Penerapan Model Pendekatan Deskriptif dalam Penelitian Pendidikan

Authors

  • Nadia Adiningrat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Meyniar Albina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.61104/qz.v2i1.275

Abstract

Penelitian deskriptif memiliki peran sentral dalam menggambarkan realitas pendidikan secara faktual dan sistematis. Pendekatan ini penting karena mampu menangkap dinamika pembelajaran, karakteristik peserta didik, serta implementasi kurikulum dalam konteks aktual tanpa manipulasi variabel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji secara mendalam penerapan pendekatan deskriptif dalam bidang pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain tinjauan pustaka, yang menganalisis berbagai sumber seperti jurnal, buku, dan laporan penelitian. Hasil studi menunjukkan bahwa pendekatan deskriptif efektif dalam menyajikan gambaran objektif berbagai fenomena pendidikan dan cocok digunakan untuk penelitian dasar atau sebagai acuan dalam penyusunan kebijakan. Implikasinya, pendekatan ini dapat dijadikan rujukan awal dalam memahami fenomena pendidikan secara kontekstual serta mendorong penelitian lanjutan yang lebih mendalam dan aplikatif

References

Ainu Ningrum, N. (2022). Strategi Pembelajaran pada Anak Berkebutuhan Khusus dalam Pendidikan Inklusi. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 3(2), 181–196. https://doi.org/10.33367/ijhass.v3i2.3099

Ali, H. M. (1993). Strategi Penelitian Pendidikan. Penerbit Angkasa.

Amrizal, D. (n.d.). Metode Penelitian Sosial Bagi Administrasi Publik. Lembaga Penulisan Ilmiah AQLI.

Arikunto, S. (2021). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Creswell, J. (2019). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Pearson Education.

Lewis, S. (2015). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. Health Promotion Practice, 16(4), 473–475. https://doi.org/10.1177/1524839915580941

Melingkupinya, Y. (2024). Esensi Pendidikan Inspiratif. 6(2).

Pertiwi, E. D., Khabibah, S., & Budiarto, M. T. (2020). Komunikasi Matematika dalam Pemecahan Masalah. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 202–211. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.151

Putri, G. A., Nadya, D. E., Arijati, D. G., & Dawi, M. (n.d.). Mengamati Permasalahan Dalam Mengimplementasikan Nilai Pancasila Sila Kedua Pada Siswa Tingkat Sekolah Menengah Atas.

Rusandi & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe Penelitian Deskripsi Dalam Ilmu Komunikasi. Diakom : Jurnal Media dan Komunikasi, 1(2), 83–90. https://doi.org/10.17933/diakom.v1i2.20

Downloads

Published

2025-06-23

How to Cite

Nadia Adiningrat, & Meyniar Albina. (2025). Penerapan Model Pendekatan Deskriptif dalam Penelitian Pendidikan. QAZI : Journal of Islamic Studies, 2(1), 196–204. https://doi.org/10.61104/qz.v2i1.275

Issue

Section

Articles