Hakikat Desain Eksperimental: Pendekatan Konseptual dan Implikasinya dalam Penelitian Kuantitatif
DOI:
https://doi.org/10.61104/qz.v2i1.276Keywords:
Experimental, Experimental design, Conceptual, Pre-ExperimentalAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pemahaman yang mendalam terhadap desain eksperimen sebagai metode utama dalam penelitian kuantitatif. Meskipun telah banyak digunakan di berbagai bidang, masih ditemukan kekeliruan prosedural dan ketidaktepatan pemilihan desain eksperimen yang berdampak pada kualitas temuan penelitian. Oleh karena itu, diperlukan kajian konseptual yang menelaah hakikat, karakteristik, jenis, serta kelebihan dan kekurangan dari desain eksperimental. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis desain eksperimental secara menyeluruh dari perspektif teoretis dan filosofis. Metode yang digunakan adalah kajian pustaka (literature review) dengan mengumpulkan dan menganalisis data dari buku, artikel ilmiah, dan dokumen relevan lainnya terkait desain eksperimental. Hasil kajian menunjukkan bahwa desain eksperimental merupakan pendekatan yang efektif untuk menguji hubungan sebab-akibat antar variabel, dengan validitas internal yang tinggi, meskipun memiliki keterbatasan dalam hal validitas eksternal dan kontrol terhadap variabel perancu. Jenis-jenis desain eksperimental yang dibahas meliputi pre-experimental, true experimental, factorial, dan quasi-experimental
References
Arib, M. F., Rahayu, M. S., Sidorj, R. A., & Afgani, M. W. (2024). Experimental Research Dalam Penelitian Pendidikan. Innovative: Journal of Social Science Research, 4(1). https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.8468
Effendi, M. S. (2013). Desain Eksperimental dalam Penelitian Pendidikan. 6(1).
Elvira, Y. A. (2021). Eksperimen dalam Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Hamidah, S., & Santoso, B. (2018). Implementasi Desain Eksperimental dalam Penelitian Pendidikan: Tantangan dan Solusi. Jurnal Metodologi Pendidikan, 12(1), 45–56.
Kusuma, R., Widodo, A., & Lestari, M. (2019). Efektivitas Tipe Desain Eksperimental dalam penelitian Psikologi Terapan. Jurnal Psikologi dan Pendidikan, 14(2), 97–108.
Sa`dullah, M. (2016). Penelitian Eksperimen. Institut Agama Islam Negeri Salatiga.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Thompson, J., & Garcia, M. (2020). The Role of Technology in Enhancing Experimental Accuracy. International Journal of Experimental Design, 18(2), 134–146. https://doi.org/10.1080/expdes.2020.134567
Zhang, Y., & Lee, C. (2021). Conceptual Understanding of Experimental Design in Educational Research. Journal of Educatinal Research, 114(1), 75–88. https://doi.org/10.1080/00220671.2020.1753321
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nur Uswatun Hasanah, Meyniar Albina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.