Framing dalam Konten Dakwah TikTok: Implikasinya terhadap Psikologis Religius Mahasisiwa IAIN Palangka

Authors

  • Putri Anggalia Puspita Sari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangkaraya
  • Surawan Surawan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.61104/qz.v2i1.274

Abstract

Dalam konteks era digital yang ditandai oleh proliferasi media sosial,  pengaruh platform digital terhadap pembentukan dan pemeliharaan keimanan mahasiswa perlu mendapat perhatian serius.  Konten dakwah di TikTok,  dengan beragam strategi framingnya,  menawarkan ruang kajian yang signifikan terkait dampaknya terhadap psikologi religius mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah implikasi framing dalam konten dakwah TikTok terhadap psikologi religius mahasiswa IAIN Palangkaraya.  Menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis,  penelitian ini mengumpulkan data melalui kuesioner   Analisis tematik diterapkan untuk mengidentifikasi tema dan pola yang muncul dari data yang dikumpulkan dari sampel mahasiswa IAIN Palangkaraya yang aktif mengonsumsi konten dakwah TikTok.  Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan pemahaman yang mendalam mengenai bagaimana berbagai strategi framing dalam konten dakwah TikTok memengaruhi aspek-aspek psikologis religius mahasiswa,  seperti motivasi beribadah,  kecemasan religius,  dan  kepuasan spiritual.  Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang bermakna terhadap pemahaman yang lebih komprehensif tentang pengaruh media digital terhadap pembentukan dan pemeliharaan keimanan mahasiswa di era modern

References

Ahmad, I. (2022). Pengaruh intensitas mengakses konten dakwah di media sosial terhadap psychological well being mahasiswa Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin [Skripsi, UIN Antasari Banjarmasin].

Butsi, F. I. (2019). Mengenal analisis framing: Tinjauan sejarah dan metodologi. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 1(2), 44–52.

Burhanudin, A. M., Nurhidayah, Y., & Chaerunisa, U. (2019). Dakwah melalui media sosial: Studi pemanfaatan Instagram @cherbonfeminist sebagai media dakwah mengenai kesetaraan gender. Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 10(2), 236–246. https://doi.org/10.15575/jdk.v10i2.5658

Ginting, D. R. (2024). Pengaruh konten dakwah di media sosial TikTok terhadap tingkat religiusitas mahasiswa KPI FDK UIN Sumatera Utara. Jurnal Kajian Islam dan Sosial Keagamaan, 1(3), 56–70.

Guo, P. J., Kim, J., & Rubin, R. (2014). How video production affects student engagement: An empirical study of MOOC videos. In Proceedings of the First ACM Conference on Learning @ Scale Conference (pp. 41–50). https://doi.org/10.1145/2556325.2566239

Khoiruddin, M., & Lestari, R. D. (2020). Dakwah di era digital: Pengaruh media sosial terhadap religiusitas remaja. Jurnal Komunikasi Islam, 10(1), 45–60.

Kusuma, I. A., & Fauziah, A. (2022). Pengaruh media sosial TikTok terhadap peningkatan pemahaman keagamaan di kalangan remaja. Jurnal Komunikasi dan Dakwah, 4(1), 88–98.

Mardhotillah, R. N., Qodim, A. S., & Wahyuni, A. (2022). Religiusitas dalam perspektif psikologi Islam. Jurnal Al-Qalb, 13(2), 145–158.

Mayer, R. E. (2009). Multimedia learning (2nd ed.). Cambridge University Press.

Nasrullah, R. (2021). Media sosial: Perspektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi. Kencana.

Nurrahmi, D., Surawan, S., & Arifani, S. (2025). The relationship between the intensity of watching Islamic preaching on social media and the religious attitudes of university students. Proceedings International Conference on Religion, Science and Education, 4, 1011–1020.

Parhan, M., et al. (2022). Pengaruh penggunaan aplikasi TikTok sebagai media dakwah di kalangan mahasiswa Muslim UPI. Hikmah, 16(1), 21–33.

Putri, R. D. (2021). Pengaruh media sosial TikTok terhadap perilaku remaja dalam perspektif dakwah Islam. Jurnal Ilmu Komunikasi dan Dakwah Islam, 3(2), 85–94.

Rhamadani, F. (2022). Persepsi mahasiswa dalam menyikapi dakwah Sandi Setiadi melalui media sosial TikTok [Skripsi, IAIN Syekh Nurjati Cirebon].

Santoso, S. (2014). Mengolah data statistik secara profesional dengan SPSS 22. Elex Media Komputindo.

Sayyidah, A. F. (2022). Peran religiusitas Islam dalam meningkatkan kesejahteraan psikologis. Jurnal Al-Qalb, 13(2), 98–110.

Sholeha, J., Nurjanah, T., Abidin, A., Hidayah, F. N., & Isnaini, R. (2022). Pemanfaatan media sosial dalam komunikasi sosial mahasiswa Prodi Dakwah dan Ilmu Komunikasi di IAI Darul A’mal Lampung. International Journal of Islamic Communication, 2(3), 11–22.

Santi, S. (2012). Frame analysis: Konstruksi fakta dalam bingkai berita. Forum Ilmiah, 9(3), 201–210.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2022). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D (edisi revisi). Alfabeta.

Suparlan, P. (dalam Umam, R. N.). (2021). Agama dan perubahan sosial. UIN Press.

Widiarti, M. D., et al. (2023). Pengaruh video dakwah terhadap meningkatkan iman dalam beragama. Moderasi: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 2(1), 33–46.

Zalfa, A., et al. (2022). Dampak konten dakwah media sosial terhadap perkembangan religiusitas mahasiswa PAI UNJ. Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 4(1), 22–35.

Zulham, et al. (2024). Analisis framing media dalam berita kontroversial: Studi kasus pada kasus-kasus politik atau sosial. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(3), 201–213.

Zulhendra. (2024). Strategi penggunaan kalimat efektif dalam dakwah untuk meningkatkan pemahaman audiens. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(3), 165–175.

Downloads

Published

2025-06-20

How to Cite

Putri Anggalia Puspita Sari, & Surawan, S. (2025). Framing dalam Konten Dakwah TikTok: Implikasinya terhadap Psikologis Religius Mahasisiwa IAIN Palangka. QAZI : Journal of Islamic Studies, 2(1), 107–117. https://doi.org/10.61104/qz.v2i1.274

Issue

Section

Articles