Analisis Konsep, Jenis, dan Kelayakan Instrumen Penelitian Pendidikan

Authors

  • Rizki Rinaldi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Meyniar Albina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.61104/qz.v2i1.279

Abstract

Instrumen penelitian pendidikan memiliki peran strategis dalam menjamin validitas dan reliabilitas data yang dikumpulkan untuk menghasilkan temuan yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Kurangnya pemahaman terhadap konsep, jenis, dan teknik penyusunan instrumen sering kali menjadi penyebab lemahnya kualitas penelitian pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep, klasifikasi, serta kelayakan instrumen penelitian dalam konteks pendidikan. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan (library research) dengan menganalisis sumber-sumber akademik seperti buku, jurnal ilmiah, dan dokumen relevan lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penelitian harus disusun berdasarkan prinsip validitas dan reliabilitas, serta disesuaikan dengan pendekatan penelitian kuantitatif maupun kualitatif. Jenis instrumen seperti tes, angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi memiliki fungsi dan prosedur yang berbeda dalam pengumpulan data. Implikasi dari penelitian ini menekankan pentingnya pemahaman metodologis yang kuat dalam penyusunan instrumen agar penelitian pendidikan dapat memberikan kontribusi yang akurat, relevan, dan aplikatif dalam pengembangan ilmu dan kebijakan pendidikan

References

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Arifin, Z. (1991). Evaluasi instruksional: Prinsip, teknik, prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2002). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Danuari, & Maisaroh, S. (2019). Metode penelitian pendidikan. Yogyakarta: Samudra Biru.

Fauzi, A., Nisa, B., Napitupulu, D., Abdillah, F., Utama, A. A. G. S., Zonyfar, C., Nuraini, R., et al. (2022). Metodologi penelitian. Purwokerto Selatan: CV Pena Persada.

Hikmawati, F. (2020). Metodologi penelitian. Depok: Rajawali Pers.

Margono, S. (1997). Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Moleong, L. J. (2002). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjana, N. (2004). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2025-06-24

How to Cite

Rinaldi, R., & Albina, M. (2025). Analisis Konsep, Jenis, dan Kelayakan Instrumen Penelitian Pendidikan . QAZI : Journal of Islamic Studies, 2(1), 225–232. https://doi.org/10.61104/qz.v2i1.279

Issue

Section

Articles