Transformasi Pendidikan Islam: Analisis Terhadap Teori, Ruang Lingkup, dan Isu-Isu Kontemporer

Authors

  • Mukharomah Universitas Islam Sultan Syarif Kasim, Riau
  • Siti Sri Wahyuni Universitas Islam Sultan Syarif Kasim, Riau
  • Robiatul Adawiyah Universitas Islam Sultan Syarif Kasim, Riau
  • Herlini Puspika Sari Universitas Islam Sultan Syarif Kasim, Riau

DOI:

https://doi.org/10.61104/qz.v2i1.277

Abstract

Pendidikan Islam di era kontemporer menghadapi beragam tantangan dan peluang yang menuntut transformasi menyeluruh baik secara konseptual maupun praktis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis teori, konsep, dan isu-isu strategis yang mempengaruhi keberlangsungan pendidikan Islam modern, mulai dari pergeseran paradigma pendidikan, transformasi kurikulum dan metode pembelajaran, peningkatan kualitas pendidik, hingga strategi manajerial lembaga pendidikan Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendidikan Islam perlu melakukan rekontekstualisasi nilai dan inovasi sistem untuk tetap relevan dan kompetitif di tengah arus globalisasi, digitalisasi, dan kompleksitas sosial. Integrasi antara nilai-nilai Islam dan pendekatan modern seperti literasi digital, kepemimpinan transformatif, dan pembelajaran berbasis karakter menjadi kebutuhan mendesak. Dengan demikian, pendidikan Islam diharapkan dapat menjadi sistem yang adaptif, progresif, dan berdampak bagi kemajuan umat secara berkelanjutan

References

Aristiyanto, R. (2023). Sejarah pertumbuhan dan perkembangan madrasah di Indonesia pada era modern. Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(2), 101–108. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i2.2605

Baitiyah, N., Nafilah, A. K., & Mabnunah. (2024). Strategi pengembangan pendidikan madrasah di Bangkalan (Sinergi tradisi dan modernitas). Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 12(1). https://doi.org/10.24269/dpp.v12i1.9773

Fatimah, M., Bahij, A., Nurachman, A., & Setiawan, R. (2024). Optimalisasi mutu pendidikan melalui administrasi personalia yang efisien: Pilar utama keberhasilan institusi sekolah. Tsaqofah, 4(6), 3831–3840. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i6.3860

Fatimah, M., Fatoni, M. H., Santoso, B., & Syarifuddin, H. (2024). School administration: The key to success in modern educational management. Journal of Loomingulisus ja Innovatsioon, 1(3), 141–149. https://doi.org/10.70177/innovatsioon.v1i3.1422

Fatoni, M. H., Fatimah, M., Santoso, B., & Syarifuddin, H. (2025). Peran administrasi sekolah dalam meningkatkan efektivitas operasional dan kualitas pendidikan Islam. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 3(1), 10–22. https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v3i1.1666

Fatoni, M. H., Santoso, B., Syarifuddin, H., & Budiyono, S. (2024). Analisis peran metaverse sebagai media pendidikan Islam di masa depan. Bustanul Ulum: Journal of Islamic Education, 2(1), 99–111. https://doi.org/10.62448/bujie.v2i1.75

Fatoni, M. H., & Sukari. (2024). Arah masa depan pendidikan Islam Indonesia di era Society 5.0. At Tanbih: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 36–54. https://ejournal.staimmgt.ac.id/index.php/tanbih/article/view/atanbihvol1no22024

Gazali, M., & Pransisca, M. A. (2020). Pentingnya penguasaan literasi teknologi informasi dan komunikasi bagi guru madrasah ibtidaiyah dalam menyiapkan siswa menghadapi revolusi industri 4.0. Jurnal Ilmiah Global Education, 2(1), 87–95. https://doi.org/10.55681/jige.v2i1.7

Mas’ula, W., & Hakim, A. M. (2023). Islamic education in the era of digitalization 5.0. Proceedings of the International Conference on Education, Society and Humanity, 1(1).

Muid, A., & Magfiroh. (2023). Management education in the era of a digital community. Proceedings of the International Conference on Education, Society and Humanity, 1(1).

Samrin. (2018). Pendidikan Islam di era globalisasi (peluang & tantangan). Shautut Tarbiyah, 23(1). https://doi.org/10.31332/str.v23i1.583

Suakri, & Setiawan, R. (2025). Kajian isu pendidikan Islam kontemporer. Tsaqofah: Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 5(1).

Tay, L. (2021). Building community well-being in higher education: An introduction to the special issue. International Journal of Community Well-Being, 4(4), 461–466. https://doi.org/10.1007/s42413-021-00144-4

Uyuni, B., & Adnan, M. (2020). The challenge of Islamic education in 21st century. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar’i, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i12.18291

Downloads

Published

2025-06-23

How to Cite

Mukharomah, Siti Sri Wahyuni, Robiatul Adawiyah, & Herlini Puspika Sari. (2025). Transformasi Pendidikan Islam: Analisis Terhadap Teori, Ruang Lingkup, dan Isu-Isu Kontemporer . QAZI : Journal of Islamic Studies, 2(1), 171–178. https://doi.org/10.61104/qz.v2i1.277

Issue

Section

Articles