Perencanaan Pengadaan Dan Kebutuhan Sarana Dan Prasarana di MTs Syirkah Salafiyah
DOI:
https://doi.org/10.61104/qz.v2i1.299Keywords:
Sarana Prasarana, Perencanaan Pendidikan, Manajemen MadrasahAbstract
Sarana dan prasarana merupakan elemen penting dalam menunjang mutu pembelajaran di madrasah. Keterbatasan fasilitas sering kali menghambat proses belajar dan menurunkan motivasi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses perencanaan pengadaan dan kebutuhan sarana prasarana di MTs Syirkah Salafiyah, dengan fokus pada identifikasi tahapan perencanaan, evaluasi efektivitas pelaksanaan, serta perumusan strategi pengelolaan yang optimal. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif studi kasus, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan dilakukan secara sistematis dan partisipatif, meskipun masih menghadapi kendala seperti keterbatasan anggaran, birokrasi, dan keterbatasan SDM. Strategi optimalisasi yang diterapkan antara lain adalah pemetaan skala prioritas, digitalisasi inventaris, serta kemitraan eksternal. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengelolaan sarana prasarana yang adaptif dan kontekstual mampu meningkatkan efektivitas pembelajaran dan mutu kelembagaan madrasah.
References
Bararah, I. (2020). Pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 10(2), 351–370.
Fitri, T., Harianja, K. N., Simarmata, Y., & Turnip, H. (2022). Pentingnya administrasi sarana dan prasarana pendidikan. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 1(4), 186–195. https://doi.org/10.30640/dewantara.v1i4.462
Huda, M. (2019). Manajemen pendidikan: Konsep dan aplikasi dalam pengelolaan lembaga pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.
Ibrahim, T., Nurstalis, N., & Abdurrohim, N. (2021). Peran manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMP Islam Cendekia Cianjur. Jurnal ISEMA: Islamic Educational Management, 6(1), 63–76. https://doi.org/10.15575/isema.v6i1.6579
Jarmita, N., & Nelliraharti, N. (2025). Pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Journal of Education Science, 11(1), 35–43. https://doi.org/10.33143/jes.v11i1.4793
Kurniasih, I. (2018). Administrasi pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Pahrudin, A., & Thahir, H. A. (2022). Manajemen pendidikan Islam. Lampung: UIN Raden Intan.
Purwanto, N. (2016). Administrasi dan supervisi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Rahmawati, D. (2023). Peran kepala madrasah dalam pengadaan sarana prasarana berbasis partisipatif. Jurnal Kependidikan Islam, 15(2), 102–110. https://doi.org/10.21093/jki.v15i2.999
Rohmah, L. (2022). Perencanaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 44–53.
Rosyidah, R. (2024). Pengaruh gaya kepemimpinan terhadap manajemen sarana dan prasarana. Jurnal Kepemimpinan Pendidikan, 8(3), 211–222.
Sari, M. (2023). Manajemen sarana prasarana dalam menunjang efektivitas pembelajaran di madrasah. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 5(1), 57–67.
Siregar, S. (2020). Supervisi sarana dan prasarana dalam perspektif pendidikan Islam. Jurnal Kependidikan Islam, 12(2), 159–167.
Sutisna, N. W., & Effane, A. (2022). Evaluasi pengelolaan sarana dan prasarana berbasis efisiensi pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 13(1), 226–233.
Syafruddin, D. (2024). Perencanaan sarana dan prasarana di lembaga pendidikan berbasis kebutuhan. Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan, 9(2), 80–91.
Thamrin, H. (2023). Peran kepala madrasah sebagai manajer dalam peningkatan kinerja tenaga administrasi. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaan, 3(1), 55–65. https://www.jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/irsyaduna/article/view/968
Usman, H. (2019). Manajemen: Teori, praktik, dan riset pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Wahyuni, S. (2021). Konsep manajemen sarana dan prasarana pendidikan di madrasah. Jurnal Bilqolam: Pendidikan Islam, 5(2), 134–142.
Wulandari, R. (2023). Perencanaan berbasis kebutuhan pada pengadaan sarana pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 111–119.
Zulfikar, A. (2021). Manajemen fasilitas pendidikan pada madrasah aliyah negeri. Jurnal Pendidikan Islam, 9(3), 201–210.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Arinda Azka Lailatul Fitriana, Arifatun Nurus Saadah, Anggun Amelia3, Ainur Robithoh T, Rofiq Hidayat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.