Model Penelitian Campuran: Kajian Literatur atas Jenis, Langkah, dan Manfaat Mixed Method dalam Studi Ilmiah

Authors

  • Muzdalifah Rohami Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Meyniar Albina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.61104/qz.v2i1.254

Abstract

Model penelitian campuran (mixed method) muncul sebagai respons terhadap kebutuhan pendekatan riset yang lebih integratif dalam memahami fenomena kompleks, khususnya dalam bidang sosial, pendidikan, dan ilmu perilaku. Pendekatan ini menggabungkan keunggulan metode kuantitatif dan kualitatif untuk menghasilkan pemahaman yang lebih menyeluruh. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji secara sistematis hakikat, jenis, langkah, serta kelebihan dan kekurangan berbagai model penelitian campuran. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka (library research) dengan mengkaji literatur ilmiah yang relevan dalam dua dekade terakhir. Hasil kajian menunjukkan bahwa model-model seperti eksplanasi berurutan, eksplorasi berurutan, triangulasi bersamaan, hingga strategi terpadu memiliki karakteristik unik yang dapat diterapkan sesuai konteks penelitian. Setiap model memiliki kontribusi metodologis dan tantangan praktis tersendiri, termasuk dalam aspek desain, pelaksanaan, dan penggabungan data. Kajian ini menegaskan pentingnya pemahaman mendalam terhadap desain dan strategi implementasi mix method agar peneliti mampu menyusun metodologi yang valid, efisien, dan kontekstual sesuai permasalahan yang dihadapi

References

Hakim Nasution, F., Syahran Jailani, M., & Junaidi, R. (2024). Kombinasi (Mixed-Methods) Dalam Praktis Penelitian Ilmiah. Journal Genta Mulia, 15(2), 251–256. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm

Hendrayadi, Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Mixed methode research. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2402–2410. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/21905/15436

Justan, R., & Aziz, A. (2024). Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(2), 253–263.

Khabibullah, M., Malik, G., & Sholahuddin, I. (2024). Tahapan dan Langkah-Langkah Penerapan Mixed Method Research ( MMR ) dalam Penelitian Pendidikan. 02(01), 69–86.

Maidiana, M. (2021). Penelitian Survey. Alacrity: Journal of Education, 20–29. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.23

Masrizal. (2011). Mixed Method Research. Jurnal Kesehatan, Vol.6 No.1, 53–56.

Mukherjee, A., & Kamarulzaman, N. H. (2016). Mixed method research. In Handbook of research on new literacies, technologies, and professional development for educators (pp. 39–64). IGI Global. https://doi.org/10.4018/978-1-5225-0007-0.ch003

Mustaqim. (2016). Metode Penelitian Gabungan Kuantitatif Kualitatif/Mixed Methods: Suatu Pendekatan Alternatif. Jurnal Intelegensia, 4(1), 1-14.

Morse, J.M. 2010. Prinsip-Prinsip Metode Campuran dan Rancangan Penelitian Multimetode. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar).

Nasution, F. H., Risnita, Jailani, M. S., & Junaidi, R. (2024). Kombinasi (Mixed-Methods) dalam Praktis Penelitian Ilmiah. Jurnal Genta Mulia, 15(2), 251-256.

Patonah, I., Sambella, M., & Az-Zahra, S. M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Penelitian Kualitatif, Kuantitatif Dan Kombinasi (Mix Method). Pendas: Jurnal Ilmiah …, 08(1989), 5378–5392.

Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan. Natural Science, 6(1), 41–53. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555

Sugiyono. (2015). Model Penelitian Campuran (Mixed Methods), (Bandung: Alfabeta).

Sumiati, S. (2024). Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(2), 253–263.

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896-2910.

Yulianti, R. (2018). Langkah-langkah Praktis dalam Penerapan Metode Penelitian Campuran. Jurnal Riset Pendidikan, 10(4), 215-225

Downloads

Published

2025-06-17

How to Cite

Muzdalifah Rohami Harahap, & Meyniar Albina. (2025). Model Penelitian Campuran: Kajian Literatur atas Jenis, Langkah, dan Manfaat Mixed Method dalam Studi Ilmiah. QAZI : Journal of Islamic Studies, 2(1), 85–96. https://doi.org/10.61104/qz.v2i1.254

Issue

Section

Articles