Analisis Komparatif Model-Model Penelitian Kualitatif: Pendekatan Teoritis dan Praktis dalam Studi Sosial dan Pendidikan

Authors

  • Silva Amanda Putri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Meyniar Albina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.61104/qz.v2i1.271

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pemahaman terhadap berbagai model dalam penelitian kualitatif yang digunakan secara luas dalam studi sosial dan pendidikan. Model-model seperti etnografi, studi kasus, studi dokumen, observasi alami, grounded theory, dan fenomenologi memiliki karakteristik, pendekatan, dan aplikasi yang berbeda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis secara komparatif keenam model tersebut agar dapat memberikan panduan metodologis yang tepat bagi peneliti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi pustaka. Data dikumpulkan dari berbagai sumber literatur seperti buku, artikel ilmiah, dan jurnal terakreditasi yang relevan dengan model-model penelitian kualitatif. Analisis dilakukan secara sistematis untuk mengeksplorasi kelebihan, kekurangan, dan konteks penggunaan masing-masing model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap model memiliki keunggulan tersendiri tergantung pada tujuan dan konteks penelitian. Etnografi efektif dalam memahami budaya, studi kasus unggul dalam analisis entitas spesifik, grounded theory membangun teori dari data empiris, sedangkan fenomenologi menggali makna pengalaman subjektif. Studi dokumen dan observasi alami memberikan cara sistematis untuk menelaah artefak dan perilaku alami

References

Ali, Sayuthi. 2002. Metodologi Penelitian Agama, Pendekatan Teori dan Praktek. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Brian A. Hoey. 2014. A Simple Introduction to the Practice of Etnography and Guide to Ethnographic Fieldnotes. London: Marshall University Digital.

Charmaz, K. 2006. Constrcting Grounded Theory. London: Sage Publication.

Creswell, J. W. 1998. Qualitatif Inquiry and Research Design. California: Sage Publications, Inc.

Daymon,C., Holloway, I 2001. Metode – Metode Riset Kualitatif dalam Publict Relations & Marketing Communications. Bentang Pustaka.

Denzin, Norman K. & Lincoln, Yvonna S. 2005. The SageHandbook of Qualitative Research Third Edition. London: Sage Publication.

Djamal,M. 2015. Paradigma Penelitian Kualitatif, Edisi revisi. Pustaka Pelajar.

Emzir. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data, Rajawali Pers.

Herdiansyah, Haris. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

James P. Spradley. 1982. Participant Observation. New York: Holt Rinehart and Winston.

Kaelan. 2005. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Pustaka Setia.

Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif edisi revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasir, Muhammad. 1988. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sahir, Syafrida Hafni. 2021. Metodologi Penelitian. 1st ed. Yogyakarta: Penerbit KBM Indonesia.

Sedarmayanti & Syaripudin Hidayat. 2022. Metodologi Penelitian, Bandung: Mandar Maju.

Spradley, J. P. 1979. The Etnographic Interview. New York: Holt, Rinehart and Winston

Sugiyono. 2016. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Yin, R. K. 2018. Case Study Research and Applications: Design and Methods. California: Sage Publications.

Downloads

Published

2025-06-23

How to Cite

Silva Amanda Putri, & Albina, M. (2025). Analisis Komparatif Model-Model Penelitian Kualitatif: Pendekatan Teoritis dan Praktis dalam Studi Sosial dan Pendidikan. QAZI : Journal of Islamic Studies, 2(1), 187–195. https://doi.org/10.61104/qz.v2i1.271

Issue

Section

Articles