i2.5260

Somad, M. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Anak. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 171–186. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.882

Suhartono, S., & Rahma Yulieta, N. (2019). Pendidikan Akhlak Anak di Era Digital. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 36–53. https://doi.org/10.51468/jpi.v1i2.9

Windi Alya Ramadhani, Nurul Aini, Zahara Tulhusni, Wismanto Wismanto, & Safa Fakhlef. (2024). Dampak Perhatian Orang Tua Terhadap Perkembangan Akhlak Anak. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 2(2), 276–289. https://doi.org/10.61132/jbpai.v2i2.261

Downloads

Published

2025-07-22

How to Cite

Indah Firda Fauziah. (2025). Implementasi Konsep Akhlak Islam untuk Penanaman Nilai Etika, Moral, Susila, dan Budi Pekerti pada Anak Usia Sekolah Dasar. QAZI : Journal of Islamic Studies, 2(1), 320–327. https://doi.org/10.61104/qz.v2i1.309

Issue

Section

Articles