Dinamika Pembentukan Karakter Religius Mahasiswa Melalui Keterlibatan Organisasi Kemahasiswaan di IAIN Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.61104/qz.v2i1.261Abstract
Pembentukan karakter religius menjadi salah satu tujuan penting dalam pendidikan tinggi keagamaan di Indonesia. Salah satu medium strategis dalam menanamkan nilai-nilai religius di kalangan mahasiswa adalah organisasi kemahasiswaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran keterlibatan mahasiswa dalam organisasi-organisasi kemahasiswaan di IAIN Palangka Raya terhadap pembentukan karakter religius serta mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam proses tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara semi-terstruktur terhadap mahasiswa aktif minimal empat semester yang tergabung dalam organisasi seperti SEMA, DEMA, HMPS, dan LSBM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan seperti kajian keislaman, aksi sosial, pelatihan kepemimpinan Islami, dan ekspresi seni bernuansa dakwah menjadi media efektif dalam menginternalisasi nilai-nilai religius seperti amanah, kejujuran, musyawarah, dan kepedulian sosial. Faktor pendukung meliputi budaya organisasi yang Islami, pembinaan rutin, dan keteladanan senior, sedangkan tantangan utamanya mencakup konflik internal dan lemahnya pembinaan nilai. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan pentingnya penguatan peran pembina dan pengembangan kegiatan berbasis nilai-nilai Islam untuk menciptakan ekosistem organisasi yang mendukung karakter religius yang kuat dan berkelanjutan
References
Ansori, A., Husarida, H., & Hasirah, H. (2022). Student’s Religious Character (Viewed From the Human Resource Management Perspective). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4306–4314. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2737
Anwar, F., Su’aidi, Widdah, M. el, Sari, N. H., & Aldila, R. (2025). Rekomendasi Kebijakan Pendidikan Islam. At-Ta’lim: Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam, 7(1).
Azziz, R. M., & Nugrahawati, E. N. (2025). Pengaruh Religiusitas terhadap Penalaran Moral pada Mahasiswa yang Mengikuti Organisasi Kemahasiswaan di Universitas Islam Bandung. Psychologiy Scienc, 5, 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/bcsps.v5i1.16965
Badriyan, M. K., Hidayat, N., & Daheri, M. (2024). Pembentukan Karakter Religius Santri dalam Kegiatan Mujahadah. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1).
Dewi, T. K., & Permana, S. R. (2021). Pengaruh Tingkat Religiusitas Dan Pengetahuan Terhadap Minat Menjadi Nasabah Di Bank Syariah Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Suryakancana Cianjur. Ar-Rihlah : Jurnal Keuangan Dan Perbankan Syariah, 1(2), 123. https://doi.org/10.35194/arps.v1i2.1888
Mahyudin Ritonga Et al., M. R. (2021). Religious Extracurricular as a Capital for Character Development of Students in Junior High School. Psychology and Education Journal, 58(1), 682–689. https://doi.org/10.17762/pae.v58i1.817
Hidayah, Y., Su Fen, C., Suryaningsih, A., & Mazid, S. (2022). Promoting student participation skills through student organizations. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 19(2), 213–223. https://doi.org/10.21831/jc.v19i2.53422
Juhji, J., Jannah, M., & Saefurohman, A. (2022). Development of Holistic-Based Science Learning Videos : an Effort To Improve Affective Skills of Madrasah Ibtidaiyah Students. Jurnal Tarbiyah, 29(2), 325. https://doi.org/10.30829/tar.v29i2.1847
Kai, F. O., Lourenço, M. L., & Fernandes, C. (2020). The organizational culture in the aging process of educational work. Administração: Ensino e Pesquisa, 21(3), 385–424. https://doi.org/10.13058/raep.2020.v21n3.1809
Khairuddin, Hadijaya, Y., & Budi. (2023a). Strategi Internalisasi Nilai Islami Dalam Proses Pembentukan Budaya Organisasi Melalui Pengintegrasian Ilmu di UIN Sumatera Utara Medan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6).
Khairuddin, K., Hadijaya, Y., & Budi, B. (2023b). Strategi Internalisasi Nilai Islami Dalam Proses Pembentukan Budaya Organisasi Melalui Pengintegrasian Ilmu di UIN Sumatera Utara Medan. … : Journal Of Social Science …, 3, 2295–2304. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/6397%0Ahttp://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/6397/4567
Kosasih. (2016). Peranan Organisasi Kemahasiswaan Dalam Pengembangan Civic Skills Mahasiswa. JJPIS: Urnal Pendidikan Ilmu Sosial, 25(2), 188. https://doi.org/10.17509/jpis.v25i2.6196
Ma’arif, S., Musa, C. I., & Natsir, U. D. (2024). Peranan Lembaga Kemahasiswaan Dalam Pembentukan Karakter Mahasiswa. Jurnal Manajemen, 4(2), 1.
Mahyiddin, & Wahidah. (2023). Peran Organisasi Kemahasiswaan dalam Pembinaan Karakter Masyarakat. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 10(2). https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v10i2.7641
Nirwani Jumala, N. J., & Abubakar, A. (2019). Internalisasi Nilai-Nilai Spiritual Islami Dalam Kegiatan Pendidikan. Jurnal Serambi Ilmu, 20(1), 160. https://doi.org/10.32672/si.v20i1.1000
Sholeh, M. I., Sokip, Syafi’i, A., Habibulloh, M., ’Azah, N., Sahri, & Munif. (2025). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Siswa di SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang. Althanshia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1). https://doi.org/10.47731/subulana.v1i2.15
Sobri, M., & Rafii, M. (2022). Coaching Model : Metode Mitra Belajar Agama Kolaboratif Pada Program Tutorial PAI Pembelajaran Agama Islam Universitas Jambi. Nur El-Islam …, 09(02), 1–12. http://ejurnal.iaiyasnibungo.ac.id/index.php/nurelislam/article/view/440%0Ahttp://ejurnal.iaiyasnibungo.ac.id/index.php/nurelislam/article/download/440/279
Tesa, A. R., & Slipilia, I. (2025). Pengaruh Organisasi bagi Mahasiswa dalam Pendidikan Karakter di Universitas Negeri Padang. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 02(11).
Tia, N. A., Rosiyana, A., Puspita, R. L., Sasabilla, S. N. H., & Yulianti, I. R. (2024). Memperkuat Iman dan Akhlak Mulia : Peran Al-Islam dan Ke muhammadiyahan dilingkungan kampus. Prosiding Seminar Nasional Dan Call for Paper Pengembangan Dakwah, Pondok Al Islam Dan Kemuhammadiyahan.
Wahidah, W., & Mahyiddin, M. (2024). Peran Organisasi Kemahasiswaan dalam Pembinaan Karakter Masyarakat. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 10(2), 63–77. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v10i2.7641
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ahmad, Meli Tri Khasanah, Nurlisda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.