Ilmu Akhlak Sebagai Penjaga Hati Dan Tindakan: Perspektif Islam Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Authors

  • Siti Balqis Fadillah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Ciputat, Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.61104/qz.v2i1.306

Keywords:

Ilmu Akhlak, Hati, Internalisasi Nilai, Pendidikan Karakter

Abstract

Ilmu akhlak memiliki peran strategis sebagai kompas moral dalam membentuk integritas spiritual dan sosial umat manusia di era modern yang diwarnai krisis nilai, hedonisme, dan degradasi spiritual. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji fungsi ilmu akhlak sebagai penjaga hati dan pengarah tindakan dari perspektif Islam serta mengeksplorasi model penerapannya dalam konteks kehidupan kontemporer. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi pustaka, melalui analisis sistematis terhadap sumber-sumber ilmiah, buku klasik, dan jurnal bereputasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ilmu akhlak memiliki daya transformatif dalam membangun kesadaran moral, kestabilan emosional, serta relasi sosial yang berkeadilan. Internalisasi nilai akhlak terbukti efektif melalui strategi pembiasaan, keteladanan, lingkungan edukatif, dan media digital yang bernilai. Selain menjadi solusi atas krisis eksistensial modern, ilmu akhlak juga menjadi fondasi dalam pengembangan pendidikan karakter yang integratif dan transpersonal. Implikasi penelitian ini menggarisbawahi pentingnya revitalisasi pendidikan akhlak dalam sistem pendidikan Islam agar mampu menjawab tantangan moral masa kini secara holistik dan adaptif

References

Aji, A., Sitika, A. J., Fatah, A. F., & Tafriji, I. (2024). Akidah Tasawuf (Akhlak, Moral dan Etika): Akhlak, Moral dan Etika. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial, 9(2), 61–68.

Aliyev, R., & Muslim, N. (2023). The role of Islamic ethics in contemporary moral discourse: Reclaiming spirituality for public transformation. Religions, 14(1), 112. https://doi.org/10.3390/rel14010112

Anwar, S., & Nuryana, M. (2019). Nilai pendidikan aqidah akhlak dalam surah al-Baqarah ayat 177 dan al-Nisa ayat 36. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 139–154.

Bennabi, M. (2015). The question of ideas in the Muslim world. International Institute of Islamic Thought.

Berkowitz, M. W. (2020). Educating for character and moral intelligence. Educational Psychologist, 55(3), 120–131. https://doi.org/10.1080/00461520.2020.1784011

Eickelman, D. F. (2022). Media, technology, and the future of Islamic education. Contemporary Islam, 16, 65–80. https://doi.org/10.1007/s11562-021-00470-0

Halstead, J. M., & McLaughlin, T. H. (2022). Are faith schools divisive? The case of moral education. Journal of Moral Education, 51(3), 327–340. https://doi.org/10.1080/03057240.2021.1986783

Hamid, A., Mohd Yusof, N., & Wahab, N. A. (2021). The role of Islamic ethics in social media interactions among youth. Technology in Society, 64, 101477. https://doi.org/10.1016/j.techsoc.2020.101477

Hardiono, H. (2020). Sumber Etika dalam Islam. Jurnal Al-Aqidah, 12(2), 26–36.

Hakim, A. R., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2021). Urgensi Pendidikan Karakter Perspektif Pendidikan Islam. Al-Fikri: Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam, 8(1), 77–92.

Idris, N., Rahman, S. A., & Mohd Noor, M. A. (2020). Internalization of Islamic moral values among secondary school students. Journal of Islamic Educational Research, 5(1), 45–60.

Inglehart, R., & Welzel, C. (2022). Modernization, cultural change, and democracy: The human development sequence (Updated ed.). Cambridge University Press.

Kazemipur, A. (2019). Muslim ethics and multicultural integration in Canada: An empirical perspective. Journal of Muslim Minority Affairs, 39(2), 201–215. https://doi.org/10.1080/13602004.2019.1603807

Lickona, T. (2019). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility (2nd ed.). Bantam Books.

Lovat, T., & Toomey, R. (2020). Moral education through the lens of spirituality. Religious Education, 115(3), 287–298. https://doi.org/10.1080/00344087.2020.1721817

Mansouri, F., & O'Dowd, M. (2023). Digital Islam and the transformation of Muslim youth identities. Journal of Islamic Ethics, 7(2), 51–68. https://doi.org/10.1163/24685542-12340034

Narvaez, D. (2020). Integrative ethical education: Character education for the 21st century. Journal of Character Education, 16(1), 43–63.

Nasser, I., & Abu-Nimer, M. (2021). The influence of Islamic values on teacher-student relationships. Journal of Education and Learning, 10(4), 19–30. https://doi.org/10.5539/jel.v10n4p19

Nasir, M., & Masrur, M. (2022). Religious coping and psychological well-being among practicing Muslims. Journal of Muslim Mental Health, 16(2), 45–60. https://doi.org/10.3998/jmmh.2345

Ramadan, T. (2012). The quest for meaning: Developing a philosophy of pluralism. Penguin.

Roeser, R. W. (2021). The role of contemplative education in cultivating ethical awareness and moral development. Educational Psychologist, 56(1), 45–56. https://doi.org/10.1080/00461520.2020.1862656

Sugiharto, M. S., Barni, M., Khairuddin, A., & Basir, A. (2024). Hati dalam Perspektif Al-Qur’an dan Hadits. Risalah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 10(4), 1822–1832.

View of Pendidikan Akhlak Ibnu Miskawaih dan Imam Al-Ghazali dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter di Indonesia. (n.d.). Retrieved from https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/educan/article/view/XXXX

Downloads

Published

2025-07-22

How to Cite

Siti Balqis Fadillah. (2025). Ilmu Akhlak Sebagai Penjaga Hati Dan Tindakan: Perspektif Islam Dalam Kehidupan Sehari-Hari. QAZI : Journal of Islamic Studies, 2(1), 312–319. https://doi.org/10.61104/qz.v2i1.306

Issue

Section

Articles