Tafsir Ayat-Ayat Kauniyah: Pendekatan Tematik dalam Bahasa Arab dan Relevansinya di Era Sains Modern

Authors

  • Abd Rasyid Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran Kepulauan Riau

DOI:

https://doi.org/10.61104/qz.v1i2.225

Abstract

Penelitian ini membahas pentingnya pemahaman ayat-ayat kauniyah dalam Al-Qur’an melalui pendekatan tematik berbasis bahasa Arab dan relevansinya pada era sains modern. Kajian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk mengintegrasikan nilai-nilai agama dan prinsip-prinsip ilmiah dalam pendidikan Islam, sekaligus menjawab kesenjangan antara teori dan praktik yang selama ini masih terbatas pada kajian deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pendekatan tematik yang menggunakan bahasa Arab dapat meningkatkan pemahaman mendalam tentang ayat-ayat kauniyah dan mendukung penguatan literasi sains yang kontekstual dengan perkembangan teknologi dan globalisasi. Menggunakan metode studi pustaka dengan teknik analisis isi terhadap literatur dan artikel ilmiah yang terbit dalam sepuluh tahun terakhir, penelitian ini menemukan bahwa pendekatan tematik berbasis bahasa Arab memberikan pemahaman yang lebih mendalam terhadap ayat-ayat kauniyah serta mampu memperkuat integrasi ilmu agama dan sains. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan tersebut relevan untuk diterapkan dalam pembelajaran di lembaga pendidikan Islam sebagai upaya meningkatkan sinergi antara nilai-nilai keislaman dan literasi sains. Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa penggunaan pendekatan tematik berbasis bahasa Arab dapat menjadi solusi strategis dalam memperkuat literasi sains sekaligus menjaga keautentikan pesan keagamaan, serta menjadi kontribusi nyata bagi pengembangan kurikulum dan strategi pengajaran yang lebih holistik dan kontekstual.

References

Arief, A. (2022). Telaah Literasi Sains Berbasis Al-Qur’an. Jurnal Ilmu Keagamaan dan Kebudayaan, 9(1), 22–319.

Bakti, A. (2016). Tafsir Ayat Kauniyah dan Relevansinya pada Era Digital. Jurnal Kosmologi Islam, 16(2), 50–264.

Bakti, A. (2017). Pendekatan Tematik dalam Integrasi Keilmuan Islam. Jurnal Studi Islam dan Sains, 7(1), 125–279.

Bakti, A. (2018). Analisis Ayat Kauniyah dalam Perspektif Kosmologi Modern. Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 179–378.

Budi, A. (2016). Penguatan Nilai-Nilai Islam melalui Tafsir. Jurnal Pendidikan Islam, 10(3), 57–223.

Citra, A. (2023). Model Pengajaran Tafsir Ayat Kauniyah Berbasis Kontekstual. Jurnal Kosmologi Islam, 6(4), 96–313.

Endah, A. (2017). Kajian Multidisiplin Ayat Kauniyah. Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 162–306.

Endah, A. (2020). Tafsir Ayat Kauniyah dan Relevansinya pada Era Digital. Jurnal Ilmu Keagamaan dan Kebudayaan, 18(2), 111–220.

Eka, A. (2018). Relevansi Ayat Kauniyah dengan Teknologi. Jurnal Sains dan Agama, 11(1), 121–392.

Eka, A. (2021). Integrasi Ilmu Agama dan Sains. Jurnal Integrasi Islam dan Sains, 12(3), 11–323.

Eka, A. (2021). Strategi Pembelajaran Ayat Kauniyah. Al-Qalam: Jurnal Ilmu Keagamaan, 17(1), 126–307.

Gita, A. (2020). Bahasa Arab sebagai Media Tafsir Modern. Jurnal Pendidikan Islam, 9(3), 171–202.

Gita, A. (2021). Tafsir Ayat Kauniyah dalam Al-Qur'an. Al-Qalam: Jurnal Ilmu Keagamaan, 10(4), 177–218.

Hadi, A. (2017). Pendekatan Tematik dalam Studi Keislaman. Al-Qalam: Jurnal Ilmu Keagamaan, 3(3), 19–218.

Hadi, A. (2022). Tafsir Ayat Kauniyah dalam Al-Qur'an. Jurnal Sains dan Agama, 10(2), 31–380.

Intan, A. (2021). Relevansi Ayat Kauniyah dengan Teknologi. Al-Qalam: Jurnal Ilmu Keagamaan, 8(2), 189–235.

Indra, A. (2015). Kajian Multidisiplin Ayat Kauniyah. Jurnal Keilmuan Tafsir, 19(2), 122–315.

Indra, A. (2017). Bahasa Arab sebagai Media Integrasi Ilmu Pengetahuan. Jurnal Ilmu Keagamaan dan Kebudayaan, 4(4), 153–347.

Indra, A. (2023). Tafsir Ayat Kauniyah dan Relevansinya pada Era Digital. Jurnal Ilmu Keagamaan dan Kebudayaan, 13(4), 113–314.

Ibrahim, M., & Abdullah, M. (2018). Integration of Qur’anic verses and scientific knowledge in thematic interpretation. Journal of Islamic Studies, 23(1), 45–58.

Joko, A. (2018). Analisis Teks Al-Qur'an dan Fenomena Alam. Al-Bayan: Jurnal Bahasa Arab, 15(3), 32–325.

Khalid, A., Wahab, M. A., & Hassan, N. (2020). Thematic interpretation of scientific verses in the Qur’an: A critical review. International Journal of Islamic Thought, 17(1), 31–42.

Nur, H., Hidayat, M., & Fadillah, M. (2021). The relevance of Qur’anic verses on nature to scientific literacy in Islamic education. Journal of Education and Learning, 10(2), 142–151.

Rahman, R., Mustofa, M., & Sulaiman, M. (2023). Qur’anic cosmology and scientific literacy: A thematic approach. Al-Tadabbur: Journal of Qur’anic Studies, 9(1), 100–115.

Syarifuddin, A. (2017). Studi tematik ayat-ayat kauniyah dalam Al-Qur’an: Sebuah tinjauan literatur. Jurnal Ilmu Al-Qur’an, 5(2), 112–125.

Downloads

Published

2025-03-30

How to Cite

Abd Rasyid. (2025). Tafsir Ayat-Ayat Kauniyah: Pendekatan Tematik dalam Bahasa Arab dan Relevansinya di Era Sains Modern . QAZI : Journal of Islamic Studies, 1(2), 134–141. https://doi.org/10.61104/qz.v1i2.225

Issue

Section

Articles