Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam: Tantangan, Strategi di Era Modern
DOI:
https://doi.org/10.61104/qz.v2i1.264Abstract
Perubahan zaman yang ditandai dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi, globalisasi, dan pergeseran nilai-nilai sosial telah menciptakan tantangan kompleks bagi profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tugas dan tantangan guru PAI di era modern serta merumuskan strategi yang efektif untuk meningkatkan profesionalisme mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi pustaka. Data dikumpulkan dari berbagai sumber literatur seperti buku, jurnal ilmiah, artikel, dan dokumen lainnya, lalu dianalisis menggunakan pendekatan analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan utama yang dihadapi guru PAI mencakup krisis moral dan sosial, pengaruh budaya asing, serta perkembangan teknologi dan globalisasi. Untuk menjawab tantangan tersebut, strategi yang relevan meliputi penggunaan teknologi dalam pembelajaran, pengembangan konten digital (video, animasi, podcast, aplikasi), pelatihan berkelanjutan, dan kolaborasi antara sekolah, keluarga, dan masyarakat. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya dukungan kebijakan pendidikan dan fasilitas dari pemerintah serta lembaga pendidikan untuk menciptakan guru PAI yang profesional, adaptif, dan mampu membentuk generasi Muslim yang berakhlak mulia serta siap menghadapi dinamika zaman
References
Ma`arif, M. A. (2016). Pendidikan Islam Dan Tantangan Modernitas (Input, Proses Dan Output Pendidikan Di Madrasah). Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 47–58.
Mahmudah, M. (2021). Mengembangkan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Melalui Model-Model Pembelajaran. Jurnal Keislaman, 4(1), 19–31.
Hidayat, N. (2019). Pemanfaatan Teknplogi Digital Dalam Kegiatan Pembelajaran. JPPGuseda: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(1), 10-11.
Munawir., Bilassa, S., Idah., & Nabila, I. (2025). Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam di Era Digital. Teacher: Teaching and Learning Journal Of Mandaika 6(2), 374-375.
Ahmad, W., Renda, R, S., Deni F., Ahmad, W. (2020). Tantangan Guru PAI Dalam Menghadapi Era Perubahan Globalisasi Teknologi Industri 4.0 Di SMA Negeri 01 Bengkulu Tengah. Ghaitsa Islamic Education Journal, 1(3) 345-348.
Nurhayati. (2018). Tantangan Dan Peluang Guru Pendidikan Agama Islam Di Era Globalisasi.” Jurnal Ilmiah Iqra’, 2(1), 15-17.
Unang. (2018). Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam Implementasi Literasi Media dan Implementasi Literasi Media ” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 7(2), 229–244.
Miftahur., Siska, S., Jumratus, S. (2023). Mengoptimalkan Penggunaan Teknologi Dalam Pendidikan Islam. CONCEPT: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(3), 29.
Zainal. (2024). Efektivitas Penggunaan Teknologi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam : Studi Kasus Impementasi Platform E-Learning.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 18(3), 2153–2168.
Zumhur. (2022. Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pengembangan Materi Pendidikan Agama Islam: Tinjauan Aplikasi Interaktif Al-Qur’an Digital. Tajdid: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan 6(2), 298.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Alya Rizanda, Dera Adila Putri, Kurniawan, Herlini Puspika Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.