Strategi Analisis Data dalam Penelitian Pendidikan: Telaah Literatur terhadap Model, Teknik, dan Perangkat Pendukung

Authors

  • Irgia Audina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Meyniar Albina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.61104/qz.v2i1.281

Keywords:

Analisis Data, Penelitian Pendidikan, Model Kuantitatif-Kualitatif

Abstract

Analisis data merupakan tahapan krusial dalam penelitian pendidikan karena berperan menentukan validitas dan reliabilitas hasil temuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi analisis data dalam penelitian pendidikan berdasarkan model pendekatan yang digunakan, teknik analisis yang diterapkan, serta perangkat lunak pendukung yang relevan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan literature review terhadap artikel-artikel ilmiah dari berbagai basis data nasional dan internasional. Hasil studi menunjukkan bahwa pendekatan kuantitatif mengandalkan teknik statistik deskriptif dan inferensial seperti uji-t, ANOVA, dan regresi, dengan dukungan perangkat lunak seperti SPSS, AMOS, dan R. Sementara pendekatan kualitatif menggunakan analisis tematik, fenomenologi, dan wacana dengan bantuan NVivo atau Atlas.ti. Adapun pendekatan campuran mengintegrasikan kedua model analisis untuk menghasilkan pemahaman yang lebih komprehensif. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya pemilihan strategi analisis data yang sesuai dengan karakteristik penelitian untuk menghasilkan keluaran yang valid dan berdampak dalam pengembangan ilmu dan kebijakan pendidikan.

References

Creswell, John W, 2014, Penelitian Kualitatif & Desain Riset, Yogyakarta, Pustaka Pelajar

Hermawan, I., & Pd, M. (2019). Metodologi penelitian pendidikan (kualitatif, kuantitatif dan mixed method). Hidayatul Quran.

Mahmudah, F. N. (2021). Analisis Data Penelitian Kualitatif Manajemen Pendidikan Berbantuan Software Atlas. Ti Versi 8. Uad Press.

Miles, Mathew B., dan A. Michael Huberman. 1994. An Expanded Sourcebook: Qualitative Data Analysis. London: Sage Publications.

Muhyi, M. (2018). Metodologi penelitian. Adi Buana University Press.

Nor, M. F., Eliyana, A., & Sridadi, A. R. (2023). Systematic Literature Review: The Importance Of Work Motivation To Employee Performance. Jurnal Pamator : Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo, 16(1), 34–48. https://doi.org/10.21107/pamator.v16i1.19060

Sari, R. K., Kusuma, N., Sampe, F., Putra, S., Fathonah, S., Ridzal, D. A., ... & Togatorop, M. (2023). Metodologi penelitian pendidikan. Sada Kurnia Pustaka.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sutopo, Ed.; 2nd ed.). Alfabeta.

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Ulfah, A. K., Razali, R., Rahman, H., Ghofur, A., Bukhory, U., Wahyuningrum, S. R., ... & Muqoddam, F. (2022). Ragam Analisis Data Penelitian (Sastra, Riset dan Pengembangan). IAIN Madura Press.

Wijaya, H. (2020). Analisis data kualitatif teori konsep dalam penelitian pendidikan. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Downloads

Published

2025-07-03

How to Cite

Audina, I., & Meyniar Albina. (2025). Strategi Analisis Data dalam Penelitian Pendidikan: Telaah Literatur terhadap Model, Teknik, dan Perangkat Pendukung. QAZI : Journal of Islamic Studies, 2(1), 240–250. https://doi.org/10.61104/qz.v2i1.281

Issue

Section

Articles