Perencanaan Pengadaan Dan Kebutuhan Sarana Dan Prasarana di MTs Syirkah Salafiyah

Authors

  • Arinda Azka Lailatul Fitriana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Arifatun Nurus Saadah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Anggun Amelia3 Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Ainur Robithoh T Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Rofiq Hidayat Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

DOI:

https://doi.org/10.61104/qz.v2i1.299

Keywords:

Sarana Prasarana, Perencanaan Pendidikan, Manajemen Madrasah

Abstract

Sarana dan prasarana merupakan elemen penting dalam menunjang mutu pembelajaran di madrasah. Keterbatasan fasilitas sering kali menghambat proses belajar dan menurunkan motivasi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses perencanaan pengadaan dan kebutuhan sarana prasarana di MTs Syirkah Salafiyah, dengan fokus pada identifikasi tahapan perencanaan, evaluasi efektivitas pelaksanaan, serta perumusan strategi pengelolaan yang optimal. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif studi kasus, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan dilakukan secara sistematis dan partisipatif, meskipun masih menghadapi kendala seperti keterbatasan anggaran, birokrasi, dan keterbatasan SDM. Strategi optimalisasi yang diterapkan antara lain adalah pemetaan skala prioritas, digitalisasi inventaris, serta kemitraan eksternal. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengelolaan sarana prasarana yang adaptif dan kontekstual mampu meningkatkan efektivitas pembelajaran dan mutu kelembagaan madrasah.

References

Bararah, I. (2020). Pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 10(2), 351–370.

Fitri, T., Harianja, K. N., Simarmata, Y., & Turnip, H. (2022). Pentingnya administrasi sarana dan prasarana pendidikan. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 1(4), 186–195. https://doi.org/10.30640/dewantara.v1i4.462

Huda, M. (2019). Manajemen pendidikan: Konsep dan aplikasi dalam pengelolaan lembaga pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.

Ibrahim, T., Nurstalis, N., & Abdurrohim, N. (2021). Peran manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMP Islam Cendekia Cianjur. Jurnal ISEMA: Islamic Educational Management, 6(1), 63–76. https://doi.org/10.15575/isema.v6i1.6579

Jarmita, N., & Nelliraharti, N. (2025). Pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Journal of Education Science, 11(1), 35–43. https://doi.org/10.33143/jes.v11i1.4793

Kurniasih, I. (2018). Administrasi pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Pahrudin, A., & Thahir, H. A. (2022). Manajemen pendidikan Islam. Lampung: UIN Raden Intan.

Purwanto, N. (2016). Administrasi dan supervisi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Rahmawati, D. (2023). Peran kepala madrasah dalam pengadaan sarana prasarana berbasis partisipatif. Jurnal Kependidikan Islam, 15(2), 102–110. https://doi.org/10.21093/jki.v15i2.999

Rohmah, L. (2022). Perencanaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 44–53.

Rosyidah, R. (2024). Pengaruh gaya kepemimpinan terhadap manajemen sarana dan prasarana. Jurnal Kepemimpinan Pendidikan, 8(3), 211–222.

Sari, M. (2023). Manajemen sarana prasarana dalam menunjang efektivitas pembelajaran di madrasah. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 5(1), 57–67.

Siregar, S. (2020). Supervisi sarana dan prasarana dalam perspektif pendidikan Islam. Jurnal Kependidikan Islam, 12(2), 159–167.

Sutisna, N. W., & Effane, A. (2022). Evaluasi pengelolaan sarana dan prasarana berbasis efisiensi pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 13(1), 226–233.

Syafruddin, D. (2024). Perencanaan sarana dan prasarana di lembaga pendidikan berbasis kebutuhan. Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan, 9(2), 80–91.

Thamrin, H. (2023). Peran kepala madrasah sebagai manajer dalam peningkatan kinerja tenaga administrasi. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaan, 3(1), 55–65. https://www.jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/irsyaduna/article/view/968

Usman, H. (2019). Manajemen: Teori, praktik, dan riset pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyuni, S. (2021). Konsep manajemen sarana dan prasarana pendidikan di madrasah. Jurnal Bilqolam: Pendidikan Islam, 5(2), 134–142.

Wulandari, R. (2023). Perencanaan berbasis kebutuhan pada pengadaan sarana pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 111–119.

Zulfikar, A. (2021). Manajemen fasilitas pendidikan pada madrasah aliyah negeri. Jurnal Pendidikan Islam, 9(3), 201–210.

Downloads

Published

2025-07-07

How to Cite

Arinda Azka Lailatul Fitriana, Arifatun Nurus Saadah, Anggun Amelia3, Ainur Robithoh T, & Rofiq Hidayat. (2025). Perencanaan Pengadaan Dan Kebutuhan Sarana Dan Prasarana di MTs Syirkah Salafiyah. QAZI : Journal of Islamic Studies, 2(1), 278–287. https://doi.org/10.61104/qz.v2i1.299

Issue

Section

Articles