Ilmu Akhlak Sebagai Penjaga Hati Dan Tindakan: Perspektif Islam Dalam Kehidupan Sehari-Hari
DOI:
https://doi.org/10.61104/qz.v2i1.306Keywords:
Ilmu Akhlak, Hati, Internalisasi Nilai, Pendidikan KarakterAbstract
Ilmu akhlak memiliki peran strategis sebagai kompas moral dalam membentuk integritas spiritual dan sosial umat manusia di era modern yang diwarnai krisis nilai, hedonisme, dan degradasi spiritual. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji fungsi ilmu akhlak sebagai penjaga hati dan pengarah tindakan dari perspektif Islam serta mengeksplorasi model penerapannya dalam konteks kehidupan kontemporer. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi pustaka, melalui analisis sistematis terhadap sumber-sumber ilmiah, buku klasik, dan jurnal bereputasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ilmu akhlak memiliki daya transformatif dalam membangun kesadaran moral, kestabilan emosional, serta relasi sosial yang berkeadilan. Internalisasi nilai akhlak terbukti efektif melalui strategi pembiasaan, keteladanan, lingkungan edukatif, dan media digital yang bernilai. Selain menjadi solusi atas krisis eksistensial modern, ilmu akhlak juga menjadi fondasi dalam pengembangan pendidikan karakter yang integratif dan transpersonal. Implikasi penelitian ini menggarisbawahi pentingnya revitalisasi pendidikan akhlak dalam sistem pendidikan Islam agar mampu menjawab tantangan moral masa kini secara holistik dan adaptif
References
Aji, A., Sitika, A. J., Fatah, A. F., & Tafriji, I. (2024). Akidah Tasawuf (Akhlak, Moral dan Etika): Akhlak, Moral dan Etika. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial, 9(2), 61–68.
Aliyev, R., & Muslim, N. (2023). The role of Islamic ethics in contemporary moral discourse: Reclaiming spirituality for public transformation. Religions, 14(1), 112. https://doi.org/10.3390/rel14010112
Anwar, S., & Nuryana, M. (2019). Nilai pendidikan aqidah akhlak dalam surah al-Baqarah ayat 177 dan al-Nisa ayat 36. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 139–154.
Bennabi, M. (2015). The question of ideas in the Muslim world. International Institute of Islamic Thought.
Berkowitz, M. W. (2020). Educating for character and moral intelligence. Educational Psychologist, 55(3), 120–131. https://doi.org/10.1080/00461520.2020.1784011
Eickelman, D. F. (2022). Media, technology, and the future of Islamic education. Contemporary Islam, 16, 65–80. https://doi.org/10.1007/s11562-021-00470-0
Halstead, J. M., & McLaughlin, T. H. (2022). Are faith schools divisive? The case of moral education. Journal of Moral Education, 51(3), 327–340. https://doi.org/10.1080/03057240.2021.1986783
Hamid, A., Mohd Yusof, N., & Wahab, N. A. (2021). The role of Islamic ethics in social media interactions among youth. Technology in Society, 64, 101477. https://doi.org/10.1016/j.techsoc.2020.101477
Hardiono, H. (2020). Sumber Etika dalam Islam. Jurnal Al-Aqidah, 12(2), 26–36.
Hakim, A. R., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2021). Urgensi Pendidikan Karakter Perspektif Pendidikan Islam. Al-Fikri: Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam, 8(1), 77–92.
Idris, N., Rahman, S. A., & Mohd Noor, M. A. (2020). Internalization of Islamic moral values among secondary school students. Journal of Islamic Educational Research, 5(1), 45–60.
Inglehart, R., & Welzel, C. (2022). Modernization, cultural change, and democracy: The human development sequence (Updated ed.). Cambridge University Press.
Kazemipur, A. (2019). Muslim ethics and multicultural integration in Canada: An empirical perspective. Journal of Muslim Minority Affairs, 39(2), 201–215. https://doi.org/10.1080/13602004.2019.1603807
Lickona, T. (2019). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility (2nd ed.). Bantam Books.
Lovat, T., & Toomey, R. (2020). Moral education through the lens of spirituality. Religious Education, 115(3), 287–298. https://doi.org/10.1080/00344087.2020.1721817
Mansouri, F., & O'Dowd, M. (2023). Digital Islam and the transformation of Muslim youth identities. Journal of Islamic Ethics, 7(2), 51–68. https://doi.org/10.1163/24685542-12340034
Narvaez, D. (2020). Integrative ethical education: Character education for the 21st century. Journal of Character Education, 16(1), 43–63.
Nasser, I., & Abu-Nimer, M. (2021). The influence of Islamic values on teacher-student relationships. Journal of Education and Learning, 10(4), 19–30. https://doi.org/10.5539/jel.v10n4p19
Nasir, M., & Masrur, M. (2022). Religious coping and psychological well-being among practicing Muslims. Journal of Muslim Mental Health, 16(2), 45–60. https://doi.org/10.3998/jmmh.2345
Ramadan, T. (2012). The quest for meaning: Developing a philosophy of pluralism. Penguin.
Roeser, R. W. (2021). The role of contemplative education in cultivating ethical awareness and moral development. Educational Psychologist, 56(1), 45–56. https://doi.org/10.1080/00461520.2020.1862656
Sugiharto, M. S., Barni, M., Khairuddin, A., & Basir, A. (2024). Hati dalam Perspektif Al-Qur’an dan Hadits. Risalah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 10(4), 1822–1832.
View of Pendidikan Akhlak Ibnu Miskawaih dan Imam Al-Ghazali dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter di Indonesia. (n.d.). Retrieved from https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/educan/article/view/XXXX
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siti Balqis Fadillah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.