Problematika Lembaga Pendidikan Islam di Era Modern: Tantangan dan Solusi
DOI:
https://doi.org/10.61104/qz.v2i1.252Abstract
Lembaga pendidikan Islam memainkan peran penting dalam pembentukan karakter generasi muda, namun di era modern, lembaga ini menghadapi tantangan kompleks seperti globalisasi, digitalisasi, keterbatasan sumber daya, dan pergeseran nilai masyarakat terhadap pendidikan agama. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan utama yang dihadapi oleh lembaga pendidikan Islam serta merumuskan strategi solutif dan aplikatif untuk menjawab dinamika zaman. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif melalui studi pustaka terhadap literatur ilmiah terbitan 2020–2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problem utama meliputi transformasi metode pembelajaran, pengaruh negatif digitalisasi terhadap karakter siswa, ketidaksiapan guru dalam pemanfaatan teknologi, dan lemahnya literasi keislaman. Sebagai solusi, strategi yang dapat diterapkan mencakup integrasi teknologi dalam kurikulum, pengembangan literasi digital, pelatihan guru berbasis teknologi, serta penguatan nilai keislaman dan pendidikan karakter. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengambil kebijakan dan lembaga pendidikan dalam merancang pembaruan pendidikan Islam yang relevan dan berdaya saing tinggi
References
Arifah, L. N. Strategi Pengembangan Pendidikan Islam dalam Menghadapi Era Disrupsi. JIEL: Journal of Islamic Education and Law, Vol. 1. No. 1 (2022)
Bima Fandi Asy’arie, Analisis Problematika Pai Dan Solusinya Dalam Menghadapi Era Globalisasi Dan Era Industri 4.0 Jurnal Studi Kemahasiswaan Vol. 3, No. 3, Desember (2023)
Dede, A. Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Lentera Pendidikan Islam, Vol. 3. No. 1(2023)
Fauzi, A, Modernisasi Pendidikan Islam di Era Digital: Tantangan dan Peluang. Jurnal Pendidikan Islam Kontemporer, Vol. 5. No. 2, (2024)
Fauziyah, S. Strategi Pembelajaran Pendidikan Islam Menghadapi Era New Normal. Al-Fikrah: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, Vol. 3. No. 1 (2021)
Hafid, M. A. Transformasi Pendidikan Islam di Era Digital: Penguatan Literasi Digital dilembaga Pendidikan Islam. Edusifa: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 3. No. 2 (2023)
Hasanah, Paradigma Masyarakat terhadap Pendidikan Agama di Tengah Arus Globalisasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial Keagamaan, Vol. 3. No. 3 (2021)
Hidayat, R, Integrasi Teknologi dalam Lembaga Pendidikan Islam: Sebuah Tinjauan Kritis. Jurnal Transformasi Pendidikan Islam, Vol. 4. No.1, (2022)
Khairunnisa, dkk, Problematika Lembaga Pendidikan Islam di Era Society 5.0: Perspektif Digitalisasi dan Transformasi Pendidikan, (2024)
M Yusri1 dkk, Problematika Pendidikan Agama Islam di Era Modern, jurnal pendidikan dan study islam. Vol. 5, No. 2. (TT)
Putri, M. R. Strategi Pendidikan Islam di Era Modern: Kolaborasi Teknologi dan Nilai Keislaman. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol. 8. No. 1 (2023)
Rahman, F. "Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan Islam di Era Modern." Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, Vol. 8. No. 2 (2023)
Suhendi, A, "Manajemen Berbasis Good Governance dalam Pendidikan Islam." Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol. 7. No. 2 (2019)
Sutrisno, M. Reformasi Pendidikan Islam: Kurikulum, SDM, dan Jejaring Kelembagaan. Jakarta: Kencana, (2020)
Zainuddin, M. "Pendidikan Karakter dalam Lembaga Pendidikan Islam: Tantangan dan Solusi." Jurnal Pendidikan Karakter, Vol. 5. No. 1 (2022)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jusman Nurrohim, Rahma Umara, Risdayani, Herlini Puspika sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.