Manajemen Perpustakaan dalam Peningkatan Literasi Siswa di SMP A. Wahid Hasyim Tebuireng Jombang

Authors

  • Diva Adjie Widjaya Universitas Kh. Hasyim Asy'ari
  • Asep Kurniawan Universitas Kh. Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.61104/qz.v2i1.293

Keywords:

Manajemen Perpustakaan, Literasi Siswa, Sekolah Menengah

Abstract

Perpustakaan sekolah memainkan peran strategis sebagai pusat sumber belajar dalam mendukung penguatan budaya literasi siswa di era pendidikan abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji manajemen perpustakaan dalam meningkatkan literasi siswa di SMP A. Wahid Hasyim Tebuireng Jombang, dengan menyoroti empat fungsi utama manajerial: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan perpustakaan telah dilaksanakan secara aktif melalui berbagai program seperti MEDING (membaca dan diskusi), kitabah pasca duha, dan pojok baca, yang berdampak positif terhadap minat baca dan keterampilan berpikir kritis siswa. Namun, masih ditemukan sejumlah hambatan, antara lain keterbatasan fasilitas, kurangnya pustakawan profesional, serta minimnya pemanfaatan teknologi informasi. Implikasi dari temuan ini menegaskan pentingnya dukungan kelembagaan, peningkatan kompetensi sumber daya manusia, dan penguatan kebijakan literasi agar perpustakaan dapat berfungsi optimal sebagai pusat pembelajaran adaptif di era digital

References

Djafri, N, F O Tanipu, and N Lamatenggo. 2025. “Pengembangan Manajemen Layanan Perpustakaan Berbasis Digital Di SMA Negeri 1 Gorontalo Utara.” JIPIPI: Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia. https://jipipi.org/index.php/jipipi/article/download/40/42.

Fitriana, W, and J Anidar. 2021. “Pengelolaan Perpustakaan Di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Padang Panjang.” Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/produ/article/view/3798.

Hidayah, W N, S Mariffa, and R A Az-zahra. 2025. “Implementasi Manajemen Dan Digitalisasi Perpustakaan Di SMP Negeri 51 Surabaya.” Jurnal Praktik dan Teori Kelas Indonesia. https://edu.pubmedia.id/index.php/ptk/article/download/1674/1074.

Mariffa, S, R A Az-zahra, and W N Hidayah. 2025. “Implementasi Manajemen Digitalisasi Perpustakaan Di SMPN Surabaya.” Jurnal Praktik dan Teori Kelas Indonesia. https://edu.pubmedia.id/index.php/ptk/article/download/1674/1074.

Masrin, M. 2025. “Mengintegrasikan Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Lingkungan Sosial Untuk Membentuk Generasi Berkarakter.” Jurnal Riset Ilmiah Multidisiplin. https://ejournal.gemacendekia.org/index.php/jrim/article/download/41/63.

Muljanah, E, S E Zeniarda, and N D R Balqis. 2025. “Implementasi Manajemen, Digitalisasi, Dan Penguatan Literasi Dalam Pengelolaan Perpustakaan Di SMA Labschool Unesa 1.” Jurnal Praktik dan Teori Kelas Indonesia. https://edu.pubmedia.id/index.php/ptk/article/download/1673/1065.

Nuzli, M, M Sari, R Nofriana, and F Faizzah. 2023. “Manajemen Perpustakaan Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Merangin.” Sosio Religia. https://journal.iaismqbangko.ac.id/index.php/sosio/article/view/48.

Ramadhani, R D, A Ilham, and M Sam’an. 2025. “Peningkatan Kompetensi Guru Di Sekolah Menengah Islam Ihsanul Fikri Melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Buatan.” Jurnal Surya Medan. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JSM/article/download/14522/8673.

Rusli, R K, W T Krisdiantoro, and Y Y Rangkuti. 2022. “Manajemen Perpustakaan Dalam Meningkatkan Program Literasi Siswa.” Jurnal Tadbir Muwahhid. https://ojs.unida.ac.id/JTM/article/view/5498.

Setiawati, E, and Y N Loar. 2023. “Manajemen Pengelolaan Perpustakaan Sekolah: Studi Analisis Pengelolaan Perpustakaan Sekolah.” Jurnal Manajemen dan Bisnis. https://ejournal.sainttheresa.ac.id/index.php/jmb/article/view/101.

Setiyono, P, T Haryati, and E Wuryandini. 2025. “Strategi Digitalisasi Sekolah Dan Kualitas Pembelajaran Di Era 4.0.” Indonesian Research Journal on Education. https://irje.org/irje/article/download/1819/1288.

Syari, E. 2024. “Pengelolaan Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar.” http://repository.uin-suska.ac.id/82948/.

Wala, G N. 2025. “Strategi Peningkatan Literasi Dan Minat Belajar Siswa: Studi Kasus Pada Peserta Didik Sekolah Menengah.” COSMOS: Jurnal Ilmu Pendidikan, Ekonomi dan Sosial. https://cosmos.iaisambas.ac.id/index.php/cms/article/download/253/112.

Wati, M L K, S Subyantoro, and R Pristiwati. 2023. “Peran Guru Bahasa Indonesia Dalam Pembelajaran Membaca Dan Menulis Gerakan Literasi Di Sekolah Menengah Pertama.” SeBaSa. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/sbs/article/view/21999.

Yasmin, A P, S Abidin, and T Umar. 2024. “Mengintegrasikan Automasi Pada Perpustakaan SMPN 10 Jakarta: Studi Kasus Implementasi SLiMS Di Era Society 5.0.” Inkunabula: Journal of Library and Information Science. https://jurnal.uindatokarama.ac.id/index.php/inkunabula/article/download/3289/1769.

Zulfikar, K H. 2024. “Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Di SMA Negeri 1 Srengat.” http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/71324.

Downloads

Published

2025-07-11

How to Cite

Diva Adjie Widjaya, & Asep Kurniawan. (2025). Manajemen Perpustakaan dalam Peningkatan Literasi Siswa di SMP A. Wahid Hasyim Tebuireng Jombang. QAZI : Journal of Islamic Studies, 2(1), 288–297. https://doi.org/10.61104/qz.v2i1.293

Issue

Section

Articles