Dampak Game Online Pada Peserta Didik Sekolah Dasar Negeri (SDN) 003 Bangun Purba Timur Jaya

Authors

  • Nurmyati Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Sains Al Qur’an Syekh Ibrahim Pasir Pengaraian
  • Syamzaimar Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Sains Al Qur’an Syekh Ibrahim Pasir Pengaraian

DOI:

https://doi.org/10.61104/qz.v2i1.294

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah membawa perubahan signifikan dalam kehidupan anak-anak, termasuk dalam aspek hiburan dan interaksi sosial. Game online menjadi salah satu bentuk hiburan yang digemari peserta didik di tingkat sekolah dasar, baik di wilayah perkotaan maupun pedesaan. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dampak positif dan negatif dari penggunaan game online terhadap peserta didik di SDN 003 Bangun Purba Timur Jaya, serta menganalisis peran guru dan orang tua dalam mendampingi penggunaan teknologi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, melalui teknik wawancara dan studi pustaka yang melibatkan guru, orang tua, dan peserta didik sebagai informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game online dapat meningkatkan konsentrasi, kreativitas, kerja sama, dan penguasaan bahasa asing, tetapi juga berisiko menurunkan motivasi belajar, memicu perilaku agresif, dan mengganggu interaksi sosial anak. Penelitian ini merekomendasikan perlunya kolaborasi antara sekolah dan keluarga dalam membentuk literasi digital dan strategi pengawasan yang adaptif, agar anak-anak dapat memanfaatkan game online secara bijak dan mendukung tumbuh kembang mereka secara optimal

References

Budhiman, A., & Purnomo, H. (2022). Pengaruh game online terhadap aktivitas belajar peserta didik di SD. Khazanah Pendidikan, 16(2), 99–108. https://doi.org/10.30595/jkp.v16i2.14027

Harun, F., & Arsyad, L. (2020). Dampak game online terhadap motivasi belajar peserta didik. Educator (Directory of Elementary Education Journal), 1(2), 139–155. https://doi.org/10.58176/edu.v1i2.79

Riskuna, R., & Uce, L. (2024). Studi analisis pengaruh game online terhadap minat belajar siswa. Jurnal Pendidikan Nusantara, 1(1), 1–10. (URL atau DOI tidak tersedia)

Wahid, M., & Fauzan, A. (2021). Game online sebagai pola perilaku: Studi pada mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Tadulako. Kinesik, 8(3), 275–283. https://doi.org/10.22487/ejk.v8i3.225

Downloads

Published

2025-06-27

How to Cite

Nurmyati, & Syamzaimar. (2025). Dampak Game Online Pada Peserta Didik Sekolah Dasar Negeri (SDN) 003 Bangun Purba Timur Jaya . QAZI : Journal of Islamic Studies, 2(1), 233–239. https://doi.org/10.61104/qz.v2i1.294

Issue

Section

Articles