Dampak Game Online Pada Peserta Didik Sekolah Dasar Negeri (SDN) 003 Bangun Purba Timur Jaya
DOI:
https://doi.org/10.61104/qz.v2i1.294Abstract
Perkembangan teknologi digital telah membawa perubahan signifikan dalam kehidupan anak-anak, termasuk dalam aspek hiburan dan interaksi sosial. Game online menjadi salah satu bentuk hiburan yang digemari peserta didik di tingkat sekolah dasar, baik di wilayah perkotaan maupun pedesaan. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dampak positif dan negatif dari penggunaan game online terhadap peserta didik di SDN 003 Bangun Purba Timur Jaya, serta menganalisis peran guru dan orang tua dalam mendampingi penggunaan teknologi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, melalui teknik wawancara dan studi pustaka yang melibatkan guru, orang tua, dan peserta didik sebagai informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game online dapat meningkatkan konsentrasi, kreativitas, kerja sama, dan penguasaan bahasa asing, tetapi juga berisiko menurunkan motivasi belajar, memicu perilaku agresif, dan mengganggu interaksi sosial anak. Penelitian ini merekomendasikan perlunya kolaborasi antara sekolah dan keluarga dalam membentuk literasi digital dan strategi pengawasan yang adaptif, agar anak-anak dapat memanfaatkan game online secara bijak dan mendukung tumbuh kembang mereka secara optimal
References
Budhiman, A., & Purnomo, H. (2022). Pengaruh game online terhadap aktivitas belajar peserta didik di SD. Khazanah Pendidikan, 16(2), 99–108. https://doi.org/10.30595/jkp.v16i2.14027
Harun, F., & Arsyad, L. (2020). Dampak game online terhadap motivasi belajar peserta didik. Educator (Directory of Elementary Education Journal), 1(2), 139–155. https://doi.org/10.58176/edu.v1i2.79
Riskuna, R., & Uce, L. (2024). Studi analisis pengaruh game online terhadap minat belajar siswa. Jurnal Pendidikan Nusantara, 1(1), 1–10. (URL atau DOI tidak tersedia)
Wahid, M., & Fauzan, A. (2021). Game online sebagai pola perilaku: Studi pada mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Tadulako. Kinesik, 8(3), 275–283. https://doi.org/10.22487/ejk.v8i3.225
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurmyati, Syamzaimar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.