Konsep, Jenis, dan Penyusunan Instrumen Penelitian dalam Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.61104/qz.v2i1.285Keywords:
Instrumen Penelitian, Validitas, Reliabilitas, Pendidikan, Studi KepustakaanAbstract
Instrumen penelitian pendidikan memegang peranan penting dalam menjamin validitas dan reliabilitas data yang dikumpulkan. Instrumen yang dirancang secara tepat tidak hanya mampu mengukur variabel yang diteliti, tetapi juga mencerminkan ketepatan metodologi secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep, jenis-jenis, serta langkah-langkah penyusunan instrumen penelitian pendidikan yang valid dan reliabel. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan yang mengkaji berbagai sumber akademik terkait instrumen tes dan non-tes, seperti kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil kajian menunjukkan bahwa proses penyusunan instrumen meliputi analisis variabel, penyusunan indikator, pembuatan kisi-kisi, penyusunan item, serta pengujian validitas dan reliabilitas. Validitas diuji baik melalui analisis pakar (expert judgement) maupun triangulasi, sedangkan reliabilitas diuji dengan koefisien statistik atau konsistensi data lapangan. Implikasi dari penelitian ini memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas desain penelitian pendidikan dan menjadi panduan dalam pengembangan instrumen ilmiah yang efektif dan kontekstual.
References
Abubakar, Rifa’i. 2021. Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga.
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul:Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980 https: doi.org/10.33487/ edumaspul.v6i1.3394
Arifin, Zainal. 1991. Evaluasi Instruksioal, Prinsi-Teknik-Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Danuari, and Siti Maisaroh. 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Samudra Biru.
Fauzi, Ahmad, Baiatun Nisa, Darmawan Napitupulu, Fitri Abdillah, A A Gde Satia Utama, Candra Zonyfar, Rini Nuraini, et al. 2022. Metodologi Penelitian. Purwokerto Selatan,: CV. Pena Persada.
Hikmawati, Fenti. 2020. Metodologi Penelitian. Depok:
Lexy J. Moleong. 2002. Metodologi penelitian kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Margono,s. 1997. Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Rajawali Pers.
Sudjana, Nana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suharsini arikunto. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Bunga Sari Siagian, Meyniar Albina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.