Etika Guru Perspektif Kh.Hasyim Asy’ari Dalam Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Modern

Authors

  • Umu Intan Aulia Universitas Hasyim Asy’ari, Jombang

DOI:

https://doi.org/10.61104/qz.v2i1.286

Keywords:

Universitas Hasyim Asy’ari, Jombang

Abstract

Pendidikan Islam memegang peran strategis dalam membentuk generasi yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga unggul dalam aspek moral dan spiritual. Dalam konteks ini, sosok guru memiliki posisi sentral sebagai pengajar sekaligus teladan akhlak. KH. Hasyim Asy’ari, melalui kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim, merumuskan prinsip-prinsip etika guru yang mencerminkan integritas keilmuan dan kesalehan pribadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji etika guru dalam perspektif KH. Hasyim Asy’ari serta menelaah relevansinya terhadap praktik pendidikan Islam masa kini. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kepustakaan, dengan menganalisis isi kitab tersebut secara deskriptif-analitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dua puluh etika guru yang diajarkan KH. Hasyim Asy’ari mencakup aspek spiritual, moral, sosial, dan profesional yang masih sangat relevan dalam menjawab tantangan modernisasi pendidikan. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya penguatan nilai-nilai etika Islam dalam sistem pendidikan untuk membentuk guru yang berkarakter, kompeten, dan berperan sebagai agen perubahan moral dalam masyarakat.

References

Ali, Z., & Siregar, B. (2024). akibat Metode Mentoring Halaqah dalam Pembentukan Akhlak siswa Madrasah Meskipun madrasah sebagai forum pendidikan formal asal tingkat Madrasah Ibtidaiyah sampai Madrasah Aliyah dua(1), 39–54.

Alrosid, H. (2023). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter serta Pemikiran Kh. Hasyim Asy ‘Ari pada kitab Adab Al ‘Alim Wa Al Muta’Alim. Jurnal Tarbiyatuna: Jurnal Kajian Pendidikan, Pemikiran serta Pengembangan Pendidikan Islam, 4(1), 1–15. https://doi.org/10.30739/tarbiyatuna.v4i1.2259

AS’ad, M. (2018). Seruan Jihad KH Hasyim Asy’ari Selain Resolusi Jihad. NU Online. https://nu.or.id/opini/seruan-jihad-kh-hasyim-asyari-selain-resolusi-jihad-nreYC

Assingkily, M. S. (2021). Ilmu Pendidikan Islam (Mengulas Pendekatan Pendidikan Islam pada Studi Islam dan Hakikat Pendidikan Bagi insan).

Basri, H. H., Heliwasnimar, H., & Ardimen, A. (2024). Etika serta Moral dalam Ilmu Pengetahuan. Indonesian Research Journal on Education, 4(1), 343–351. https://doi.org/10.31004/irje.v4i1.494

Elpina. (2022). Etika pengajar dalam Perspektif buku Adabul ’Allim menggunakan Kode Etik guru pada Indonesia. Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

Fakturmen, F. (2020). impak KH. Hasyim Asy’ari dalam menciptakan dan Menjaga Nusantara serta Kemaslahatan Islam global. Jurnal Indo-Islamika, 10(1), 28–39. https://doi.org/10.15408/idi.v10i1.17510

Ginting, R., et al. (2021). Manajemen Komunikasi Digital terkini. Penerbit Insania. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88–97.

Hanum, F., Pulung Tumangger, M., & Alya Huda, V. (2023). efek Etika serta Tanggung Jawab Sosial Terhadap Pemasaran dunia. Jurnal Ekonomi serta Perbankan Syariah, 8(4), 1173–1184. https://doi.org/10.30651/jms.v8i4.21320

Hidayah, & Bashirotul. (2023). Kepemimpinan Kh. Hasyim Asy’ari, KH. Abdul Wahab Hasbullah serta KH. Bisri Syansuri dalam menghasilkan karakteristik Kepemimpinan Santri pada Pondok Pesantren Jombang. Jurnal Al-Muta’aliyah , tiga(2), 29–45. https://doi.org/10.51700/mutaaliyah.v3i2.519

Hidayat, R., & Rifai, M. (2018). Etika manajemen perspektif Islam. In lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPI).

Muid, A. (2023). peran Pendidikan Islam di Era terbaru. surya : Jurnal pengabdian pada masyarakat, lima(1), 17–23. https://doi.org/10.37150/jsu.v5i1.1940

Muthmainah, B. (2019). Pembelajaran kitab Adabul Alim Wal Muta’allim Karya KH. M. Hasyim Asy’ari pada Penanaman Etika Belajar Santri Pondok Pesantren Hidayatul Mubarok Bandar Mataram Lampung Tengah. DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 35–60.

Padung, R. (2018). pengajar dalam Perspektif Pendidikan Islam (telaah Pemikiran Al-Ghazali. Universitas Islam Negeri Alaudin Makassar.

Rahardjo, P. (2024). 20 Akhlak langsung seseorang pengajar dari KH Hasyim Asy’ari. Kemenag RI Prov Lampung. https://lampung.kemenag.go.id/home/artikel/20-akhlak-eksklusif-seorang-guru-menurut-kh-hasyim-asyari

RI, U. (2003). Undang-undang Republik Indonesia angka 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Ruslan. (2016). Etika pengajar dalam Proses Belajar Mengajar. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 8(1), 59–72. http://ejournal.stain.sorong.ac.id/indeks.php/al-riwayah

Sari, M. (2020). NATURAL SCIENCE : Jurnal Penelitian Bidang IPA serta Pendidikan IPA , ISSN : 2715-470X ( Online ), 2477 – 6181 ( Cetak ) Penelitian Kepustakaan ( Library Research ) dalam Penelitian Pendidikan IPA. 41–53.

Soelaiman, D. A. (2019). Filsafat Ilmu Pengetahuan Pespektif Barat dan Islam.

Wiharto, M. (2014). Etika. lembaga Ilmiah Indonusa, 4(tiga), 197–198.

Wikipedia. (2025). Muhammad Hasyim Asy’ari. Wikipedia. https://id.wikipedia.org/wiki/Muhammad_Hasyim_Asy%27ari

Wiranta, G. A. (2018). Etika & Kearifan Lokal. 4.

Zaini, M. Q. serta M. (2020). Integrasi Etika serta Moral Spirit dan Kedudukannya dalam Pendidikan Islam (Cetakan Pe). BILDUNG.

Downloads

Published

2025-07-03

How to Cite

Umu Intan Aulia. (2025). Etika Guru Perspektif Kh.Hasyim Asy’ari Dalam Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Modern. QAZI : Journal of Islamic Studies, 2(1), 260–266. https://doi.org/10.61104/qz.v2i1.286

Issue

Section

Articles